Peristiwa Daerah

Kabupaten Banjarnegara Bakal Dirikan Tiga Tempat Isolasi Terpusat

Selasa, 27 Juli 2021 - 18:02 | 45.28k
Dadim 0704 dan Kapolres Banjarnegara saat Rakor pendirian tempat Isolasi Terpusat di Kabupaten Banjarnegara (FOTO: Pendim BNA for TIMES Indonesia)
Dadim 0704 dan Kapolres Banjarnegara saat Rakor pendirian tempat Isolasi Terpusat di Kabupaten Banjarnegara (FOTO: Pendim BNA for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BANJARNEGARA – Bertempat di Ruang Yudha Kodim 0704 Banjarnegara, pada Selasa (27/7/2021) ini dilakukan rapat kordinasi pendirian tempat Isolasi Terpusat di Kabupaten Banjarnegara.

Rakor ini dihadiri Dandim 0704/Banjarnegara Jawa Tengah Letkol Arh Sujeidi  Faisal ST Mhan, Kapolres Banjarnegara AKBP Fahmi Arifrianto SH SIK MH MSi dan Sekda Banjarnegara Drs H Indarto MSi bersama instansi terkait,

"Rencananya, tempat isolasi terpusat berada di Rumah Karantina Sigaluh dengan kapasitas 22 tempat tidur, Inspektorat (4 tempat tidur) dan BLK Klampok 60 – 70 tempat tidur," ungkap Dandim Letkol Arh Sujeidi Faisal ST Mhan.

Dalam hal ini kata Dandim, harus melibatkan tokoh masyarakat setempat. "Untuk tracing, tracking dan treatment kita libatkan Babinsa dan Bhabinkamtibmas, Kepala Desa puskesmas dan masyarakat," jelas Dandim lagi.

Ia juga menegaskan jika kita harus lebih berhati hati dalam pembagian obat karena kita bukan ahlinya. Selalu kordinasi dengan instansi terkait untuk melaksanakan pendistribusian obat dan sembako.

Dandim 0704 mengharapkan, Banjarnegara segera mempunyai posko data satu pintu untuk mempermudah mengakses informasi termasuk koordinasi pelaksanaan isoter dengan berbagai instansi. "Pelaksanaan isoter di tingkat Kecamatan, Camat, Danramil Kapolsek dan Kepala Puskesmas," jelasnya.

Dalam kesempatan ini Kapolres Banjarnegara AKBP Fahmi Arifrianto SH SIK MH MSi, menyampaikan dalam penanganan isolasi terpusat bisa disamakan seperti di Kabupaten Kudus. Karena sifat variannya sama dengan yang di Kabupaten Kudus.

"Kita simulasikan dalam menghadapi yang terburuk dan semoga tidak terjadi di Kabupaten Banjarnegara," kata Kapolres seraya menambahkan sosialisasi kepada masyarakat harus terus dilakukan.

Sedangkan Sekda Indarto menyampaikan, untuk isolasi terpusat yang di Tingkat Kabupaten, telah disiapkan Puskesmas Sigaluh 1 (untuk masyarakat yang terpapar Covid-19) Inspektorat (untuk nakes yang terpapar Covid -19) dan BLK Purworejo Klampok untuk masyarakat di wilayah Susukan, Klampok Purwonegoro dan Mandiraja.

"Pada prinsipnya Pemkab mendukung penuh isolasi terpusat ini. Harapannya, dengan adanya isolasi terpusat masyarakat lebih cepat tertangani dari awal hingga akhir," imbuh Sekda Kabupaten Banjarnegara Drs H Indarto MSi. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES