Peristiwa Nasional

Mengenang Ali Rokhmad, Sosok Role Model yang Low Profile di Kemenag RI

Jumat, 30 Juli 2021 - 17:49 | 125.52k
Mendiang almarhum Ali Rokhmad semasa hidupnya. (Foto: Istimewa)
Mendiang almarhum Ali Rokhmad semasa hidupnya. (Foto: Istimewa)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Lingkungan kerja di Kementerian Agama Republik Indonesia berduka, khususnya keluarga besar Biro Perencanaan dan Biro Kepegawaian. Kepala Biro Perencanaan dan Plt. Kepala Biro Kepegawaian Sekretariat Jenderal Kemenag RI, Dr H. Ali Rokhmad, M. Pd tutup usia.

Ali Rokhmad menghembuskan napas terakhir pada Minggu, 25 Juli 2021 lalu. Almarhum dimakamkan di TPU Citayam berdekatan dengan makam putrinda almarhumah Arini Zahwa yang telah mendahului 10 tahun lalu.

Plt. Kepala Biro Perencanaan Sekretariat Jenderal Kementerian Agama RI Dra. Ida Noor Qosim, M.Pd.I mengatakan bahwa almarhum merupakan sosok role model Pegawai Negeri Sipil dan Ahli Perencana.

"Beliau orang yang bijaksana, cerdas, komunikatif, modern, etos kerja tinggi, disiplin, dan memiliki pemikiran yang terbuka dan solutif," tuturnya, Jumat (30/7/2021).

Ali Rokhmad b

Ia mengaku bahwa hampir seluruh kehidupan Ali Rokhmad dihabiskan untuk belajar dan mengabdi kepada Negara Republik Indonesia. Tidak kurang dari 27 tahun lamanya waktu yang dihabiskan untuk mengabdi pada Negara.

Ia menerangkan bahwa Ali Rokhmad berjuang melawan penyakitnya pada akhir Juni 2021. Dia dirawat di Rumah Sakit Pondok Gede. Namun, Allah berkehendak lain. Ali Rokhmad menghadap Sang Ilahi pada Minggu 25 Juli 2021 pukul 16.05 WIB di usia 55 tahun.

"Sudah sepatutnya kita sebagai rekan kerja, sahabat, murid, dan penerus untuk menjadikan Almarhum Bapak Dr. H. Ali Rokhmad, M.Pd sebagai suri tauladan dan uswah dalam bekerja dan menapaki kehidupan. Selamat jalan Bapak," tandasnya.

Ali Rokhmad dilahirkan di Pati Jawa Tengah pada 06 Juli 1966 dari pasangan Bapak KH. Sutadji Budiono dan Ibu Hj. Rukayah. Ali Rokhmad adalah putra ketiga dari 5 bersaudara dengan dua perempuan dan dua laki-laki.

Ali kecil menapaki dunia pendidikan formal di Sekolah Dasar (SD), SDN Rejo Agung pada 1974. Ia melanjutkan ke Sekolah Menengah Pertama Juwana (1980). Lalu, ia melanjutkan ke PGAN Lasem (1983) sekaligus nyantri di Pesantren Al-Hidayah Lasem hingga tahun 1986.

Semangatnya yang tinggi dalam meraih pendidikan mengantarkan Ali Rokhmad muda melanjutkan menimba ilmu di Fakultas Adab IAIN Walisongo Semarang dan mengambil Jurusan Aqidah dan Filsafat.

Ali Rokhmad berhasil meraih gelar sarjana di kampus tersebut dan lulus pada tahun 1992. Ia juga tercatat sebagai mahasiswa di IAIN Kudus/Walisongo Fakultas Ushuluddin Kudus serta Mahasiswa IAIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Fakultas Tarbiyah tahun 1998.

Ali Rokhmad menyelesaikan gelar Magisternya di bidang Administrasi Pendidikan pada tahun 2007 di Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka.

Sedangkan gelar doktoralnya, ia peroleh di bidang Ilmu Manajemen Sumber Daya Manusia pada tahun 2013 di UPI YAI, Kini, ia resmi memegang gelar Dr. H. Ali Rokhmad, M.Pd.

Selama proses menuntut ilmu, Ali Rokhmad juga aktif di dunia organisasi. Dirinya pernah menjadi Ketua OSIS saat di SMP I Juana dan PGAN Lasem. Saat menjadi mahasiswa, ia juga aktif berorganisasi baik di Intra maupun ekstra kampus.

Ali Rokhmad muda sempat menjabat sebagai Ketua Senat Mahasiswa Fakultas Ushuluddin Kudus dan Ketua Cabang PMII Fakultas Ushuluddin. Ia pernah juga menjadi Ketua Kelompok Mahasiswa Penerima Beasiswa Super Semar (KMAPBS) 1991-1992.

Kisah perjalanan karir Ali Rokhmad bermula saat dia menjadi menjadi Pegawai Negeri Sipil pada 25 Juli 1994 dengan pangkat Penata Muda. Dengan waktu yang relatif singkat, ia dipercaya menjabat sebagai Auditor Inspektorat Jenderal Kementerian Agama (1999).

Ia kemudian diangkat menjadi Kepala Sub Bagian Pelaporan Regional III, IV, V, Itjen Kemenag pada 2001 – 2004 dan sempat menduduki posisi Kepala Sub Bagian Perencanaan dan Program, Itjen Kemenag periode 2004-2006.

Pada saat Prof. Qodri Azizi menjabat Sekretaris Kemenko Kesra, Ali Rokhmad menjabat Kabag Persidangan dan Rapat serta Kabag Humas dan Dokumentasi pada tahun 2007-2009.

Kemudian dia kembali ke Kementerian Agama dan menjabat Kabag Perencanaan dan Informasi Sekretariat Direktorat Jenderal PHU (2009) dan Kepala Bagian Perencanaan dan Keuangan Sekretariat Direktorat Jenderal PHU (2011) Kepala Sub Direktorat Bimbingan Jemaah Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (2013).

Terakhir, Ali Rokhmad menjabat sebagai Kepala Biro Perencanaan dan Plt. Kepala Biro Kepegawaian pada Sekretariat Jenderal Kementerian Agama Republik Indonesia.

Selain itu, ia juga produktif dalam dunia literasi, tidak kurang dari 15 buku yang pernah ia tulis, di antaranya buku yang berjudul: Haji, Transformasi Profetik Menuju Revolusi Mental, Manajemen Haji, Membangun Tata Kelola Haji Indonesia, Ensiklopedia Haji dan Umroh, Haji dari Masa Ke Masa, dan Mengelola Haji dengan Hati serta berbagai buku yang ia inisiasi menulis dan karya tulis lain yang tersebar dib erbagai media.

Di samping sebagai seorang PNS, Ali Rokhmad memiliki talenta diantaranya  mubaligh, motivator, menjadi narasumber diberbagai bidang, pencipta lirik lagu Mars Perencana.

Kini, Ali Rokhmad yang dikenal sosok role model yang low profile dan inspiratif itu telah tiada. Semua keluarga besar Kemenag RI dan kerabatnya terpukul karena kehilangan sosok panutan dalam banyak bidang. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES