Pendidikan

Pentingnya Peran Orang Tua Agar Proses Belajar Online Bisa Maksimal

Sabtu, 31 Juli 2021 - 17:46 | 29.12k
Praktisi pendidikan anak di Pangandaran Ai Aisyah saat bersama anak didiknya. (FOTO: Ai Aisyah)
Praktisi pendidikan anak di Pangandaran Ai Aisyah saat bersama anak didiknya. (FOTO: Ai Aisyah)

TIMESINDONESIA, PANGANDARANPraktisi pendidikan anak di Kabupaten Pangandaran Ai Aisyah berpesan, orang tua harus memaksimalkan perhatian kepada anak dalam pembelajaran. Ini terkait proses sekolah yang harus dilakukan secara online atau dalam jaringan di rumah masing-masing.

"Pada kondisi pembelajaran yang terjadi saat ini, orang tua memiliki peran yang sangat penting karena memiliki pengaruh untuk perkembangan pendidikannya," kata Ai, Sabtu (31/7/2021).

Ai menambahkan, orang tua harus memahami perkembangan anak dari mulai fisik dan psikis, sehingga dapat memahami kafasitas anak dalam menyerap materi pelajaran.

"Orang tua juga perlu memberikan kasih sayang dan perhatian lebih kepada anak dalam memberikan motivasi belajar," tambah Ai.

Sebagai orang tua, idealnya memberikan bimbingan secara aktif saat anak melakukan pembelajaran dirumah.

"Bimbingan tersebut tercermin dari prilaku orang tua yang sangat berpotensi untuk ditiru oleh anak," jelas Ai.

Orang tua jadi penentu bagaimana prilaku anak saat berbicara mengucapkan kata-kata, peduli terhadap kebersihan, kedisiplinan hingga sopan santun.

"Ketergantungan anak dalam meniru prilaku orang tua sangat tinggi, maka perlu pengarahan yang positif," terang Ai.

Masa depan anak dalam bersikap juga bisa dipengaruhi dari lingkungan keluarga, barometernya adalah bagaimana hubungan orang tua dengan anak, apakah otoriter, liberal, atau demokratis.

"Kondisi pembelajaran pada masa pandemi Covid-19 keberadaan anak di lingkungan keluarga sangat lebih banyak, maka orang tua harus memberi contoh yang baik semaksimal mungkin," sambung Ai.

Ai menegaskan, keluarga menjadi media sosialisasi anak dengan orang tua lantaran memiliki intensitas tinggi berinteraksi. Karena itu, praktisi pendidikan anak di Kabupaten Pangandaran Ai Aisyah berpesan, orang tua harus memaksimalkan perhatian kepada anak dalam pembelajaran. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES