Cek Fakta Fakta atau Hoaks

[CEK FAKTA] Foto Jenazah Covid-19 Dibungkus Plastik di Bekasi

Senin, 26 Juli 2021 - 18:18 | 95.48k
Foto jenazah covid-19 yang terbungkus plastik.
Foto jenazah covid-19 yang terbungkus plastik.

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Beredar foto beberapa jenazah covid-19 yang terbungkus plastik. Akun Twitter @noval_aryadi mengunggah foto tersebut pada 18 Juli 2021. 

Pada narasinya, akun @noval_aryadi   tidak menyebut lokasi kejadian. Akun tersebut mengucapkan belasungkawa. Namun dalam kolom komentar, pengguna akun @noval_aryadi menyebut Bekasi sebagai lokasi kejadian. Komentar itu diberikan sebagai jawaban atas pertanyaan yang muncul dari akun Twitter @Jhan_jys.

Berikut narasi yang ditulis akun Twitter @noval_aryadi:

Innalilahi wa Inna ilaihi Raji'un.
Semoga mereka yg terkena covid 19 langsung masuk surga tanpa dihisap. 
Dapet dari grup WhatsApp

Besok Senin, Arafah
Na-bi #TaubatNasional 
Hogwarts, Ciplukan 
Profesor, Soobin

cek fakta Foto Jenazah Covid 2Sumber: Tangkapan layar Twitter

CEK FAKTA

Berdasarkan penelusuran Tim Cek Fakta TIMES Indonesia, klaim lokasi foto beberapa jenazah covid-19 yang terbungkus plastik itu di Bekasi, tidak benar.

Hasil penelusuran Tim Cek Fakta TIMES Indonesia ditemukan fakta bahwa foto tersebut bukan di Bekasi, Jawa Barat, Indonesia, tetapi di Myanmar.

Kami melakukan pengecekan foto menggunakan alat bantu Google dan Yandex. Kami menemukan gambar serupa yang menunjukkan lokasi kejadian di Myanmar.

Foto tersebut diunggah di akun Faceook Khit Thit Media pada 15 Juli 2021 pukul 23:14 WIB. Khit Thit Media adalah agensi berita yang berbasis di Myanmar.

Dalam unggahannya, Khit Thit Media memberi keterangan pada foto tersebut adalah jenazah covid di RS Myawaddy Ice, Kota Myawaddy, Kayin State, Myanmar.

Berikut unggahannya: 

မြဝတီတွင် ကိုဗစ်​ကြောင့် ​သေဆုံးသူများရှိ​နေ
ရန်ကုန်၊ ဇူလိုင် ၁၅ 
ကရင်ပြည်နယ်၊ မြဝတီမြို့နယ်တွင် ဇူလိုင်လ ၁၅ ရက်​နေ့ကိုဗစ်​ကြောင့် ​သေဆုံးသူများရှိ​နေပြီး ​သေဆုံးသူ ၂၂ ဦးရှိ​ကြောင်း AAC ထိုင်းမြန်မာအလုပ်သမားအ​ရေး မဟာမိတ်အဖွဲ့မှ ဦးရဲမင်းက ​ပြောဆိုသည်။ 
"ထိုင်းနယ်စပ်မြဝတီမြို့ ယနေ့ သေဆုံးသူ( ၂ ၂) ဦးထိရှိ စစ်ကောင်စီဘက်မှ လိမ်ညာသတင်းအမှောင်ချထား" ဟု ဦးရဲမင်းက လူမှုကွန်ရက်တွင်​ရေး သားထားသည်။
ဓါတ်ပုံ- မြဝတီဆေးရုံ  ရေခဲတိုက်မှ ယ​နေ့ အလောင်းပုံများ။ 
Photo -CJ

Terjemahannya:

Ada kematian di Myawaddy karena COVID.
Yangon, Juli 15
U Ye Min mengatakan bahwa ada 22 kematian akibat COVID pada 15 Juli di Myawaddy Township, Kayin State.
′′Perbatasan Thailand Myawaddy kota korban jiwa (22) oleh dewan militer yang ditulis di media sosial

Foto: Mayat hari ini dari RS Myawaddy Ice.
Foto-CJ

cek fakta Foto Jenazah Covid 3Sumber: Tangkapan layar Facebook/Khit Thit Media

Dalam penelusuran di mesin pencari, kami juga menemukan pemeriksaan atas foto serupa dengan unggahan berbeda di https://factcheck.afp.com. Disebutkan dalam pemeriksaan yang dlakukan AFP.com, foto beberapa mayat tersebut diklaim terjadi di Sri Lanka usai aksi protes yang dilakukan perawat pada Juli 2021.

cek fakta Foto Jenazah Covid 4Sumber: Facebook users in Sri Lanka misrepresent image of Covid-19 victims in Myanmar | Fact Check AFP

Sebagai informasi, kasus covid-19 di Myanmar terus mengalami peningkatan sejak Juni hingga Juli saat ini. Mengutip kompas.com, Myanmar mengalami gelombang ketiga covid-19. Hampir 90 persen wilayah di Myanmar telah terkena dampak gelombang ketiga Covid-19.

Melansir The Irrawaddy, Sabtu (10/7/201), 296 dari 330 kotapraja di Myanmar selalu melaporkan kasus Covid-19 sejak Mei. Pemimpin junta militer Jenderal Min Aung Hlaing mengakui bahwa kasus infeksi Covid-19 saat ini di Myanmar tengah serius.

cek fakta Foto Jenazah Covid 5Sumber: Gelombang Ketiga Covid-19 di Myanmar Mengganas, 90 Persen Wilayah Terdampak | Kompas

Pemeriksaan fakta atas foto serupa juga dilakukan jaringan Tim Cek Fakta TIMES Indonesia, Mafindo melalui turnbackhoax.id.

cek fakta Foto Jenazah Covid 6Sumber: [SALAH] Foto Beberapa Jenazah Covid-19 di Bekasi | Turnbackhoax

Mengutip cnnindonesia.com, upaya penanganan pandemi Covid-19 di Myanmar semakin tidak tentu arah. Sistem kesehatan dan rumah sakit di negara itu sudah kewalahan menampung pasien

Kondisi di Myanmar semakin tidak menentu di tengah konflik antara kelompok oposisi dan junta. Menurut sejumlah dokter dan relawan tenaga kesehatan, rumah sakit yang dikelola militer menolak merawat penduduk yang positif Covid-19 dengan alasan ruang rawat penuh, oksigen habis dan kekurangan tenaga perawat.

cek fakta Foto Jenazah Covid 7Sumber: Wajah Muram Rakyat Myanmar Diimpit Kudeta dan Covid-19 | CNN Indonesia

Bersumber data worldometer, total jumlah kasus Covid-19 di Myanmar hingga 26 Juli 2021 pukul 11:09 WIB (04:09 GMT) mencapai 269.525, dengan 7.111 jiwa meninggal, dan kesembuhan mencapai 185.402 jiwa.

cek fakta Foto Jenazah Covid 8Sumber: Myanmar COVID | worldometer

KESIMPULAN

Menurut Tim Cek Fakta TIMES Indonesia, unggahan foto yang diklaim jenazah covid-19 di Bekasi adalah hoaks. Foto tersebut merupakan jenazah kasus covid-19 di Rumah Sakit Myawaddy Ice, Myanmar.

Menurut misinformasi dan disinformasi yang dikategorikan First Draft, informasi tersebut masuk dalam kategori False context (konteks keliru). False context adalah sebuah konten yang disajikan dengan narasi dan konteks yang salah. Biasanya, false context memuat pernyataan, foto, atau video peristiwa yang pernah terjadi pada suatu tempat, namun secara konteks yang ditulis tidak sesuai dengan fakta yang ada.

----

Cek Fakta TIMES Indonesia

TIMES Indonesia adalah media online yang sudah terverifikasi faktual di Dewan Pers. Dalam kerja melakukan cek fakta, TIMES Indonesia juga bekerja sama dengan 23 media nasional dan lokal, untuk memverifikasi berbagai informasi hoaks yang tersebar di masyarakat.

Jika anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silakan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA TIMES Indonesia di email: [email protected] atau [email protected] (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

Fakta atau hoaks?
Jika Anda mengetahui ada berita viral yang hoaks atau fakta, silakan klik tombol laporkan hoaks di bawah ini.

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES