Peristiwa Daerah

Inspektorat Malut Terjunkan 12 Tim Lakukan Audit 

Selasa, 03 Agustus 2021 - 21:53 | 43.28k
Inspektur Nirwan MT. Ali saat diwawancarai awak media di lobby kantor Gubernur, Selasa (3/8/2021). (FOTO: Wahyudi Yahya/TIMES Indonesia)
Inspektur Nirwan MT. Ali saat diwawancarai awak media di lobby kantor Gubernur, Selasa (3/8/2021). (FOTO: Wahyudi Yahya/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, SOFIFI – Memasuki triwulan II 2021 dan tindaklanjut rekomendasi Pansus DPRD, Inspektorat Maluku Utara (Malut) menerjunkan 12 tim untuk melakukan audit pada Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Inspektur Nirwan M.T Ali menuturkan, sesuai LKPJ Gubernur Maluku Utara tahun 2020, Inspektorat melakukan rapat persiapan pembentukan tim audit guna melakukan tugas sebagai pengawasan internal pada 26 Juni 2021 lalu.

Kemudian, pada Selasa (3/8/2021) bertempat di ruang rapat Inspektorat, sudah mulai melakukan pemeriksaan yang dihadiri oleh Pegawai, Staf, dan Tim tindaklanjut Pansus DPRD.

"Hal ini dilaksanakan dalam rangka menuju triwulan II dan tindaklanjuti hasil Pansus," ujar Nirwan kepada awak media di lobby kantor Gubernur Malut, Sofifi, Selasa (3/8/2021).

Mantan Kepala DPM PTSP Malut ini mengatakan, ada tiga jenis audit yang dilaksanakan oleh Inspektorat, yaitu 1) Audit Komprehensif triwulan II tahun 2021 pada OPD dilingkungan Pemprov Malut; 2) Audit tujuan tertentu atas rekomendasi Pansus DPRD terkait hutang tahun 2021 dan rekomendasi lainnya pada OPD;

Kemudian, 3) Melakukan monitoring dan evaluasi tindaklanjut rekomendasi temuan tahun 2020 dan pending tahun sebelumnya pada OPD, yang titik fokusnya mengarah kepada pihak ketiga atau rekanan.

Tim ini terdiri dari 12 Tim yang beranggotakan 7-9 orang, yang terdiri dari 2 Tim tindaklanjut temuan, 5 Tim untuk audit komprehensif, 5 Tim untuk audit tujuan tertentu. Mereka akan melakukan audit selama 14 hari, terhitung sejak hari ini.

"Saya sangat berharap agar seluruh OPD dapat mendukung dan proaktif terhadap kerja Tim dengan menyajikan data dan dokumen agar pemeriksaan bisa selesai dengan tepat waktu sesuai dengan waktu yang ditentukan," harap Nirwan M.T Ali. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES