Peristiwa Daerah

Permudah Pendaftaran Vaksinasi Covid-19, Pemkab Cilacap Luncurkan Viva Cilacap

Jumat, 30 Juli 2021 - 14:34 | 206.54k
Launching Aplikasi pendaftaran vaksinasi covid-19 oleh Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji. (FOTO: Estanto Prima Yuniarto/TIMES Indonesia)
Launching Aplikasi pendaftaran vaksinasi covid-19 oleh Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji. (FOTO: Estanto Prima Yuniarto/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, CILACAP – Bagi masyarakat Cilacap yang belum vaksinasi Covid-19, ini ada cara mudah dan dijamin bebas antre. Mulai 1 Agustus 2021 pukul 07.00 WIB mendatang, aplikasi baru akan diluncurkan khusus bagi para pendaftar vaksinasi di Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah.

Ini merupakan salah satu jawaban dari Pemkab Cilacap terhadap keluhan masyarakat terutama bagi yang kesulitan mendaftar untuk divaksin.

Aplikasi vaksin ini bisa diakses dengan jaringan internet untuk mempermudah mencari fasilitas kesehatan di semua kecamatan yang menggelar vaksinasi tanpa antre.

Selain itu, aplikasi ini diluncurkan sabagai upaya mempercepat capaian vaksinasi di Cilacap, yang ditarget hingga 1,5 juta sasaran.

Aplikasi Viva Cilacap ini diluncurkan Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji di Ruang Gadri, kompleks Rumah Dinas Bupati, Jumat (30/7/2021) pagi.

Hadir sejumlah pejabat Forkopimda Cilacap, Dinas Kesehatan, dan Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Cilacap. Aplikasi Viva Cilacap merupakan terobosan sekaligus inovasi Pemkab Cilacap dalam upaya percepatan vaksinasi.

"Agar tertib, semua pendaftar vaksin harus melewati Viva Cilacap agar lebih mudah, cepat, dan efisien," ujar Tatto.

Launching Aplikasi pendaftaran vaksinasi covid 19

Ia menegaskan, adanya aplikasi ini bisa meniadakan kerumunan. Begitu masuk ke aplikasi maka akan tahu kapan jadwalnya, tempatnya di mana, tanggal berapa, waktunya kapan, sudah ada.

Nama Viva Cilacap merupakan singkatan dari Covid-19 Vaccine for Cilacap. Viva juga bisa diartikan sebagai hidup, atau kependekan dari survival atau bertahan hidup.

Aplikasi tersebut sudah bisa diakses di link htpps://viva.cilacapkab.go.id, kemudian mengisi data diri yang diminta. Jika sudah mengisi data, selanjutnya klik daftar. Setelah muncul data Viva ID, catat dan simpan Viva ID tersebut.

Langkah selanjutnya, untuk mengecek jadwal vaksinasi, klik menu 'Pencarian Data', kemudian masukkan NIK dan Viva ID, lalu klik cari. Setelah itu akan muncul jadwal dan lokasi vaksinasi covid-19. Selanjutnya, calon penerima vaksin covid dapat mengunjungi lokasi faskes yang telah ditentukan.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Cilacap Pramesti Griana Dewi menambahkan, ada sekitar 101 fasilitas kesehatan (faskes) yang mampu memberikan vaksinasi, yaitu 13 rumah sakit, 38 puskesmas, dan 50 klinik di Cilacap.

"Masing-masing faskes bisa melayani antara 100-200 vaksin per hari. Nanti admin Dinkes yang akan mengatur. Kalau ada peserta yang telah memilih salah satu faskes, nanti kita melihat jumlah yang memilih di faskes itu berapa, kemampuan nakes berapa. Kalau sudah melebihi kemampuan per hari, kita alihkan ke hari selanjutnya," ujar Pramesti.

Berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 10 Tahun 2021 Pasal 8 dinyatakan, pelaksanaan vaksinasi Covid-19 dilakukan secara bertahap dan sesuai dengan ketersediaan vaksin covid-19.

Yang ditetapkan sebagai kelompok prioritas penerima vaksin Covid-19 yaitu tenaga kesehatan, asisten tenaga kesehatan, dan tenaga penunjang yang bekerja pada fasilitas pelayanan kesehatan, masyarakat lanjut usia, dan tenaga atau petugas pelayanan publik, masyarakat rentan dari aspek geospasial, sosial, ekonomi, dan masyarakat lainnya.

Pemerintah pusat pada bulan Juli ini menargetkan 1 juta vaksin per hari, dan selanjutnya pada bulan Agustus nanti akan ditingkatkan menjadi 2 juta vaksin per hari.

Bupati mengajak seluruh jajaran di lingkungan Pemkab Cilacap untuk sama-sama bekerja keras dalam menyukseskan program vaksinasi tersebut.

"Kita harus melakukan edukasi kepada masyarakat dengan memberikan informasi yang benar, bahwa vaksinasi akan menjadi salah satu jalan penting bagi kita agar pulih dan bangkit dari pandemi covid-19," kata Tatto.

Dijelaskan bahwa sasaran vaksinasi di Kabupaten Cilacap sampai tahap ini sebanyak 1.532.617 orang, hingga minggu ke-26 yang sudah divaksin dosis 1 sebanyak 166.051 orang, dan dosis 2 sebanyak 104.906 orang.

"Besar harapan saya, dengan adanya kemudahan pendaftaran vaksinasi Covid-19 akan meningkatkan antusiasme masyarakat Cilacap untuk mengikuti vaksinasi," ucap bupati.

Pihaknya berkeyakinan bahwa dengan melakukan vaksinasi Covid-19 dan menerapkan disiplin protokol kesehatan yang ketat, jumlah kasus positif covid-19 di Kabupaten Cilacap akan berangsur turun.

Sementara, Dandim Cilacap menegaskan launching aplikasi vaksinasi Covid -19 Viva Cilacap ini akan memudahkan masyarakat  mendapat nomor antrean pendaftaran vaksinasi tanpa harus berlama-lama mengantre di tempat pendaftaran. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES