Tekno

3 Tipe Software HRIS Terbaik di Indonesia Beserta Cara Memilihnya

Senin, 26 Juli 2021 - 21:33 | 60.16k
Software HRIS. (FOTO: Freepik)
Software HRIS. (FOTO: Freepik)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Untuk mengelola sumber daya pada sebuah perusahaan bukan hal yang mudah. Karena dengan banyaknya data sering kali membuat tim HR mengalami kesulitan dalam memastikan apakah sudah berjalan secara maksimal. Akibatnya perusahaan banyak yang memutuskan untuk menggunakan software HRIS terbaik di Indonesia. Supaya hal tersebut dapat membantu pengelolaan data yang lebih efektif serta efisien.

Tentunya bagi perusahaan-perusahaan yang sudah cukup familiar dengan sistem tersebut tidak mengalami kesulitan untuk memahami serta mengaplikasikannya. Lain halnya dengan perusahaan pemula atau pebisnis yang masih dalam tahap memilih software HRIS terbaik yang tepat sesuai kebutuhan bisnisnya. Untuk memberikan gambaran secara umum, berikut ini informasi lebih lanjut terkait tipe software HRIS terbaik di Indonesia beserta cara untuk memilihnya

Apa Itu Software HRIS?

Bagi perusahaan pemula yang tertarik untuk menggunakan sistem HRIS, ada baiknya mengetahui tentang HRIS terlebih dahulu. HRIS sendiri merupakan singkatan dari Human Resources Information System, yang mana hal ini terkait dengan manajemen informasi data HR perusahaan. Dalam aplikasinya, sistem yang dikembangkan oleh HRIS bertujuan untuk memastikan bahwa seluruh pengelolaan administrasi dan informasi terkait sumber daya perusahaan dapat berjalan mudah serta efisien.

Patut diketahui bahwa pengelolaan sistem HR secara manual rawan kesalahan dan membutuhkan banyak waktu. Namun berkat adanya teknologi terkait sistem HRIS ini, maka pengelolaan sumber daya beserta seluruh informasi di dalamnya jauh lebih tertata rapi. Apalagi saat ini kebanyakan sistem HRIS berbasis software dengan teknologi cloud yang cukup canggih. Dimana hal tersebut mendukung sistem informasi data HR berbasis aplikasi secara online yang dapat diakses kapan saja dan dimana saja dengan mudah.

Tipe Software HRIS Terbaik di Indonesia

Saat ini secara umum software HRIS terbaik di Indonesia memiliki beberapa tipe. Dalam menggunakan sistem HRIS, maka tentunya hal tersebut tidak terlepas dari seluruh tipe software HRIS yang dikembangkan untuk keperluan manajemen sumber daya perusahaan. Adapun secara keseluruhan, ada tiga tipe utama dari software HRIS terbaik di Indonesia yang meliputi seperti di bawah ini.

Tipe Software HRIS

Untuk software HRIS sendiri sebenarnya akan mengatur terkait manajemen sumber daya manusia pada perusahaan hingga menyangkut kebijakan hingga prosedur yang berlaku dalam perusahaan. Sehingga secara tidak langsung hal ini akan terkait dengan kebutuhan untuk pengelolaan rekrutmen pegawai, training, hingga pengelolaan pegawai yang sudah ada. 

Dengan tipe yang satu ini, umumnya software akan menawarkan fitur sederhana berupa fitur database karyawan secara lengkap. Mulai dari untuk mendukung keperluan rekrutmen hingga proses penerimaan karyawan baru. Sehingga sedikit banyak lebih terdiri dari berbagai administrasi dan informasi personal karyawan maupun calon karyawan secara umum.

Tipe Software HCM

Selanjutnya tipe kedua yaitu software HCM atau juga dikenal dengan singkatan dari Human Capital Management. Untuk tipe yang satu ini, umumnya bukan hanya mengatur tentang HRIS yang telah disebutkan di atas saja. Namun pada prakteknya software HCM juga mengatur tentang manajemen karyawan perusahaan terkait payroll, performa dan kinerja karyawan, hingga pendanaan serta upaya meraih target yang ditentukan oleh perusahaan.

Oleh karena itu tidak mengherankan jika tipe software ini akan memiliki fitur tambahan terkait payroll yang terkoneksi dengan sistem absensi. Sehingga perusahaan dapat melakukan pengelolaan dana yang dimiliki secara optimal terhadap salah satunya kebutuhan pembayaran payroll bulanan.

Tipe Software HRMS

Yang terakhir yaitu tipe HRMS atau merupakan singkatan dari Human Resources Management System. Dimana melalui software yang satu ini maka akan lebih banyak menekankan pada manajemen waktu hingga penggunaan sumber daya. Dengan kata lain software yang satu ini akan memungkinkan perusahaan dalam membuat jadwal dan perencanaan karyawan sesuai kebutuhan masing-masing divisi di dalam perusahaan.

Melalui tipe software HRMS juga maka perusahaan dapat mengoptimalkan jadwal kerja para karyawan perusahaan. Termasuk juga melakukan analisa dari performa karyawan secara spesifik. Sehingga dengan demikian perusahaan dapat memperoleh informasi terkait pemetaan karyawan secara spesifik. 

Cara Memilih Software HRIS Yang Paling Tepat 

Dari seluruh tipe yang tersedia di atas, maka cukup jelas bahwa pada dasarnya sistem HRIS terbaik yang digunakan perusahaan akan mencakup tiga jenis tersebut. Sehingga sebaiknya pebisnis memastikan pemilihan software HRIS terbaik di Indonesia sesuai dengan tipe-tipe yang telah disebutkan tadi. Namun, tentu saja bukan hal yang mudah saat berusaha memutuskan mana software HRIS terbaik di Indonesia. Terutama yang cocok dengan kebutuhan perusahaan dan sudah pasti mampu membantu perusahaan secara optimal. Jika masih merasakan kebingungan dalam hal ini, sebaiknya ikuti saja beberapa cara memilih software HRIS yang paling tepat berikut ini.

Melihat Review Dari Pengguna Sebelumnya

Sebelum memastikan untuk memilih software HRIS tertentu, sebaiknya carilah review terkait software tersebut terlebih dahulu. Ada begitu banyak pilihan software yang ditawarkan di pasaran. Namun belum tentu semuanya mampu memberikan hasil yang optimal seperti penawarannya. 

Maka dari itu sangat penting melihat review yang diberikan dari para pengguna software tersebut sebelumnya. Cari tahu informasi mengenai kelebihannya yang menguntungkan serta kelemahannya sekaligus. Sehingga perusahaan dapat mencoba mendapatkan perbandingan terkait mana software yang lebih terpercaya untuk dipilih.

Menyesuaikan Fitur Sesuai Kebutuhan Bisnis Dan Perusahaan

Tiap-tiap software HRIS akan menampilkan fitur yang beraneka ragam sekaligus sedikit berbeda-beda. Hal ini bisa jadi membuat para pebisnis pemula semakin bingung menentukan pilihan mana software HRIS terbaik di Indonesia yang dapat dijadikan pilihan. Karena sepintas hal ini dapat membuat setiap software terlihat serupa.

Apabila menghadapi hal tersebut tidak perlu khawatir, sebaiknya perhatikan lebih dulu apa fitur yang paling diperlukan oleh perusahaan nantinya. Dari ketiga tipe yang telah disebutkan di atas, pastikan untuk memilih tipe mana yang paling penting. Apakah HRIS saja, apakah HCM, atau apakah HRMS? Dengan melihat kebutuhan tersebut, maka perusahaan dapat lebih mudah membuat keputusan mengenai software HRIS mana yang akan digunakan nantinya.

Menggunakan Teknologi Cloud Yang Fleksibel

Jaman semakin berganti dan teknologi semakin maju, demikian halnya dengan teknologi yang diusung oleh kebanyakan software HRIS. Jika ingin memilih software yang paling tepat, pastikan untuk memilih software HRIS terbaik di Indonesia dengan sistem cloud yang lebih fleksibel. Mengapa demikian? Karena di masa sekarang fleksibilitas tinggi sangat dibutuhkan. 

Adanya teknologi cloud merupakan salah satu cara terbaik untuk membuat sistem HRIS berjalan secara online. Berkat perkembangan pada gadget yang juga semakin maju, maka penggunaan sistem HRIS sangat memungkinkan untuk diakses dalam bentuk aplikasi. Dengan memilih sistem yang seperti ini, tentunya akan membawa perusahaan selangkah lebih maju dalam hal pengelolaan sistem HR perusahaan.

Kemudahan Dalam Penggunaan

Pertimbangkan pula penggunaan software HRIS yang sederhana dan mudah digunakan oleh setiap karyawan. Hal ini sangat penting karena semakin mudah sistem tersebut maka kemungkinan kesuksesan penggunaan software juga makin tinggi. Artinya optimalisasi penggunaan software juga tercapai sepenuhnya untuk mendukung kebutuhan perusahaan.

Dengan memilih software HRIS terbaik di Indonesia yang menggunakan aplikasi, maka hal ini dapat terwujud dengan mudah. Karena kebanyakan sistem HRIS berbasis aplikasi memiliki tampilan yang mudah untuk dimengerti. Selain itu juga sederhana penggunaannya, namun di satu sisi mampu memberikan manfaat yang maksimal.

Memilih Yang Sesuai Dengan Ketersediaan Dana

Poin penting yang harus juga dipertimbangkan yaitu dana yang disiapkan untuk keperluan pembelian software. Sebaiknya pastikan perusahaan memiliki dana yang mencukupi saat hendak memilih sistem yang tepat. Sehingga nantinya tidak akan membebani perusahaan dalam hal pendanaan secara berkala. Maka dari itu pastikan untuk mendapat gambaran biaya sejak awal untuk dapat membandingkan software HRIS yang satu dengan yang lain.

Rekomendasi Software HRIS Terbaik di Indonesia

Dengan melihat informasi yang diberikan di atas, maka cukup jelas bahwa sangat penting memastikan pemilihan software HRIS yang terbaik. Dalam arti memiliki banyak fitur pendukung serta sebisa mungkin menggunakan basis cloud untuk fleksibilitas yang tinggi. Sehingga nantinya kebutuhan perusahaan dapat terpenuhi secara maksimal dan pengelolaan sumber daya juga dapat berjalan lebih baik sesuai harapan.

Adapun bagi yang masih merasa bingung setelah membaca seluruh informasi di atas, sebaiknya pertimbangkan untuk menggunakan software HRIS besutan Talenta by Mekari. Software HRIS terbaik di Indonesia ini didukung oleh berbagai macam fitur penting yang menakjubkan. Pengguna software ini dijamin akan memperoleh hasil yang optimal dalam membantu pengelolaan sumber daya perusahaan sepenuhnya.

Talenta by Mekari ini memiliki beberapa kelebihan yang menarik untuk dilihat lebih lanjut. Menurut informasi dari situs resminya, software HRIS ini memiliki fitur-fitur andalan seperti yang tercantum berikut di bawah ini.

●    Sistem informasi online terpusat yang memudahkan seluruh pengguna melakukan akses kapan saja dan dimana saja dengan mudah.
●    Fitur yang mendukung proses rekrutmen dalam satu platform yang saling terintegrasi dari awal hingga akhir. Baik onboarding maupun offboarding mulai dari job listing hingga pembentukan database untuk CV.
●    Manajemen database karyawan yang lengkap dan optimal mulai dari data kepegawaian hingga data personal tiap karyawan.
●    Fitur komunikasi internal yang memungkinkan tiap karyawan untuk berkomunikasi dengan perusahaan secara mudah. Melalui fitur ini maka perusahaan dapat dengan mudah memberikan pengumuman terkait hal-hal tertentu pada semua karyawan, membuat kalender acara perusahaan, hingga melakukan jajak pendapatan dengan karyawan.
●    Fitur manajemen aset yang mampu membantu mendata hingga mengelola seluruh aset perusahaan secara lengkap. Hal tersebut termasuk informasi kategori aset serta nomor seri yang tertera pada aset.
●    Ada pula fitur multi-layer approval yang memungkinkan untuk pemberian akses terbatas akan hal-hal penting dalam perusahaan serta sistem approval yang berjenjang.

Dengan mengetahui hal tersebut diharapkan pengelolaan sumber daya perusahaan secara keseluruhan dapat berjalan lebih efektif dan efisien karena telah mengetahui cara kerjanya.

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES