Olahraga Olimpiade Tokyo 2020

Hari ke 6 Olimpiade Tokyo 2020, China Pimpin Perolehan Medali

Jumat, 30 Juli 2021 - 07:51 | 61.26k
Perenang Cina, Zhang Yufei.(FOTO:Reuters)
Perenang Cina, Zhang Yufei.(FOTO:Reuters)
FOKUS

Olimpiade Tokyo 2020

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Persaingan perolehan medali emas antar negara peserta Olimpiade Tokyo 2020 begitu ketat antara China, Jepang, dan Amerika Serikat.

Hari ini koleksi medali emas China masih paling banyak, sehingga berada di puncak klasemen sementara dengan komposisi 15 emas, 7 perak dan 9 perunggu.

Sepanjang hari Kamis, China memperoleh tiga medali emas tambahan melalui perenang Zhang Yufei dalam gaya kupu-kupu 200m putri, tim estafet 4x200 gaya bebas putri dan Chen Meng yang berjaya di nomor tunggal putri tenis meja.

China dan Jepang sama-sama memiliki 15 emas saat kompetisi hari Kamis ditutup. Tetapi China berada di posisi lebih tinggi karena raihan perak mereka tiga buah lebih banyak dibanding tuan rumah, Jepang.

Sementara Jepang yang sempat menempati puncak klasemen sementara, tergeser ke urutan kedua  dengan 15 emas, 4 perak dan 6 perunggu.

Jepang meraih dua medali emas tambahan yang semuanya datang dari cabang olahraga judo, masing-masing lewat Shori Hamada di kelas -78kg putri dan Aaron Wolf di kelas -100kg putra.

Amerika Serikat berada di urutan ketiga dengan komposisi 14 emas, 14 perak dan 10 perunggu.

Amerika Serikat juga menikmati kesuksesan di kolam renang pada hari keenam Tokyo 2020, dengan Caeleb Dressel melanjutkan mengejar enam medali emas dengan mendapatkan gelar Olimpiade individu pertamanya.

Caeleb DresselCaeleb Dressel. (FOTO Getty Image)

Caeleb Dressel merebut medali emas cabang olahraga renang nomor 100 meter gaya bebas putra Olimpiade Tokyo 2020 di Tokyo Aquatics Centre, Kamis.

Laman resmi Olimpiade Tokyo menyatakan, Caeleb menjadi yang terbaik setelah membukukan catatan waktu 47.02 detik.

Waktu yang dicatat oleh Caeleb Dressel ternyata juga sukses mematahkan rekor Olimpiade sebelumnya yang dipegang oleh atlet asal Australia Eamon Sullivan dengan catatan waktu 47.05 detik yang dicetak pada 13 Agustus 2008.

Sedangkan Ranking ke 4 dan 5 erolehan medali masing-masing ditempati Russian Olympic Committee (ROC) dengan 8 emas, 11 perak dan 9 perunggu serta Australia dengan jumlah medali 8 emas, 2 perak dan 10 perunggu

Pada hari ke 7, Jumat (30/7/2021) akan memperebutkan 21 medali dari cabang olahraga:

Panahan (perorangan putri), atletik (10.000m putra), bulutangkis (ganda campuran), kano slalom(K1) putra, bersepeda (balap BMX putri, balap BMX putra), anggar (epee beregu putra), judo (+78kg putri, +100kg putra), dayung (scull tunggal putri, scull tunggal putra, delapan putri, delapan putra), menembak (pistol 25m putri), renang (dada 200m putri, punggung 200m putra, 100m bebas putri, 200m gaya ganti putra), tenis meja(tunggal putra), tenis (ganda putra), dan trampolin (final putri).

Persaingan perolehan medali emas Olimpiade Tokyo 2020 akan semakin ketat di dihari ke tujuh ini antara China, Jepang, dan Amerika Serikat, karena masih banyak cabor yang akan memasuki partai final pada hari ini. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES