Peristiwa Daerah

Dinas Pendidikan Kepulauan Sula Mulai Terapkan Pembelajaran Tatap Muka

Senin, 26 Juli 2021 - 23:39 | 53.12k
Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kepulauan Sula, Rifai Haitami saat meninjau sekolah. (Foto: Masri Fokaya/TIMES Indonesia)
Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kepulauan Sula, Rifai Haitami saat meninjau sekolah. (Foto: Masri Fokaya/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, KEPULAUAN SULADinas Pendidikan Kepulauan Sula, Provinsi Maluku Utara (Malut), menerapkan sistem belajar mengajar tatap muka pada siswa Sekolah Dasar (SD), dan Sekolah Menegah Atas (SMP).

Kepala Dinas Pendidikan, Rifai Haitami kepada Times Indonesia, Senin (26/7/2021) mengatakan, penerapan belajar mengajar tatap muka mengikuti Surat Keputusan Bersama (SKB) Empat Menteri tentang panduan penyelenggaraan pembelajaran pada Tahun 2020-2021, di masa pandemi Covid 19.

Dari empat orang Menteri tersebut yakni, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendukbud), Menteri Agama (Menang), Menteri Kesehatan (Menkes), dan Menteri Dalam Negri (Mendagri).

"Penerapan belajar mengajar tatap muka pada Tahun ajaran 2021, juga sudah merupakan hasil kesepakatan Dinas Pendidikan dan seluruh Kepala Sekolah SD maupn SMP Se-Kabupaten Kepulauan Sula, setelah sebelumnya Dinas Pendidkan melakukan monitoring," ujar Rifai 

Sebelumnya kata Rifai, pihaknya sudah menawarkan tiga opsi kepada Kepala Sekolah (Kepsek), dan Dewan Guru tentang belajar mengajar secara luring, daring atau tatap muka. Dari tiga pilihan tersebut, disepakati tetap melaksanakan sekolah tatap muka dengan sistem shift.

"Itu juga jika jumlah siswa dalam satu kelas 20 orang maka jadwalnya pakai shift, kalau jumlahnya di bawah 20 orang tidak pake shift,"ungkapnya

Rifai menuturkan, semenjak negara belum dilanda Covid-19, waktu belajar saat itu delapan jam, namun di saat pandemi sekarang waktu belajar sudah menjadi dua jam saja.

"Setiap sekolah harus menerapkan protokol kesehatan yang ketat, dan Kepsek harus mempersiapkan tempat pencucian tangan, sebelum Siswa dan Guru memasuki dalam ruangan,"pungkasnya (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES