Kesehatan

Tips Mengatasi Mata Kering dengan Makanan Sehat

Selasa, 27 Juli 2021 - 06:46 | 51.51k
ILUSTRASI - Mata Kering. (FOTO: Freepik)
ILUSTRASI - Mata Kering. (FOTO: Freepik)

TIMESINDONESIA, JAKARTAMata kering adalah salah satu masalah mata yang sering kali terjadi. Hal ini membuat mata mudah kena iritasi bahkan bisa menurunkan kemampuan melihat. Untuk mengatasinya sebagian orang selalu menggunakan obat tetes. Sebenarnya obat tetes bukan satu-satunya cara untuk mengatasi mata kering.

Salah satu cara alami untuk mengatasi mata kering adalah dengan mengonsumsi beberapa makanan sehat. Dilansir dari laman Nutrition Facts, makanan dengan kandungan gizi yang tepat bisa mengobati mata yang kering dengan cara meningkatkan produksi air mata. Makanan apa saja yang dimaksud? Berikut ulasannya.

1. Vitamin C

Vitamin C mengandung asam askorbat yang sangat penting bagi kesehatan mata. Mengonsumsi makanan kaya vitamin C sudah terbukti dapat melancarkan kerja pembuluh darah pada mata dan membantu mencegah katarak. Anda bisa mendapatkan sumber vitamin C yang baik dari jeruk, bayam, tomat, pisang, apel dan anggur. 

2. Vitamin E

Jika tak mau mata kering, Anda bisa juga mengandalkan makanan yang mengandung vitamin E tinggi. Pasalnya, jenis vitamin ini mampu melindungi sel-sel mata dari kerusakan. Bahkan vitamin E juga berkhasiat untuk menjaga sistem kekebalan tubuh. Jadi, mulai sekarang pastikan jika makanan seperti  kacang-kacangan dan ubi yang kaya vitamin E.

3. Lutein dan Zeaxanthin

Lutein dan zeaxanthin termasuk antioksidan yang dapat mencegah penyakit mata kronis dan membantu menjaga sel mata tetap sehat. Tentunya, masalah mata kering juga bisa diatasi dengan cara mengonsumsi makanan yang mengandung antioksidan ini. Contohnya seperti telur, brokoli, kubis, jagung dan bayam.

4. Asam Lemak Omega 3

Omega 3 mampu merangsang kelenjar pada mata (kelenjar meibomian) agar memproduksi minyak pada air mata. Minyak ini berguna untuk menjaga air mata agar tidak cepat kering, sehingga mata senantiasa terasa lembap. Sumber makanan yang kaya akan asam lemak omega 3 adalah ikan salmon, ikan sarden, ikan tuna, ikan teri, minyak ikan, kacang kedelai, sayuran hijau dan berdaun, kacang-kacangan dan biji-bijian

5. Zink

Bila kebutuhan zink tidak tercukupi dengan baik, maka mata Anda berisiko tinggi untuk terinfeksi. Zink tidak dapat diproduksi oleh tubuh, oleh sebab itu penting untuk tercukupi kebutuhannya dari makanan yang Anda konsumsi seperti tiram, lobster, daging sapi, ikan salmon, susu dan telur. 

6. Kalium

Kalium adalah nutrisi untuk mata yang penting untuk dipenuhi. Kekurangan kalium bisa menyebabkan mata jadi kering. Jadi, agar mata tak cepat kering, sebaiknya konsumsi makanan sumber kalium seperti kacang almond, pisang, kismis, kurma dan alpukat. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES