Indonesia Positif Vaksin Covid-19

Percepatan Vaksinasi Covid-19, Polresta Malang Kota Incar Warga Homeless dan Door To Door

Senin, 02 Agustus 2021 - 18:12 | 27.19k
Kapolresta Malang Kota, AKBP Budi Hermanto saat ditemui awak media usai kegiatan rilis ungkap kasus penipuan dan penggelapan di halaman Mapolresta Malang Kota, Senin (2/8/2021). (Foto: Rizky Kurniawan Pratama/TIMES Indonesia)
Kapolresta Malang Kota, AKBP Budi Hermanto saat ditemui awak media usai kegiatan rilis ungkap kasus penipuan dan penggelapan di halaman Mapolresta Malang Kota, Senin (2/8/2021). (Foto: Rizky Kurniawan Pratama/TIMES Indonesia)
FOKUS

Vaksin Covid-19

TIMESINDONESIA, MALANGPolresta Malang Kota gencar membantu pemerintah dalam melaksanakan program percepatan vaksinasi Covid-19 untuk segera mencapai herd immunity yang telah ditargetkan.

Kapolresta Malang Kota, AKBP Budi Hermanto mengatakan bahwa Polresta Malang Kota bakal segera melaksanakan vaksinasi door to door dan juga akan mengincar para warga homeless atau yang biasanya tidur di pinggir jalan ataupun kerja serabutan untuk melakukan vaksinasi.

"Kami akan lakukan vaksin door to door, tapi akan kami lakukan malam hari. Khususnya bagi saudara kita, seperti tukang becak yang malam hari tidur di becak atau ruko-ruko. Terus saudara kita yang 'homeless' yang kerjanya serabutan yang tidurnya di tempat tak menentu," ujar pria yang akrab disapa Buher, Senin (2/7/2021).

Menurut Buher, pelaksanaan vaksinasi yang mengincar para homeless dan door to door dengan sasaran tertentu ini, karena untuk warga seperti yang berada di pinggir jalan ataupun para tukang becak, akan sulit untuk diajak ke klinik ataupun gerai vaksin.

"Kalau ke klinik atau gerai kan sulit. Maka akan kita lakukan door to door. Tapi dengan pengawasan ketat. Kita juga akan membawa dokter yang punya kemampuan dalam hal vaksinasi," ungkapnya.

Buher menegaskan, dalam mengejar herd immunity, saat ini seluruh warga tanpa terkecuali memang sudah semestinya untuk melakukan vaksinasi. Apalagi, dalam pelaksanaan vaksinasi pun tak perlu tebang pilih dan seluruh warga pun boleh mengikuti vaksin tanpa terkecuali.

"Jadi setiap masyarakat tanpa harus memiliki identitas, seperti tidak punya NIK atau KTP, selama dia sehat dan belum pernah divaksin ya ayo kita vaksin. Jadi kita tidak melihat lagi dan memilah-milah. Sekarang semua wajib di vaksin," tegasnya.

Namun, untuk melaksanaan vaksinasi door to door dan mengincar warga 'homeless' tersebut, lanjut Buher, saat ini ia sedang menunggu stok vaksin dari pemerintah daerah maupun dari Polda Jawa Timur.

Selain itu, ia akan melibatkan, terutama untuk Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang dalam hal pelaksanaan vaksinasi dan juga para relawan di Kota Malang yang bisa ikut berkontribusi dalam pelaksanaan vaksinasi.

"Kami diberi vaksin sebanyak mungkin, ya kami laksanakan. Pada saat ini juga kami melibatkan para relawan dari ormas (organisasi masyarakat), organisasi kepemudaan dan relawan lainnya yang memiliki kualifikasi sebagai tenaga perawat. Intinya, kami akan akomodir masyarakat di tingkat bawah untuk segera melaksanakan vaksinasi Covid-19 ini," ucap orang nomor satu di Polresta Malang Kota ini. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES