Peristiwa Daerah

Mirip di Asrama Olimpiade Tokyo, Tempat Isoman di Surabaya Gunakan Kasur Kardus

Selasa, 27 Juli 2021 - 20:44 | 87.83k
Tempat tidur dari kardus disiapkan untuk pasien Covid-19, mirip dengan kasur di asrama Olimpiade Tokyo. (FOTO: Ammar Ramzi/TIMES Indonesia)
Tempat tidur dari kardus disiapkan untuk pasien Covid-19, mirip dengan kasur di asrama Olimpiade Tokyo. (FOTO: Ammar Ramzi/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Pemerintah Kota Surabaya dalam dua pekan terakhir tengah menyiapkan tempat isolasi mandiri (isoman) di setiap kelurahan, merespons tingginya tingkat keterisian rumah sakit. Uniknya, di salah satu tempat isoman digunakan tempat tidur yang serupa dengan kasur kardus di asrama atlet Olimpiade Tokyo 2021.

Surabaya Mekabox ada di balik kreativitas tersebut. Perusahaan yang bergerak di bidang manufaktur corrugated carton box ini menyediakan disposable bed atau tempat tidur yang mudah dibongkar pasang, cocok digunakan dalam situasi bencana.

“Kasur ini lebih efisien karena bisa dibongkar pasang dengan mudah. Ramah lingkungan juga karena bahannya terbuat dari kertas sehingga bisa didaur ulang berkali-kali,” ungkap Mill Head Surabaya Mekabox David Alexander Limbert.

Asrama Olimpiade Tokyo 2

Jangan membayangkan kardus pada umumnya yang tidak kokoh. Kekuatan kasur buatan Surabaya Mekabox ini telah teruji dapat menahan beban hingga 180 kg.

Total sebanyak 500 kasur kardus telah diserahkan kepada Pemerintah Kota Surabaya. Seratus buah ditempatkan di gedung SMK Kristen Harapan Sejati Sambikerep ini, empat ratus sisanya akan didistribusikan ke tempat isoman di kelurahan lain.

Kepala Bidang Pelayanan Kesetahan Primer Dinas Kesehatan Kota Surabaya dr. Sri Setyani menyampaikan rasa terima kasih kepada Yayasan Sumber Pengayoman Sejati  yang telah menyediakan gedung SMK miliknya sebagai tempat isoman.

"Terima kasih juga kepada Surabaya Mekabox. Ini merupakan yang pertama Pemkot Surabaya dengan pihak swasta (menyediakan tempat isoman). Dapat menjadi contoh bagi yang lain untuk bisa ikut menyediakan tempat isoman," ujanya.

Menurutnya tempat isoman ini penting seiring dengan adanya varian baru Covid-19 yang banyak terjadi di kluster keluarga. Kota Surabaya menargetkan tempat isoman ada di 154 kelurahan atau 31 kecamatan.

Asrama Olimpiade Tokyo 3

"Sehingga, ketika ada yang terdeteksi positif Covid-19 lewat tes antigen maupun tes PCR, di level kelurahan maupun kecamatan sudah bisa mengevaluasi agar segera dapat memisahkan diri dari keluarga," jelasnya.

Kepala Kecamatan Sambikerep Ferdhie Ardiansyah menuturkan, tempat isoman dengan kasur kardus mirip di Olimpiade Tokyo ini akan bermanfaat bagi empat kelurahan yang ada di sekitarnya. 

"Warga tidak perlu jauh-jauh, karena kami di Surabaya Barat lokasinya jauh dari tempat Asrama Haji, RS Lapangan Tembak, dan RS Lapangan Indrapura," katanya.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES