Pemerintahan

Pilkades Serentak 2021 di Banyuwangi Ditunda

Rabu, 04 Agustus 2021 - 12:32 | 55.02k
Kepala Bagian Tata Kelola Pemerintahan Desa Pemkab Banyuwangi, M. Norawi (Foto: Hafid Nurhabibi/ TIMES Indonesia).
Kepala Bagian Tata Kelola Pemerintahan Desa Pemkab Banyuwangi, M. Norawi (Foto: Hafid Nurhabibi/ TIMES Indonesia).

TIMESINDONESIA, BANYUWANGI – Perhelatan Pemilihan Kepada Desa atau Pilkades serentak di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur akhirnya ditunda. Pesta rakyat tingkat desa, yang dijadwalkan berlangsung pada 11 Agustus 2021 mendatang, harus mengalami perpanjangan waktu pelaksanaan, hal ini menyesuaikan kebijakan penambahan masa PPKM Darurat.

Penundaan ini menyusul terbitnya surat dari Kementerian Dalam Negeri RI Nomor 141/3351/BPD tentang Penundaan Pelaksanaan Pilkades Serentak dan PAW Pada Masa Perpanjangan Penerapan PPKM Level 4 tertanggal 21 Juli 2021.

"Menyesuaikan perpanjangan PPKM," kata Kepala Bagian Tata Kelola Pemerintahan Desa Pemkab Banyuwangi, M Norawi kepada TIMES Indonesia, Rabu (4/8/2021).

Norawi meminta, masyarakat dan seluruh pihak yang bersangkutan agar bersabar menunggu jadwal susulan pemungutan suara Pilkades serentak ini, terutama masyarakat yang berdomisili di delapan desa tempat kontestasi pemilihan pemimpin. Delapan desa itu adalah Desa Kedunggebang, Kecamatan Tegaldlimo; Desa Gambiran, Kecamatan Gambiran; Desa Tegalarum, Kecamatan Sempu; Desa Sumbersari Kecamatan Srono; Desa Sumberanyar Kecamatan Wongsorejo; Desa Licin dan Desa Jelun Kecamatan Licin.

Seperti yang diketahui, masa berakhirnya PPKM level 4 masih belum bisa diprediksi, sedangkan momen pelaksanaan Pilkades serentak tetap akan mengikuti pemberlakuan pemerintah pusat maupun daerah.

Maka dari itu, Kepala Bagian Tata Kelola Pemerintahan Desa Pemkab Banyuwangi tersebut, masih belum bisa memastikan penetapan waktu pemungutan suara.

"Belum. masih menunggu kebijakan dari pimpinan baik Pemda maupun Pemerintah Pusat atau Mendagri," ujar Norawi.

Untuk diketahui, dengan pemberlakuan kebijakan PPKM Darurat hingga PPKM level 4, sejumlah tahapan pelaksanaan Pilkades serentak dibeberapa desa di Kabupaten Banyuwangi ini, sempat mengalami kendala, seperti seleksi Bakal Calon Kepala Desa yang harus melalui skoring hingga ujian tulis.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES