Pendidikan

Welcome Grateful Generation 2021, UK Petra Ajak Maba Bersyukur dan Bernilai Positif

Selasa, 27 Juli 2021 - 19:15 | 82.60k
WGG 2021 digelar secara daring, acara tersebut diharapkan berdampak positif bagi mahasiswa baru UK Petra (Foto: Humas UK Petra)
WGG 2021 digelar secara daring, acara tersebut diharapkan berdampak positif bagi mahasiswa baru UK Petra (Foto: Humas UK Petra)

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Universitas Kristen Petra (UK Petra) menyambut mahasiswa baru 2021/2022 lewat Welcome Grateful Generation (WGG) 2021. Kali ini sebanyak 1898 mahasiswa baru mengikuti WGG secara daring pada 21-28 Juli 2021.

Dijelaskan oleh Rektor UK Petra, Prof. Dr. Ir. Djwantoro Hardjito, M.Eng., menjelaskan bahwa kegiatan ini memberikam nilai positif yang lebih khususnya untuk mahasiswa baru.

Menurutnya, kegiatan menyambut anggota baru keluarga besar UK Petra ini disebut Welcome Grateful Generation, sangat relevan dengan situasi saat ini di mana pandemi yang berkepanjangan bisa membuat orang sangat bosan, apatis, bahkan negatif.

"Tetapi grateful generation tetap punya sikap yang positif dan penuh pengharapan dalam segala situasi yang dihadapi. Saya berharap, di UK Petra, kalian tidak hanya bertumbuh secara akademis saja, tetapi juga leadership skill, soft skill, dan bahkan juga menemukan panggilan serta makna hidup kalian," ujarnya.

Mengangkat tema "Perfectly Imperfect, Be The Light To Impact" WGG 2021 ingin menyadarkan mahasiswa baru untuk selalu bersyukur dalam keadaan atau kondisi apapun, mereka sempurna ditengah segala ketidak sempurnaan (perfectly imperfect).

Disampaikan juga oleh Tiffany Aurelia Ongkojoyo, selaku Ketua WGG 2021 bahwa kegiatan tersebut memaparkan tentang generasi mengalami perubahan karena pandemi, karena pandemi membuat mereka terbatasi melihat ke dunia luar.

Menurutnya, mereka melakukan survei bahwa 'pandemic generation' cenderung melihat keberhargaan diri di sosial media. Hal ini bisa disebabkan karena tidak banyak melihat dunia nyata atau di rumah saja.

"Mereka menilai dirinya dari followers, views, likes, dll yang mungkin kita kenal dengan 'kata orang'. Padahal setiap manusia diciptakan unik dan spesial, walau punya kekurangan tetapi kita tetap berharga dan sempurna di mata Tuhan," ungkap Tiffany.

Welcome Grateful Generation 2021 2

Ada yang berbeda dengan WGG kali ini, yaitu Kegiatan kepedulian berupa aksi dalam narasi yang dilakukan mahasiswa baru.

Untuk kegiatan Aksi, mahasiswa baru membantu UMKM baik secara online, pangan, kreatif, dan non pangan yang sekarang terdampak pandemi sekaligus ppkm kegiatan tersebut meliputi,  membantu promosi di sosial media, membuatkan logo, membuatkan poster, dll.

Sedangkan kegiatan Narasi khusus untuk mahasiswa baru secara berkelompok membentuk karya untuk mengingatkan warga Indonesia tentang kesadaran PPKM, protokol kesehatan, dan vaksin.

Beberapa kegiatan WGG 2021 juga terdiri dari berbagai rangkaian kegiatan menarik, di antaranya adalah Wawasan kebangsaan, Virtual campus tour dan virtual library tour, Dapur Umum, serta Rally games secara online.

Wawasan kebangsaan dilaksanakan pada 27 Juli 2021 pukul 11.00-13.00 WIB melalui Zoom Meeting dan Live YouTube di WGG UK Petra. Hadir sebagai pembicara yaitu Peter Shearer, Founder dan CEO Wahyoo, platform pelayanan bagi pengusaha warung makan dan membantu kesejahteraan warung makan tradisional.

Narasumber selanjutnya di WGG 2021 UK Petra adalah Ir. Pauline Boedianto MSc.Arch., seorang arsitek pembela hak rakyat miskin dan spesialisasi pemulihan kampung kumuh dan pedalaman. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES