Indonesia Positif

Inspiratif, Anggota DPRD Surabaya Ini Wujudkan Ketahanan Pangan Warga Lewat Berternak

Minggu, 01 Agustus 2021 - 17:09 | 63.01k
Ketua Komisi D DPRD Surabaya Khusnul Khotimah memanen ikan lele di kolam yang ia rintis bersama warga Kapas Madya Baru. (FOTO: Ammar Ramzi/TIMES Indonesia)
Ketua Komisi D DPRD Surabaya Khusnul Khotimah memanen ikan lele di kolam yang ia rintis bersama warga Kapas Madya Baru. (FOTO: Ammar Ramzi/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Meningkatnya angka pengangguran terbuka akibat pandemi Covid-19 membuat anggota dewan Surabaya memikirkan berbagai alternatif untuk membantu meringankan beban ekonomi warga.

Salah satunya seperti yang dilakukan Khusnul Khotimah, Ketua Komisi D DPRD Surabaya bidang kesejahteraan masyarakat.

Bersama warga Kelurahan Kapas Madya Baru, dirinya menyulap lahan tidak produktif di belakang kantor kelurahan menjadi kolam lele dan tempat ternak ulat Jerman.

Khusnul Khotimah b

"Alhamdulillah ya, ini semangatnya adalah untuk memberdayakan warga di tengah situasi sulit pandemi Covid-19. Sebagaimana kita tahu banyak yang mengalami PHK dan kesulitan ekonomi lainnya," ujar Khusnul kepada TIMES Indonesia, Sabtu (1/8/2021).

Dimulai sejak awal pagebluk tahun lalu, kolam lele di halaman belakang kelurahan itu kini sudah berhasil melakukan pembibitan sendiri.

Terdapat ribuan lele dari ukuran induk hingga siap konsumsi.

"Sudah rutin panen juga, per kilo kami jual diharga Rp 20 ribuan. Banyak penjual pecel lele sekitar yang ambil ke sini. Nah uangnya digunakan untuk keperluan penanganan Covid-19 beserta dampaknya," jelas wakil rakyat asal fraksi PDI Perjuangan ini.

Khusus untuk warga Kapas Madya Baru, kapan pun dapat mengambil lele siap konsumsi untuk kebutuhan pangannya.

Bahkan kepada warga yang tengah menjalani pemulihan dari Covid-19 kerap dihadiahi lele sebagai penambah gizi.

Khusnul Khotimah c

"Kita tahu kan ini bergizi tinggi juga. Apalagi dengan diperhatikan, warga tidak akan merasa kesusahan sendirian. Ya, berbagai cara lah kita lakukan untuk segera pulih dari Covid ini," papar Khusnul.

Warga juga dapat memanfaatkan fasilitas ini untuk sekadar bersantai atau belajar langsung cara berternak lele.

Sukses dengan kolam lelenya, anggota dewan Surabaya ini juga tengah mencoba budidaya ulat Jerman. "Semangatnya sama, dari warga untuk warga. Kita lihat nanti bagaimana ulat ini," tutupnya dalam pemenuhan kebutuhan pangan di tengah pandemi Covid-19. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dody Bayu Prasetyo
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES