Kesehatan

Manfaat Buah Nangka untuk Kesehatan

Selasa, 03 Agustus 2021 - 05:46 | 66.43k
ILUSTRASI - Buah Nangka. (FOTO: Shutterstock)
ILUSTRASI - Buah Nangka. (FOTO: Shutterstock)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Siapa yang tak mengenal buah nangka, buah dengan ciri khas warna kuing dan memiliki aroma wangi ini dapat dengan mudah dijumpai. Tak hanya berharga murah, buah nangka yang biasanya berukuran besar ini memiliki rasa yang manis sehingga bisa membuat kita ketagihan.

Selain buahnya yang enak dikonsumsi, biji nangka juga bisa diolah menjadi makanan yang enak. Bahkan, buah nangka juga memiliki manfaat. Sebenarnya, apa sajakah manfaat kesehatan yang bisa kita dapatkan dari mengkonsumsi buah nangka?

Dilansir dari Dokter Sehat, pakar kesehatan menyebutkan bahwa buah nangka bisa memberikan banyak manfaat bagi saluran pencernaan hingga mencegah datangnya penyakit kanker. Buah ini cenderung sangat lembut sehingga mudah dicerna. Hal ini tentu akan membuat sistem pencernaan tidak akan bekerja dengan berlebihan dan menurunkan resiko terluka.

Tak hanya itu, kandungan serat yang sangat tinggi dari buah ini juga mampu melindungi selaput lendir usus sekaligus menghilangkan bahan kimia yang bisa memicu datangnya kanker usus besar. Mengonsumsi buah nangka disebut-sebut bisa menurunkan resiko terkena kanker rongga mulut.

Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan karotenoid yang bisa mencegah datangnya masalah kesehatan tersebut. Manfaat lain dari mengkonsumsi nangka secara rutin adalah kesehatan paru-paru yang jauh lebih baik. Kandungan karotenoid ternyata bisa membantu membersihkan berbagai debu, kuman, dan bakteri dari saluran pernafasan kita.

Buah nangka ternyata juga kaya akan kandungan antioksidan yang bisa memperkuat sistem kekebalan tubuh sehingga kita pun tidak akan mudah jatuh sakit. Melihat adanya berbagai manfaat kesehatan ini, kita bisa sering-sering mengkonsumsi buah yang berwarna kuning ini. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES