Peristiwa Daerah

PAN Terus Jaga dan Lestarikan Budaya Batik di Tengah Pandemi Covid-19

Selasa, 27 Juli 2021 - 16:23 | 269.28k
Bendera Partai Amanat Nasional (PAN) (FOTO: istimewa)
Bendera Partai Amanat Nasional (PAN) (FOTO: istimewa)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Partai Amanat Nasional (PAN) akan memperingati hari jadinya yang ke-23 pada Agustus 2021 mendatang. Seperti tahun lalu, Milad PAN Ke-23 Tahun 2021 digelar dalam suasana pandemi Covid-19.

Partai pimpinan Ketua Umum Zulkifli Hasan (Zulhas) dan Sekretaris Jenderal Eddy Soeparno itu ditekankan komitmennya untuk terus memperjuangkan kepentingan rakyat. Terutama di saat ekonomi masyarakat saat ini sedang melemah akibat dampak pandemi Covid-19. 

Menyongsong Milad PAN Ke-23, partai berlambang matahari itu baru-baru ini mengumumkan pemenang Lomba Desain Logo Milad PAN. Dan, pemenangnya adalah Perajin Pancawati dari Kota Bogor. 

Dewan Juri dari lomba desain milad antara lain Ketum PAN Zulhas, Sekjen Eddy Soeparno, Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto, Ketua DPW PAN Jawa Barat Desi Ratnasari, Dewan Pakar Perempuan Amanat Nasioal (PUAN) Mrs Esoe dan Ketum PUAN Intan Fauzi

Ketum PUAN Intan Fauzi mengungkapkan, desain pemenang logo desain Milad yaitu Perajin Pancawati mengangkat tema Filosofi Logo PAN dan Budaya Kota Bogor sebagaimana peserta lomba lainnya. Termasuk desain Pemenang II yaitu Perajin Susilowati dan Pemenang III Perajin Sedulur.

"Berdasarkan berbagai pertimbangan antara lain motif ragam, rias, keindahan, maka Perajin Pancawati sebagai juara pertama, Perajin Susilowati juara dua dan juara tiga Perajin Sedulur," kata Intan dalam keterangannya, Selasa (27/7/2021). 

Ia mengungkapkan, secara keseluruhan lomba desain diikuti puluhan peserta dengan jumlah karya yang dikirim ke panitia sebanyak 29 perajin. Karya-karya yang dikirimkan juga sangat beragam dengan mengedepankan berbagai motif. 

Dengan penekanan Ikon Kerajaan Pakuan, motif-motif desain yang dikirimkan diantaranya seperti motif tanduk kijang, motif gerimis hujan hingga motif bunga rafflesia dan sebagainya. "Selamat kepada para pemenang, semoga dapat terus memberdayakan dan meningkatkan pendapatan perajian batik dari Kota Bogor," kata Intan Fauzi.

Anggota Komisi IX DPR RI itu berharap, dengan digelarnya lomba desain batik akan mampu mengangkat dan melestarikan nilai-nilai budaya di Indonesia. Sebab bagaimanapun, kesadaran untuk mencintai batik harus terus dibina, terutama di kalangan anak muda. 

Dengan begitu, generasi muda Indonesia ke depannya memiliki semangat untuk terus melestarikan dan mengenakan Batik yang sudah diakui UNICEF sebagai Warisan Budaya Tak Benda Indonesia. "PAN sebagai bagian mainstream politik dapat mempromosikan kekayaan budaya Indonesia yang sudah diakui dunia," pungkasnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES