Indonesia Positif

Disparpora Kabupaten Mojokerto Usulkan Bansos bagi Pelaku Usaha Sektor Pariwisata

Minggu, 01 Agustus 2021 - 21:31 | 26.28k
Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Mojokerto, Amat Susilo. (Foto: Dok. TIMES Indonesia)
Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Mojokerto, Amat Susilo. (Foto: Dok. TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MOJOKERTO – Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga atau Disparpora Kabupaten Mojokerto mengusulkan bantuan sosial (bansos) kepada ratusan pelaku usaha sektor pariwisata di Kabupaten Mojokerto.

Usulan ini nantinya menyasar bagi para Pedagang Kaki Lima (PKL) yang terkena imbas Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4 akibat wisata tutup total.

"Kami mengusulkan ini untuk sementara ada sekitar 400 PKL yang berada di lokasi objek pariwisata di Kabupaten Mojokerto," ungkap Amat Susilo dikonfirmasi TIMES Indonesia, Minggu (01/8/2021).

Rencananya bansos akan diberikan berupa beras dan insentif uang. Namun Amat mengaku belum tahu secara pasti berapa nominal insentifnya. Disparpora hanya sebatas memberikan data penerima bantuan tersebut kepada Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Mojokerto.

"Kami belum tahu insentif itu berapa nominalnya, karena kapasitas kami hanya diminta untuk menyiapkan dan menyerahkan data calon penerima bantuan tersebut," jelas Amat.

Bansos kepada ratusan pelaku usaha sektor pariwisata ini berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) di tahun 2021. Koordinasi terus dilakukan Disparpora Kabupaten Mojokerto beserta Dinsos. Saat ini data penerima bansos tengah dilakukan proses verifikasi oleh Dinsos Kabupaten Mojokerto.

"Kami masih berkoordinasi dengan Dinsos dan menunggu terkait realisasi itu diperkirakan pekan depan," jelas Amat Susilo.

Amat menjelaskan setelah proses verifikasi ini selesai akan diteruskan kepada Bupati Mojokerto untuk keperluan pembuatan Surat Keputusan (SK) yang berkenaan dengan bansos pelaku usaha di sektor pariwisata di Kabupaten Mojokerto.

"Semoga bantuan ini dapat bermanfaat istilahnya sebagai obat pandemi bagi PKL yang terdampak karena wisata ditutup selama PPKM Darurat atau sekarang Level 4," ucap pungkas Amat, Kepala Disparpora Kabupaten Mojokerto. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES