Peristiwa Daerah

Bupati Bandung Dorong Keberadaan Perpustakaan Digital

Selasa, 27 Juli 2021 - 21:08 | 23.54k
Bupati Bandung saat launching BUMDes Bedas dan Sosialisasi Gerakan Literasi di Gedung Moh. Toha, Soreang, Selasa (27/7/21).(FOTO: Humas Pemkab for TIMES Indonesia)
Bupati Bandung saat launching BUMDes Bedas dan Sosialisasi Gerakan Literasi di Gedung Moh. Toha, Soreang, Selasa (27/7/21).(FOTO: Humas Pemkab for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BANDUNGBupati Bandung Dadang Supriatna terus mendorong keberadaan perpustakaan digital di Kabupaten Bandung. Menurutnya, perpustakaan digital dapat menjadi solusi mempertahankan budaya literasi di tengah pandemi Covid-19.

“Kini teknologi sudah semakin canggih. Apapun bisa kita lakukan dalam genggaman, termasuk kegiatan berliterasi. Terlebih di masa pandemi seperti ini, perpustakaan digital dapat menjadi solusi bagi pemustaka yang haus akan membaca. Sehingga masyarakat tidak perlu keluar rumah, namun tetap bisa mendapatkan informasi,” ungkap Bupati Bandung saat launching BUMDes Bedas dan Sosialisasi Gerakan Literasi Keluarga, Pojok Baca Digital dan BJB Corner di Gedung Moh. Toha, Soreang, Selasa (27/7/21).

Bupati Bandung bumdes 2

Di sisi lain, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung mendapatkan bantuan Pojok Baca Digital (Pocadi) dari Perpustakaan Nasional (Perpusnas) Republik Indonesia dan BJB Corner dari Bank BJB.

“Kami mengapresiasi sekaligus mengucapkan terimakasih kepada Perpusnas dan juga Bank Bjb yang telah menghadirkan pojok baca digital. Dengan bertambahnya fasilitas layanan perpustakaan di tempat layanan umum seperti ini diharapkan dapat mendongkrak minat baca masyarakat di Kabupaten Bandung,” ucap bupati.

Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan (Disarpus) Kabupaten Bandung, Tri Heru Setiati menjelaskan, perpustakaan mempunyai tanggung jawab terhadap peningkatan dan pengembangan budaya gemar membaca.

Bupati Bandung bumdes 3

“Hal ini sebagaimana tertuang dalam amanat Undang-undang 1945 alenia keempat, yaitu Mencerdaskan Kehidupan Bangsa dan sesuai dengan misi Pak Bupati yang kedua yakni Edukatif. Oleh karenanya, perlu berbagai upaya untuk meningkatkan budaya membaca bagi masyarakat Kabupaten Bandung,” terang Kepala Disarpus.

Tri menuturkan, Pocadi direncanakan ditempatkan di Munara 99, di Kawasan Gedong Budaya Sabilulungan, Soreang. Sedangkan Bjb Corner, tambahnya, akan ditempatkan di Gedung Perpustakaan Kabupaten Bandung.

“Dengan hadirnya pojok baca digital diharapkan dapat menambah fasilitas layanan perpustakaan digital bagi masyarakat Kabupaten Bandung,” ucap Tri saat mendamping Bupati Bandung. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES