Indonesia Positif

Ponpes Nurul Islam Bekali Siswa Baru Kompetensi Menulis

Minggu, 01 Agustus 2021 - 11:42 | 88.69k
Kegiatan masa ta'aruf Siswa Baru (Matsama) yang berlangsung di aula Pondok Pesantren (Ponpes) Nurul Islam Semar Ragang, Waru Pamekasan.(Foto: Akhmad Syafi'i/TIMES Indonesia)
Kegiatan masa ta'aruf Siswa Baru (Matsama) yang berlangsung di aula Pondok Pesantren (Ponpes) Nurul Islam Semar Ragang, Waru Pamekasan.(Foto: Akhmad Syafi'i/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PAMEKASANPonpes Nurul Islam Semar Ragang, Waru Pamekasan menggelar Masa Ta'aruf Siswa Baru (Matsama) sejak 30 Juli hingga 01 Agustus 2021 yang berlangsung di Aula setempat. Pada kegiatan ini siswa-siswi baru dibekali dengan kemampuan akademik dan non-akademik, khususnya menulis.

Guna mencapai tujuan target tersebut, panitia pelaksana Matsama menghadirkan sejumlah narasumber. "Kami ingin teman-teman siswa-siswi ikut merawat bangsa ini, maka semangat berliterasi harus digalakkan," terang Imam Masyhudi selaku ketua panitia. Minggu (01/08/2021).

Selain itu, panitia memberi waktu kepada para narasumber berbagi trik serta kreativitas untuk memacu semangat menulis siswa. Pihaknya berharap, dengan menghadirkan pemateri yang kompeten dan berpengalaman, kultur tulis-menulis di dunia pesantren kian tumbuh.

Abd Munib, alumnus Magister Komunikasi dan Penyiaran Islam Yogyakarta, salah satu pemateri mengemas Matsama antar siswa baru dengan saling kirim-balas surat. Selanjutnya, beberapa siswa baru diminta untuk membaca hasil balas-kirim surat di Aula Pesantren.

"Santri memiliki retorika yang baik itu betul, tapi kekhasan dalam menulis belum tentu. Metode kirim-balas surat ini jalan mengimbangi kemampaun retoris dengan kecakapan menulis," jelas penulis buku Daya Tipu Tampilan Luar itu.

Peserta pada kegiatan ini merupakan gabungan dari tingkat Madrasah Tsanawiyah (MTs), Madrasah Aliyah (MA), serta tingka SMK el-Msthofa yang berada dalam satu nauangan yakni, Yayasan Nurul Islam. Selain itu, acara ini juga diikuti oleh santriwan-santriwati baru yang hendak memasuki jenjang Mts., MA., atau SMK.

Pasalnya, segenap peserta yang hadir suka pada literasi menulis dengan metode ini. "Saya suka metode cara memulai menulis seperti ini (kirim-balas surat, red)," aku Zahratul Aini, salah satu santri baru Ponpes Nurul Islam dari tingkat pendidikan MTs. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES