Peristiwa Daerah

Sudah Nyaman di Rumah, Warga Isoman di Jember Enggan Dipindah ke Lokasi Isolasi Terpusat

Selasa, 27 Juli 2021 - 19:27 | 23.15k
Suasana RDP antara Dinkes Jember dengan anggota DPRD Jember, Selasa (27/7/2021). (Foto: Arip Ripaldi/TIMES Indonesia)
Suasana RDP antara Dinkes Jember dengan anggota DPRD Jember, Selasa (27/7/2021). (Foto: Arip Ripaldi/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JEMBER – Pemkab Jember segera memindahkan warga yang terpapar Covid-19 dan menjalani isolasi mandiri (isoman) di rumah ke fasilitas isolasi terpusat.

Yakni di Jember Sport Garden (JSG) di Kecamatan Ajung dan Hotel Kebon Agung di Kecamatan Kaliwates.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Jember dr. Wiwik Supartiwi mengatakan bahwa dua lokasi tersebut per hari ini, Selasa (27/7/2021) telah resmi diperuntukkan sebagai fasilitas isolasi terpadu Covid-19 di Jember.

"Kedua lokasi isolasi terpusat tersebut bagi warga yang bergejala ringan ataupun Orang Tanpa Gejala (OTG) Covid-19," tutur Wiwik, saat menghadiri Rapat Dengar Pendapat (RDP) di Gedung DPRD Jember, Selasa.

Untuk kapasitas lokasi isolasi terpusat, Wiwik mengatakan saat ini tersedia 100 tempat tidur untuk JSG dan 70 tempat tidur di Hotel Kebon Agung. 

Lebih jauh, Wiwik menyampaikan untuk isoter akan dilakukan secara bertahap, karena tidak mudah untuk melakukan pemindahan warga yang menjalani isoman di rumahnya masing-masing.

Pasalnya, banyak warga isoman yang enggan dipindah ke lokasi tersebut, dengan alasan lebih nyaman menjalani isolasi di rumahnya sendiri.

"Kesulitan-kesulitan di lapangan itu sudah kami upayakan berkoordinasi dengan tim Satgas Covid-19 RT/RW bahkan melibatkan tokoh masyarakat," ungkapnya. 

Hingga kini, 11 orang sudah mengisi tempat isolasi terpusat. Tepatnya di Hotel Kebon Agung. Semuanya merupakan Pekerja Migran Indonesia (PMI) asal Jember yang baru tiba di Jember. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dody Bayu Prasetyo
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES