Peristiwa Daerah

Berlaku Terakhir Hari Ini, Swab Antigen Gratis untuk Pengantin Menunggu Kelanjutan PPKM

Senin, 02 Agustus 2021 - 13:29 | 33.89k
Ilustrasi - Pengantin. (FOTO: Freepik)
Ilustrasi - Pengantin. (FOTO: Freepik)

TIMESINDONESIA, INDRAMAYU – Layanan swab antigen gratis untuk calon pengantin di Kabupaten Indramayu Jawa Barat, berlaku terakhir hari ini, Senin (2/8/2021). Swab antigen gratis bagi calon pengantin akan mengikuti kelanjutan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

"Kalau PPKM tidak diperpanjang, aturan wajib swab antigen otomatis tidak berlaku," ujar Kepala Seksi Bimbingan Masyarakat Islam Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Indramayu, Rosidi.

Atas dasar itu, pihaknya masih menunggu evaluasi PPKM apakah diperpanjang atau berkhir pada hari ini.

Rosidi mengatakan, swab antigen gratis bagi calon pengantin memang diterapkan sementara dan hanya berlaku sejak hari Jumat 30 Juli hingga Senin 2 Agustus 2021. Pihaknya mengajukan sebanyak 540 calon pengantin yang telah mendaftar untuk pernikahan di hari tersebut.

"Kita menunggu saja, kalau diperpanjang kita berharap bisa diperpanjang juga untuk swab antigen gratisnya, karena untuk membantu meringankan biaya calon pengantin," ujar Rosidi.

Jika pun PPKM tidak diperpanjang, kata Rosidi, maka pihknya akan menerapkan porotokol kesehatan lain untuk menjaga keamanan dan kesehatan para penghulu. Ini karena selama pandemi covid-19, secara nasional tak kurang dari 88 penghulu meninggal.

"Kita akan memperketat protokol kesehatannya untuk menghindari pegawai kami dari terpapar covid-19," ujar Rosidi.

Seperti diketahui, Pemkab Indramayu, Jawa Barat menggratiskan swab antigen bagi pasangan calon pengantin yang menikah di masa pandemi covid-19.

Pembebasan biaya swab antigen dimaksudkan untuk membantu meringankan beban para calon pengantin. 

"Karena sebelumnya memang banyak calon pengantin yang menunda pernikahan karena berat atas biaya antigen," ujar Rosidi.

Swab antigen gratis, kata Rosidi, berlaku untuk 5 orang yakni pasangan calon penganten, dua wali dan naib atau petugas Kantor Uruasan Agama (KUA) yang menikahkan. Pengajuan swab antigen gratis juga telah disetujui Dinas Kesehatan setempat.

"Alhamdulillah, Pemda melalui Dinkes telah menyetujui dan ini menjadi kabar gembira bagi calon pengantin," ujar Rosidi.

Ia menguraikan, saat ini kebutuhan swab antigen bagi calon pengantin cukup banyak. Berdasarkan data dari KUA setiap kecamatan, per 2 Agustus 2021, diperkirakan kebutuhan swab antigen mencapai angka 2.700 tes.

"Kebutuhan bervariasi di setiap kecamatan ada yang mencapai 52 pasangan di satu kecamatan," ujar Rosidi.

Sementara itu, Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19 sekaligus Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Indramayu, Deden Bonni Koswara membenarkan jika pihaknya menggratiskan swab antigen gratis bagi calon pengantin.

"Betul, untuk pasangan calon pengantin kita gratiskan swab antigen-nya," ujar Deden. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES