Peristiwa Nasional

Jubir Bantah Wapres Maruf Amin Berikan Teguran Khusus ke Gubernur Khofifah

Kamis, 29 Juli 2021 - 21:43 | 30.29k
Wapres Ma’ruf Amin saat rakor dengan Gubernur Khofifah terkait penanganan Covid-19 di Jatim. (Foto: YouTube Barometer Jatim)
Wapres Ma’ruf Amin saat rakor dengan Gubernur Khofifah terkait penanganan Covid-19 di Jatim. (Foto: YouTube Barometer Jatim)

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Juru Bicara Wakil Presiden, Masduki Baidowi membantah pemberitaan yang menyebut jika Wapres Maruf Aminmemberi teguran khusus kepada Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa

Masduki mengatakan, rapat koordinasi dengan jajaran Satgas Penanganan Covid-19 di Wilayah Jatim pekan lalu digelar untuk mencari solusi dalam penanganan Covid-19. 

"Tidak ada teguran khusus Wapres pada Gubernur Jatim. Semuanya berlangsung baik-baik saja. Karena rapat koordinasi yang dilakukan Wapres dengan sejumlah gubernur pada dasarnya untuk mencari solusi terbaik dalam penanganan pandemi Covid-19," jelasnya, Kamis (29/7/2021). 

Bahkan, lanjutnya, banyak apresiasi yang diberikan mantan Rais Aam Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) itu kepada Gubernur Jatim dalam agenda Koordinasi virtual Wakil Presiden dengan Gubernur, Bupati, Walikota dan Satgas Covid-19 se-Jatim, Rabu (21/7/2021) lalu. 

Masduki menambahkan, Wapres secara intensif berkoordinasi penanganan Covid-19 dengan beberapa gubernur, mulai Banten (14/7), Jatim (21/7), Jawa Barat (22/7), dan Jawa Tengah (23/7).

Wapres menyampaikan monitor dan evaluasi atas beberapa aspek yang perlu diperbaiki, dipacu, dikoordinasikan, dan diintensifkan pada tiap provinsi.

Terutama terkait empat hal yakni penerapan PPKM Darurat, testing, tracing, dan treatment (3T), vaksinasi, dan  distribusi Bansos. Termasuk penyerapan anggaran dan koordinasi antar gubernur, bupati/walikota, dan TNI/Polri, serta pemerintah pusat.

Dengan demikian, tegas Masduki, bukan hanya Jatim yang disorot oleh Wapres, tapi semua provinsi. Tiap provinsi memiliki problematikanya sendiri-sendiri yang mendapat catatan Wapres. Atas evaluasi Wapres, para gubernur telah menglarifikasi dan progress penanganan terkininya di lapangan.

"Terhadap kemajuan itu, Wapres memberi apresiasi, misalnya atas tingginya vaksinasi di Mojokerto, Jawa Timur," sebutnya. 

Atas keluhan dan kekurangan fasilitas dan daya dukung di daerah, Wapres juga langsung mengkoordinasikan dengan para menteri dan pejabat terkait untuk memberi dukungan, seperti Menteri Kesehatan, Menteri Dalam Negeri, dan kepala BNPB.

"Misalnya terkait ketersediaan vaksin, pemenuhan kebutuhan oksigen, dan sebagainya. Penting dicatat, Wapres bukan hanya melakukan sorotan kritis, tapi juga memberi apresiasi dan motivasi pada capaian kemajuan di daerah," beber jubir Wapres Maruf Amin.(*) 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES