Indonesia Positif

Sabtu Berwarna di SDN Kubangkangkung 04 Cilacap

Minggu, 01 Agustus 2021 - 06:03 | 67.23k
Kemeriahan selalu ada di SDN Kubangkangkung 04 setiap hari Sabtu. (FOTO: Heni Purwono for TIMES Indonesia)
Kemeriahan selalu ada di SDN Kubangkangkung 04 setiap hari Sabtu. (FOTO: Heni Purwono for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, CILACAP – Setiap hari Sabtu tiba, kemeriahan selalu ada di SDN Kubangkangkung 04 Kabupaten Cilacap. Pasalnya, sekolah ini rutin menggelar program Sabtu Berwarna.

Program tersebut merupakan akronim dari Hari Sabtu Bermain dan Mewarnai.

Seperti pada Sabtu (31/7/2021) pagi, para siswa asyik bermain sudamanda, gobag sodor, dan juga mewarnai.

Penggagas kegiatan ini adalah calon Guru Penggerak SDN 04 Kubangkangkung Munofa Khoeron Rizok.

Ia mengungkapkan, kegiatan itu bertujuan untuk menanamkan karakter siswa melalui permainan tradisional dan mewarnai atau menggambar.

Kemeriahan-selalu-ada-di-SDN-Kubangkangkung-2.jpgKemeriahan selalu ada di SDN Kubangkangkung 04 setiap hari Sabtu. (FOTO: Heni Purwono for TIMES Indonesia)

"Permainan tradisional yang dimainkan bervariasi setiap pekan. Ada gobag sodor, sudamanda, bentengan, egrang, bakyak, congklak, dan lain-lain. Permainan yang sudah langka dimainkan di era digital seperti ini," jelas Khoeron.

Menurutnya, permainan tradisional selain bisa membiasakan siswa bergerak sehingga ada aktivitas jasmani yang menyehatkan, juga dapat menumbuhkan karakter siswa melalui kandungan atau makna yang dapat diambil dari kegiatan tersebut.

"Untuk kelas rendah (kelas 1-3), mereka kita ajak mewarnai dan menggambar di luar ruangan. Tujuannya agar bisa memberi kesempatan kepada siswa untuk meningkatkan kreativitas dan bakat mereka di bidang menggambar atau mewarnai," tambahnya.

Awalnya kegiatan mewarnai dilakukan dengan mewarnai gambar di kertas yang sudah disediakan.

Namun ke depan akan disediakan tempat khusus, seperti tembok luar atau dalam sekolah dijadikan wahana siswa berkreasi mewarnai dan menggambar menggunakan cat, atau yang biasa disebut dengan mural.

Kepala SDN Kubangkangkung 04 Aminah menambahkan, program Sabtu Berwarna ini memanfaatkan aset sekolah berupa halaman yang cukup luas untuk permainan tradisional serta tembok yang nantinya bisa dijadikan objek mural.

"Program ini sangat menarik dan bagus untuk diterapkan di sekolah (SDN Kubangkangkung 04 Kabupaten Cilacap) ini. Perlu ditingkatkan dan dikembangkan agar kegiatan ini bisa berdampak positif bagi siswa, yaitu penanaman karakter dan kreativitas siswa," ujar Aminah. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Imadudin Muhammad
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES