Tekno

Mengenal Aplikasi Akuntansi Terbaik Dalam Mengelola Keuangan Perusahaan

Senin, 26 Juli 2021 - 22:22 | 20.88k
Mengenal Aplikasi Akuntansi Terbaik Dalam Mengelola Keuangan Perusahaan
Ilustrasi Siklus Akuntansi. (FOTO: Freepik)
Editor: Joko Wiyono

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Mengelola sebuah perusahaan tentu bukan tugas yang mudah. Ada berbagai hal yang harus dijaga semaksimal mungkin agar tidak merugikan perusahaan.

Salah satu hal penting yang harus dikelola dengan hati-hati adalah masalah keuangan. Setiap transaksi keuangan internal dan eksternal yang berkaitan dengan perusahaan harus dicatat sedetail mungkin sebagai bagian dari proses manajemen perusahaan.

Semua perusahaan dalam bidang apapun, baik kecil maupun besar, harus menerapkan prosedur manajemen ini agar dapat memahami setiap perkembangan keuangan perusahaan. Proses pencatatannya juga bisa disesuaikan dengan jumlah transaksi yang Anda miliki.

Jika volume transaksi perusahaan Anda masih kecil, pencatatan manual sudah cukup. Namun jika terjadi transaksi keuangan yang cukup besar, maka sebaiknya menggunakan aplikasi akuntansi.

Anda dapat menggunakan aplikasi ini meskipun perusahaan Anda masih kecil atau memiliki sedikit transaksi. Aplikasi keuangan ini akan membantu Anda menyimpan berbagai data transaksi dengan rapi dan memudahkan dalam pembuatan laporan keuangan.

Disarankan untuk menggunakan berbagai aplikasi untuk membantu mencatat transaksi keuangan Anda. Aplikasi ini meliputi sebagai berikut:

Jurnal by Mekari

Salah satu dari sekian banyak aplikasi akuntansi yang banyak digunakan oleh berbagai perusahaan di Indonesia yaitu Jurnal by Mekari. Tentunya sudah cukup banyak yang mengetahui aplikasi tersebut sebagai salah satu pilihan yang tepat bagi yang menginginkan fitur terbaik dalam membantu pengelolaan keuangan perusahaan. Di halaman situsnya https://www.jurnal.id/id/fitur/aplikasi-akuntansi/ disajikan berbagai fitur dari Jurnal by Mekari yang dapat memberikan berbagai manfaat kepada para penggunanya sebagai berikut.

●    Jurnal by Mekari memberikan tampilan dasbor yang mudah dimengerti dan digunakan oleh siapa saja. Tidak memerlukan banyak waktu untuk memahami setiap hal yang tertera di dasbor. Mudah dipahami dan segera digunakan sesuai kebutuhan perusahaan.
●    Aplikasi ini juga memudahkan dalam membantu pencatatan pemasukan maupun pengeluaran keuangan perusahan secara otomatis. Tidak perlu membuang banyak waktu dalam melakukan pencatatan keuangan secara manual. Sehingga resiko terjadi kesalahan juga jauh lebih minim.
●    Berkat penggunaan aplikasi akuntansi tersebut tentunya perusahaan dapat memperoleh laporan kondisi keuangan perusahaan secara akurat kapan saja. Hal ini akan membantu perusahaan dalam memperoleh informasi terkini terkait kondisi keuangan perusahaan secara tepat.
●    Aplikasi akuntansi yang satu ini juga menawarkan proses coba gratis selama 14 hari bagi perusahaan yang ingin mencoba aplikasi tersebut untuk pertama kalinya. Sehingga perusahaan dapat memastikan apakah aplikasi tersebut sesuai dengan kebutuhan yang diperlukan atau tidak.
●    Berkat penggunaan Jurnal by Mekari, maka perusahaan dapat juga melakukan pengelolaan hingga perhitungan pajak otomatis sesuai regulasi yang berlaku di Indonesia.
Masih banyak lagi manfaat serta fitur-fitur menarik yang dapat ditemukan pada Jurnal by Mekari. Pastinya dengan menggunakan aplikasi yang satu ini, maka akuntansi perusahaan dapat dilaksanakan secara efektif dan efisien tanpa memakan banyak waktu dan tenaga untuk menyelesaikannya.

Fresh Books

Selanjutnya jika ingin memperoleh alternatif lain yang tidak kalah menarik, maka dapat juga mempertimbangkan penggunaan Fresh Books. Aplikasi ini mendukung pencatatan keuangan perusahaan baik pemasukan hingga pengeluaran secara tepat dan akurat. Sehingga tim keuangan perusahaan dapat melakukan pencatatan secara optimal dengan efektif dan efisien. Belum lagi manfaat perhitungan otomatis yang meminimalkan resiko terjadi kesalahan akibat input keuangan perusahaan secara manual. Sehingga dapat menjamin akurasi informasi yang diberikan terkait kondisi keuangan perusahaan tersebut.

Fresh Books juga kompatibel untuk digunakan dengan Windows. Selain itu tampilannya juga sederhana dan tidak sulit untuk dipahami baik untuk para akuntan pemula sekalipun. Sehingga tidak mengherankan jika aplikasi ini termasuk yang paling banyak digemari oleh berbagai perusahaan yang tersebar di dunia. Belum lagi fitur integrasi invoice yang sangat membantu perusahaan dalam membuat invoice hingga melakukan penagihan invoice dan menerima pembayarannya. Semua terintegrasi dengan baik sehingga memudahkan perusahaan melakukan pengaturan terkait dengan hal invoicing tersebut.

Wave

Wave adalah software akuntansi yang bisa diakses selama terkoneksi dengan internet. Yang harus Anda lakukan adalah mengunjungi situs tersebut dan menggunakan email Anda untuk mendaftar akun baru. Tidak perlu mendaftar dengan kartu kredit, karena program ini dapat digunakan secara gratis tanpa batasan apapun.

Setelah mendaftar, Anda dapat menikmati fitur-fiturnya yang keren. Misalnya pembayaran tagihan otomatis, kwitansi pembayaran dan pembukuan untuk melacak pemasukan dan pemasukan. Anda dapat menghubungkan akun Wave Anda dengan rekening bank dan dompet digital yang tersedia. Bahkan satu akun dapat digunakan untuk beberapa bisnis. 

Zipbooks

Software akuntansi yang patut mendapat perhatian adalah Zipbooks. Program ini dirancang untuk membantu mengelola aliran keuangan perusahaan, membuat faktur, dan menerima pembayaran konsumen melalui PayPal dan kartu kredit.

Tentu saja, versi gratisnya masih terbatas. Beberapa fitur lanjutan tidak tersedia tanpa berlangganan. Aplikasi ini membutuhkan koneksi internet untuk mengakses akun Anda. Keuntungannya adalah semua data disimpan di cloud, bahkan jika ada masalah dengan komputer Anda, itu tidak akan hilang.

Manager

Bagi yang sedang mencari software akuntansi offline bisa mencoba Manager. Ini adalah perangkat lunak open source. Agar legal tentunya tidak perlu menggunakan bantuan program cracking yang biasanya mengandung virus atau malware berbahaya.

Manajer memiliki banyak fungsi yang sangat membantu para pebisnis. Hanya saja UI-nya sangat basic dan lebih cocok untuk orang yang mahir dalam HTML. Aplikasi ini juga menyediakan layanan cloud berbayar bagi yang ingin melindungi data selain menyimpan data.

Keuntungan lainnya adalah setelah proses instalasi berhasil, Anda dapat mengakses produk tanpa koneksi internet. Hal lain yang perlu diperhatikan adalah sulitnya Pengelola untuk terhubung ke rekening bank.

Akaunting

Perusahaan jasa software akuntansi ini selalu berada di halaman pertama halaman pencarian. Tidak perlu membayar sepeserpun untuk mengakses dan menggunakan akun. Beberapa fungsi dasar dapat membantu Anda melakukan pembukuan, manajemen tagihan, dan pembuatan faktur.

Ada beberapa keunggulan yang hanya bisa digunakan ketika Anda berlangganan layanan pihak ketiga, yaitu fungsi pembayaran online untuk pelanggan. Jika ini bukan masalah bagi Anda, mengunduh dan menggunakan perangkat lunak akuntansi gratis seperti Akaunting tidak menjadi masalah.

SlickPie

Versi gratis dari perangkat lunak akuntansi perusahaan jasa mencakup pembuatan faktur tanpa batas dan dukungan email untuk menjadikan bisnis Anda lebih profesional. Satu akun dapat digunakan untuk 10 perusahaan berbeda. SlickPie juga dapat melakukan sinkronisasi dengan akun dompet digital seperti PayPal dan Stripe.

Salah satu kelemahannya adalah versi gratis dari SlickPie tidak menyediakan pelaporan keuangan, yang tidak diragukan lagi penting untuk perusahaan besar dan kecil. Untuk ini, Anda dapat meningkatkan ke akun berbayar atau menggunakan versi lengkap perangkat lunak akuntansi gratis lainnya.

GnuCash

GnuCash adalah perangkat lunak akuntansi offline selain Manager, yang diterima dengan baik. Seperti perangkat lunak open source, produk ini tidak memiliki tampilan modern, sangat mendasar dan terlihat sangat kuno.

Tapi jangan terintimidasi. Karena perangkat lunak ini berfungsi penuh, dapat membantu perusahaan memecahkan masalah keuangan. Anda dapat menyelesaikan tagihan, faktur, pelacakan pelanggan dan pemasok, dan tentu saja laporan pembukuan.

CloudBooks

Tidak hanya menyediakan manajemen faktur dan pembayaran online, tetapi juga memiliki banyak fungsi pembukuan yang sangat dibutuhkan oleh pelaku bisnis untuk kelangsungan bisnis. Cloudbooks dapat diakses secara online di browser apa pun tanpa masalah. Perangkat lunak ini juga menyediakan laporan keuangan reguler dan fungsi manajemen proyek.

Selama 30 hari pertama, Anda dapat menikmati versi lengkap secara gratis hingga Anda diminta untuk berlangganan. Jika tidak ada modal untuk berlangganan, fungsi-fungsi di akun dasar sudah cukup berguna.

Itulah beberapa aplikasi akuntansi yang paling direkomendasikan oleh perusahaan besar bagi yang ingin segera menata laporan keuangan perusahaannya. Agar mendapatkan laporan keuangan sesuai kebutuhan, Anda harus mempertimbangkan beberapa hal sebelum memilih aplikasi yang ingin digunakan. Pertimbangan tersebut meliputi:

Fitur untuk memenuhi kebutuhan Anda

Hal pertama yang harus diperhatikan saat memilih aplikasi akuntansi adalah fungsionalitas yang dimiliki aplikasi tersebut. Pastikan aplikasi yang Anda pilih memiliki fitur yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda.

Jika Anda tidak memilih aplikasi keuangan berdasarkan fungsionalitas yang diperlukan, ini dapat membatalkan laporan keuangan yang dihasilkan. Meskipun fitur yang disediakan terbatas, namun jika fitur tersebut memenuhi kebutuhan Anda, hal ini tetap dapat membuat perusahaan Anda memiliki catatan keuangan yang lebih bersih.

Aplikasi yang mudah digunakan

Hal selanjutnya yang harus diperhatikan saat memilih aplikasi keuangan adalah kemudahan penggunaan aplikasi tersebut. Banyak perusahaan menyatakan bahwa aplikasi akuntansi mungkin tidak sesuai dengan kebutuhan perusahaan, karena fungsi tersebut mungkin tidak tersedia.

Masih banyak perusahaan yang belum begitu memahami penggunaan berbagai fungsi dalam sebuah aplikasi, sehingga aplikasi apapun tidak dapat digunakan di sebuah perusahaan tanpa fungsi yang user-friendly. Pastikan aplikasi yang Anda pilih menggunakan metode yang mudah dipahami sehingga setiap kegiatan pencatatan keuangan perusahaan Anda dapat diselesaikan dengan mudah dan cepat.

Sebelum Anda memutuskan untuk menggunakan aplikasi akuntansi, Anda dapat berkonsultasi dengan pengembang aplikasi untuk pelatihan dan penjelasan lebih lanjut.

Pertimbangkan kebutuhan perusahaan

Ketika Anda mempertimbangkan penggunaan aplikasi keuangan dalam suatu perusahaan, Anda harus mempertimbangkan kebutuhan perusahaan. Pertimbangkan terlebih dahulu apakah kemampuan tim Anda dapat sesuai dengan fungsionalitas aplikasi dan kesesuaian aplikasi dengan jenis perusahaan Anda.

Sebelum memutuskan untuk menggunakan aplikasi tertentu, pastikan Anda benar-benar membutuhkan aplikasi keuangan. Diskusikan dengan seluruh tim bahwa Anda harus memilih aplikasi yang akan Anda gunakan agar aplikasi tersebut dapat memenuhi semua kebutuhan perusahaan. Setelah berdiskusi dengan seluruh tim, Anda dapat memahami kebutuhan perusahaan Anda.

Mempertimbangkan berbagai hal sebelum memilih aplikasi akuntansi akan berdampak baik bagi perusahaan. Pengelolaan keuangan yang dibantu oleh aplikasi keuangan yang tepat dapat membuat perusahaan Anda menjadi lebih baik.



Publisher : Rochmat Shobirin

EKORAN

TERBARU

  • Presiden RI Jokowi: Rusun Pasar Rumput Dibangun dengan Konsep Terpadu
    Presiden RI Jokowi: Rusun Pasar Rumput Dibangun dengan Konsep Terpadu
    20/09/2021 - 14:25
  • Lantamal IX Ambon Terus Sasar Vaksinasi Masyarakat Baguala 
    Lantamal IX Ambon Terus Sasar Vaksinasi Masyarakat Baguala 
    20/09/2021 - 14:21
  • Hanya Satu Angkudes Bondowoso-Ijen yang Beroperasi 
    Hanya Satu Angkudes Bondowoso-Ijen yang Beroperasi 
    20/09/2021 - 14:19
  • Akademisi Unej: Reaktivasi BRK adalah Langkah yang Tepat 
    Akademisi Unej: Reaktivasi BRK adalah Langkah yang Tepat 
    20/09/2021 - 14:16
  • Kota Pagaralam Terbangkan 27 Ton Buah Pinang ke Iran
    Kota Pagaralam Terbangkan 27 Ton Buah Pinang ke Iran
    20/09/2021 - 14:05

TIMES TV

Rektor UIN Maliki: Genjot Kualitas SDM menuju Smart Islamic University

Rektor UIN Maliki: Genjot Kualitas SDM menuju Smart Islamic University

01/04/2021 - 15:58

Rektor UNU: Merdeka Belajar di Tengah Pandemi

Rektor UNU: Merdeka Belajar di Tengah Pandemi
Tangis Haru Warnai Penganugerahan Doktor Kehormatan Doni Monardo

Tangis Haru Warnai Penganugerahan Doktor Kehormatan Doni Monardo
Peresmian SPAM Umbulan di Kabupaten Pasuruan

Peresmian SPAM Umbulan di Kabupaten Pasuruan
The Voice of Peace Official Video by Maria Stefanie

The Voice of Peace Official Video by Maria Stefanie

iGuides

  • De Potrek Bromo, Cafe Viral Terekomendasi 5 Star iGuides
    19/07/2020 - 16:35
  • Hadir Bernuansa Modern, Bendega Restaurant Bali Terekomendasi 5 Star iGuides
    Hadir Bernuansa Modern, Bendega Restaurant Bali Terekomendasi 5 Star iGuides
    12/10/2019 - 11:05
  • Ambience Unik, The Junction House Seminyak Terekomendasi 5 Star dari iGuides
    Ambience Unik, The Junction House Seminyak Terekomendasi 5 Star dari iGuides
    02/09/2019 - 18:24
  • Pelayanan Prima Platinum Adisucipto Hotel & Conference, iGuides Berikan Recommended 5 Star
    Pelayanan Prima Platinum Adisucipto Hotel & Conference, iGuides Berikan Recommended 5 Star
    26/07/2019 - 20:00
  • Hotel Savana Malang Got Five Stars from iGuides
    Hotel Savana Malang Got Five Stars from iGuides
    25/05/2019 - 23:20

KOPI TIMES

  • Pengakaran Kembali Pancasila di Masyarakat
    Pengakaran Kembali Pancasila di Masyarakat
    20/09/2021 - 13:25
  • Sinergi Pelaku Pengadaan Publik Berkelanjutan Pasca Covid-19
    Sinergi Pelaku Pengadaan Publik Berkelanjutan Pasca Covid-19
    19/09/2021 - 16:30
  • Mengenal Gagal Jantung, Sebuah Kondisi Akhir dari Penyakit Jantung
    Mengenal Gagal Jantung, Sebuah Kondisi Akhir dari Penyakit Jantung
    18/09/2021 - 15:35
  • Perpres Pendanaan Pesantren dan Alat Intelijen
    Perpres Pendanaan Pesantren dan Alat Intelijen
    18/09/2021 - 14:05
  • Aksi Masifikasi Karitas Sosial
    Aksi Masifikasi Karitas Sosial
    18/09/2021 - 13:00
  • Iklan Ketua Partai Politik Di Tengah Pandemi
    Iklan Ketua Partai Politik Di Tengah Pandemi
    18/09/2021 - 12:22
  • Nasib Ilmu Pengetahuan: Dijual Penerbit Komersial, Diselamatkan Sci-Hub
    Nasib Ilmu Pengetahuan: Dijual Penerbit Komersial, Diselamatkan Sci-Hub
    17/09/2021 - 17:28
  • Membangun Sepakbola dan Ekonomi ala Gubernur Anies Baswedan
    Membangun Sepakbola dan Ekonomi ala Gubernur Anies Baswedan
    17/09/2021 - 16:25

KULINER

  • Berburu Lezat Gurih Es Kopi Susu Tetangga di Toko Kopi Tuku Surabaya
    Berburu Lezat Gurih Es Kopi Susu Tetangga di Toko Kopi Tuku Surabaya
    20/09/2021 - 05:30
  • Unik, Ada Bakso Berbentuk Rantai di Sidoarjo
    Unik, Ada Bakso Berbentuk Rantai di Sidoarjo
    20/09/2021 - 01:25
  • 154 Tempat Wisata di Jatim Sudah Buka, Perhatikan Hal Ini
    154 Tempat Wisata di Jatim Sudah Buka, Perhatikan Hal Ini
    19/09/2021 - 14:50
  • Kopi Degan, Sensasi Dua Rasa
    Kopi Degan, Sensasi Dua Rasa
    18/09/2021 - 15:11
  • Lezatnya Laksa Khas Cibinong ala Rumah Makan Omah Oong Ciriung
    Lezatnya Laksa Khas Cibinong ala Rumah Makan Omah Oong Ciriung
    15/09/2021 - 15:16