Kesehatan

Ini Rahasia Astronaut Tiongkok Tetap Bugar di Luar Angkasa

Rabu, 28 Juli 2021 - 13:10 | 45.15k
Astronaut Tiongkok telah tinggal dan bekerja di modul inti stasiun luar angkasa. Rencana mereka akan tinggal selama tiga bulan lamanya. (FOTO: China Xinhua News)
Astronaut Tiongkok telah tinggal dan bekerja di modul inti stasiun luar angkasa. Rencana mereka akan tinggal selama tiga bulan lamanya. (FOTO: China Xinhua News)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Tiga astronaut Tiongkok telah tinggal dan bekerja di modul inti stasiun luar angkasa Tianhe Tiongkok selama lebih dari sebulan. Jadwalnya, mereka akan tinggal di luar angkasa selama tiga bulan.

Lalu bagaimana mereka bisa tetap bugar selama menjalankan agenda di luar angkasa tersebut?

Ketiga astronaut tersebut berolahraga, menjaga pola makan yang sehat, dan menjalani pemeriksaan kesehatan rutin untuk mengurangi dampak tinggal di lingkungan mikrogravitasi.

Tim ilmuwan menemukan, mikrogravitasi melemahkan kondisi otot dan tulang, dan melemahnya otot dapat mempercepat pelemahan tulang.

Di area kebugaran Tianhe, ketiga astronaut tersebut dapat menggunakan treadmill, sepeda statis (spin bike), dan resistance band untuk membakar kalori dan melakukan latihan kekuatan.

Li Yinghui, wakil kepala perancang sistem astronaut program luar angkasa berawak Tiongkok mengatakan, ketiga astronaut tersebut telah menyesuaikan jadwal latihan kebugaran harian sesuai dengan kondisi fisik mereka.

Menurut Li, ketiga astronaut tersebut saat ini melakukan latihan kebugaran berintensitas sedang setiap hari, pada tingkat yang membutuhkan sekitar 60 hingga 80 persen kekuatan maksimum mereka.

Intensitas itu akan ditingkatkan secara bertahap seiring dengan berjalannya masa tinggal mereka di luar angkasa, imbuh Li. "Hanya melalui cara ini mereka dapat melawan dampak psikologis mikrogravitasi," katanya dikutip dari media China Xinhua News, Rabu (28/7/2021).

Sementara Liu Weibo, wakil kepala perancang sistem astronaut, menuturkan bahwa ketiga astronaut itu juga akan menggunakan sebuah perangkat yang disebut stimulator neuromuskular elektrik untuk menstimulasi saraf otot mereka, memulihkan fungsi dan kekuatan otot mereka, serta mencegah atrofi otot.

Para ahli di Bumi dapat menyesuaikan perangkat itu berdasarkan status ketiga astronaut tersebut.

Kata Liu, puluhan peralatan medis disediakan di lemari periksa. Ketiga astronaut tersebut menjalani pemeriksaan fisik rutin setiap empat hingga lima pekan, termasuk pemeriksaan ultrasonografi dan hitung darah lengkap (CBC).

Selain itu, asupan makanan yang sehat juga dirancang untuk ketiga astronaut tersebut. Mereka dapat memilih dari 120 lebih ragam hidangan berkualitas tinggi dan menggugah selera, termasuk makanan pokok, nonpokok, daging, dan sayur-mayur. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES