Peristiwa Daerah

Pelantikan Kades Serentak di Indramayu, Bupati: Insya Allah Dua Minggu Lagi

Selasa, 03 Agustus 2021 - 09:54 | 112.69k
Pelantikan Kades di Bangkalan. (FOTO: Doni Heriyanto/TIMES Indonesia)
Pelantikan Kades di Bangkalan. (FOTO: Doni Heriyanto/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, INDRAMAYUPemkab Indramayu, Jawa Barat masih belum dapat memastikan waktu pelantikan Kades atau Kuwu terpilih pada Pilkades 2 Juni lalu. Ada 171 Kades yang belum dilantik hasil Pilkades di 171 desa dari 31 kecamatan di Kabupaten Indramayu.

Bupati Indramayu Nina Agustin Dai Bachtiar memgungkapkan, pelantikan Kepala Desa terpilih masih menunggu perkembangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

"Insya Alloh segera dilaksanakan," ujar Nina, Selasa (3/8/2021).

Nina menyebutkan, pelaksanaan pelantikan Kuwu sepenuhnya mengikuti kebijakan PPKM dan evaluasi atas penerapannya. Pihaknya akan terus berkoordinasi dengan berbagai pihak untuk menentukan waktu dan teknis pelaksanaan agat tetap sesuai ketentuan mengenai pencegahan penularan covid-19.

"Intinya mundurnya pelantikan Kuwu kan karena kita PPKM itu aja," ujar puteri mantan Kapolri Jenderal (purn) Dai Bachtiar tersebut.

Masih kata Nina, secara umum pelantikan Kuwu sejatinya telah siap dilaksanakan. Surat Keputusan (SK) serta administrasi lainnya diakui telah selesai dan pelantikan dapat segera dilaksanakan.

Meski belum secara gamblang menyebut tanggal, Nina menyatakan jika pelantikan dimungkinkan untuk dilaksanakan dalam satu atau dua minggu ke depan.

"Insya Allah minggu depan atau dua minggu lagi kita laksanakan," ujar fungsionaris DPP PDI Perjuangan tersebut.

Seperti diketahui, Pemilihan Kepala Desa atau Kuwu Serentak di Kabupaten Indramayu telah digelar pada Rabu (2/6/2021) lalu. Sebanyak 171 desa dari 31 kecamatan di Kabupaten Indramayu, mengikuti gelaran Pilkades.

Berdasarkan data dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Indramayu, sebanyak 611 calon kepala desa yang menjadi kandidat dalam Pilkades Serentak Kabupaten Indramayu tahun 2021. Dari 171 desa, hanya Desa Majasih Kecamatan Sliyeg, yang berbeda waktu dan diundur beberapa hari setelahnua lantaran hanya memiliki calon tunggal.

Secara umum, Pilkades di Indramayu, Jawa Barat berlangsung kondusif. Masyarakat antusias mendatangi TPS dengan menerapkan protokol kesehatan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES