Indonesia Positif

Kodim 0822 Bondowoso Gencar Gelar Vaksinasi Covid-19 untuk Masyarakat Umum

Selasa, 03 Agustus 2021 - 17:51 | 64.60k
Petugas saat mengecek kembali data peserta kegiatan vaksin Covid-19 di Kodim 0822 Bondowoso (FOTO: Moh Bahri/TIMES Indonesia).
Petugas saat mengecek kembali data peserta kegiatan vaksin Covid-19 di Kodim 0822 Bondowoso (FOTO: Moh Bahri/TIMES Indonesia).

TIMESINDONESIA, BONDOWOSO – Dalam rangka meningkatkan capaian vaksinasi, Kodim 0822 Bondowoso gencar mengelar vaksinasi Covid-19 untuk masyarakat umum. Apalagi capaian vaksin untuk warga masih rendah.

Kegiatan vaksinasi Covid-19 tersebut diikuti oleh sejumlah warga berbagai kecamatan di Kabupaten Bondowoso. Kegiatan berlangsung di Halaman Makodim, Selasa (3/8/2021).

Pelaksana Kepala Kesehatan Kodim 0822 Bondowoso, Lettu CKM Junaidi mengatakan, vaksinasi sudah dilakukan sejak Bulan Januari lalu. "Akan tetapi dilaksanakan secara bertahap," katanya.

Menurutnya, sasaran pertama tenaga kesehatan, TNI-Polri Purnawirawan. Baru kemudian masyarakat umum.

Dijelaskannya, serbuan vaksinasi untuk masyarakat umum di Kabupaten Bondowoso masih sangat rendah.  "Kami berharap ke depannya antusias masyarakat Bondowoso meningkat untuk mengikuti vaksinasi Covid-19," harapnya.

Pihaknya memaparkan, selama tiga hari kemarin, total target 2.000 penerima vaksin Covid-19. Tetapi peserta hanya mencapai 500 orang saja.

Rendahnya antusias masyarakat terhadap vaksinasi kata dia, karena beberapa faktor. Salah satunya masyarakat mudah termakan informasi hoaks yang beredar.  "Kalau sudah termakan isu tidak benar, pola pikir mereka pasti negatif dan enggan untuk vaksin," jelasnya saat dikonfirmasi di sela-sela kegiatan.

Selain itu, lanjut dia, faktor rendahnya antusias masyarakat untuk vaksin juga karena kurangnya sosialisasi daerah pedesaan. "Dari Bhabinsa sendiri sudah kami perintahkan untuk sosialisasi dari rumah ke rumah. Agar masyarakat tidak mudah termakan hoaks dan mengikuti vaksinasi dari pemerintah ini," terangnya.

Sementara itu, Ibu Untung (43 ) mengaku memang awalnya ia takut untuk divaksin. Alasannya karena berbagai informasi negatif tentang vaksin. "Saya pertama takut, tapi setelah divaksin pikiran tidak khawatir lagi karena telah mengurangi resiko untuk terpapar," jelasnya. 

Berdasarkan data perkembangan Covid-19 di Bondowoso per 3 Agustus 2021. Total ada 585 pasien yang menjalani perawatan. Oleh karena itu, Kodim 0822 Bondowoso gencar melakukan vaksinasi Covid-19 untuk masyarakat umum. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES