Kuliner

5 Makanan Berikut Kenyataannya tak Sesehat Iklannya

Rabu, 04 Agustus 2021 - 04:30 | 80.26k
Ilustrasi - Jus Buah. (FOTO: stockcreations/Shutterstock.com)
Ilustrasi - Jus Buah. (FOTO: stockcreations/Shutterstock.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Kita tahu iklan makanan dan minuman selalu menyuguhkan hal-hal baik dari produk yang diiklankan. Namun ada beberapa iklan yang  tidak menceritakan kejujuran dalam sebuah produk tersebut. Nah, itulah pentingnya untuk selalu melihat label makanan atau minuman yang akan kita beli.

Lantas, makanan atau minuman apa saja yang sekiranya diiklannya terlihat manarik dan sehat namun sejatinya tetap saja mengandung resiko jika dikonsumsi? Tanpa menyebut merk, berikut daftar makanan yang tak sesehat iklannya dilansir dari Health a lot.

Jus Buah

Jika ditilik dari namanya, jus buah semestinya terbuat dari buah dan sehat untuk dikonsumsi. Namun jika dilihat dari labelnya, banyak jus buah kemasan yang hanya mencantumkan 20% buah dalam bahannya, bahkan ada yang lebih sedikit lagi. Sebagian besar bahan hanya terdiri dari air dan gula. Nah itulah pentingnya kita mengecek label sebelum membeli.

Makanan bebas gula

Beberapa makanan akan mencantumkan label "sugar free" alias bebas gula. Namun pada kenyataannya makanan-makanan ini tetap menggunakan gula dalam bentuk lain seperti aspartame, neotame, sucrosa dan sejenisnya. Beberapa masih aman dikonsumsi, namun beberapa jenis gula kimiawi akan sangat berbahaya dikonsumsi.

Granola dan protein bars

Granola dan protein bars buatan sendiri pastinya beda dengan granola atau protein bars kemasan. Granola kemasan umumnya akan mengandung lebih banyak kalori daripada nutrisi dan vitamin. Dan hal tersebut membuat kata sehat di dalamnya memudar. Nah, anda lebih baik mengecek kandungan makanan pada label ssebelum membeli.

Kripik buah dan sayuran

Tak seperti judulnya, kripik buah dan sayuran tak  sesehat buah dan sayuran aslinya. Kripik pisang, kripik bayam dan sejenisnya lebih banyak mengandung karbohidrat dripada vitamin. Hal ini dikarenakan proses penggorengan yang menguapkan kandungan nutrisi dan vitamin di dalamnya.

Air kelapa kemasan

Air kelapa kemasan tak lebih sehat dari air kelapa asli dari batok kelapa. Jika anda ingin mengembalikan kadar cairan dalam tubuh, anda bisa memilih air kelapa asli atau air mineral yang biasa anda minum sehari-hari.

Jika anda mencermati, air kelapa kemasan hanya mengandung air dan gula serta perisa saja dan hanya beberapa persen air kelapa asli. Jadi, bagaimana menurut anda? Termasuk makanan sehatkah makanan-makanan  diatas?. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Khodijah Siti
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES