Indonesia Positif

Emma Dety Dapati Tempat BAB Sembarangan di Sungai Cikeruh

Minggu, 01 Agustus 2021 - 21:45 | 43.50k
Ketua TP PKK Kab Bandung Hj. Emma Dety Supriatna saat berfoto di lokasi tempat BAB sembarangan di bantaran Sungai Cikeruh Kampung Bojongpulus Desa Bojongloa Kec Rancaekek Kab Bandung, Minggu (1/8/221). (FOTO: Humas for TIMES Indonesia)
Ketua TP PKK Kab Bandung Hj. Emma Dety Supriatna saat berfoto di lokasi tempat BAB sembarangan di bantaran Sungai Cikeruh Kampung Bojongpulus Desa Bojongloa Kec Rancaekek Kab Bandung, Minggu (1/8/221). (FOTO: Humas for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BANDUNG – Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Bandung Emma Dety Supriatna secara tidak disengaja menemukan tempat buang air besar (BAB) sembarangan di bantaran Sungai Cikeruh, tepatnya di Kampung Bojongpulus RT 02/RW 07 Desa Bojongloa Kecamatan Rancaekek Kabupaten Bandung, Minggu (1/8/21).

Tempat BAB berbentuk persegi empat, yang hanya dibuat dari dinding karung plastik yang sudah lusuh. Tempat BAB itu di bawah pepohonan bambu, dengan kondisi lingkungan yang kumuh.

Tempat BAB itu dengan limbah domestiknya dialirkan ke Sungai Cikeruh, yang diduga digunakan warga terdekat.

Emma Dety 2

"Ini tidak boleh," tegas Emma saat melihat ada tempat BAB sembarangan di bantaran Sungai Cikeruh tersebut.

Emma melihat tempat BAB itu, saat mendampingi Bupati Bandung Dadang Supriatna meninjau aliran Sungai Cikeruh pada launching revitalisasi atau normalisasi aliran sungai tersebut.

Emma Dety pun sempat berfoto di antara tempat buang air besar itu, sambil memberikan isyarat "Stop BAB Sembarangan", yang tidak memenuhi pola hidup bersih dan sehat.

Ia pun berharap kepada masyarakat untuk menerapkan pola hidup bersih dan sehat. Tidak BAB sembarangan karena akan mengancam terhadap kesehatan. Apalagi di lokasi BAB itu ada di kawasan rawan banjir.

Melihat kondisi lingkungan seperti itu, Emma Dety langsung menemui sejumlah warga sambil membahas sanitasi lingkungan, di antaranya tempat mandi cuci dan kakus (MCK) yang memenuhi standar pola hidup sehat.

Emma Dety 3

"Nanti, MCK-nya harus dibangun di tempat ini. Supaya bisa digunakan masyarakat dengan memenuhi standar pola hidup bersih dan sehat," ungkapnya.

Sejumlah warga yang ditemui istri Bupati Bandung dan Camat Rancaekek Baban Banjar itu langsung antusias dan mengucapkan terima kasih, setelah ada rencana pembuatan/pembangun MCK di lingkungan warga tersebut.

Warga selaku pemilik lahan pun menyatakan kesediaannya untuk dibangun MCK. MCK tersebut diharapkan nantinya bisa digunakan oleh sejumlah warga di kampung tersebut.

Pada kesempatan itu, Emma Dety juga membagikan masker kepada warga yang sedang berada di halaman rumahnya. Hal itu sebagai upaya gerakan pencegahan penularan pandemi Covid-19. "Pakai maskernya ya," kata Emma Dety kepada warga sekitar. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES