Politik

Fasilitas Isoman Anggota DPR RI di Hotel, Legislator PKB: Terkesan Manja

Kamis, 29 Juli 2021 - 12:22 | 39.35k
Anggota Komisi II DPR RI Fraksi PKB Yanuar Prihatin di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta. (FOTO: Dok. DPR RI)
Anggota Komisi II DPR RI Fraksi PKB Yanuar Prihatin di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta. (FOTO: Dok. DPR RI)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Anggota Komisi II DPR RI Fraksi PKB Yanuar Prihatin menilai, keputusan Sekjen DPR RI yang memfasilitasi isolasi mandiri di hotel bagi anggota dewan sangat tidak pantas di tengah berbagai kesulitan yang dialami rakyat di masa Pandemi Covid-19.

"Anggota DPR yang terpapar Covid-19 sungguh tak pantas mendapat fasilitas hotel untuk isolasi mandiri. Di tengah berbagai kesulitan yang dihadapi masyarakat, rencana semacam ini sungguh menyakiti hati rakyat," kata Yanuar Prihatin kepada wartawan, di Jakarta, Kamis (29/7/2021).

Sebagai informasi rencana isolasi anggota dewan terpapar Covid-19 di hotel itu tercantum dalam surat nomor SJ/09596/SETJEN DPR RI/DA/07/2021 dengan titimangsa 26 Juli 2021. Surat itu ditembuskan ke Pimpinan DPR RI, Pimpinan BURT DPR RI, Deputi Bidang Persidangan, Inspektur Utama, Kepala Badan Keahlian, hingga Plt Deputi Bidang Administrasi.

Surat yang diteken Indra selaku Sekjen DPR RI itu menyatakan, Sekretariat Jenderal DPR RI bekerjasama dengan beberapa hotel, menyediakan fasilitas karantina/isolasi mandiri bagi anggota DPR RI yang terkonfirmasi positif Covid-19 baik yang tanpa gejala (OTG) maupun gejala ringan dengan isolasi mandiri di hotel.

Namun keputusan itu menuai banyak penolakan, termasuk dari kalangan legislator sendiri, mengingat banyak rakyat kecil yang saat ini terpapar Covid-19 tidak mendapatkan perawatan intensif dari rumah sakit. Sehingga fasilitas mewah yang didapat anggota dewan justru tidak manusiawi.

"Cobalah rasakan situasi darurat semacam ini. Bagi masyarakat bawah yang terpapar covid, situasi mereka pasti lebih sulit lagi. Obat-obatan gratis yang disiapkan pemerintah belum tentu menjangkau mereka sepenuhnya," ucapnya.

Legislator asal PKB ini mendesak negara tidak berlebihan untuk mengurusi fasilitas isoladi mandiri anggota DPR RI positif Covid-19. Sebab, mereka memiliki kemampuan untuk mengurus dirinya sendiri.

"Agak memalukan jika kemudian anggota DPR minta difasilitasi khusus untuk isolasi mandiri (di hotel) di tengah suasana rakyat serba kesusahan. Kesannya manja banget, aji mumpung dan menyepelekan penderitaan rakyat bawah." tandas Yanuar Prihatin, Anggota Komisi II DPR RI Fraksi PKB. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES