Glutera News

Suplemen Penting di Tengah Ancaman Covid-19

Senin, 26 Juli 2021 - 11:56 | 33.63k
Image: Glutera for Times Indonesia
Image: Glutera for Times Indonesia

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Pandemi Covid-19 hingga kini masih menjadi ancaman kesehatan yang terus diwaspadai.

Bahkan virus Sars-Cov-2 yang menjadi penyebab penyakit Covid-19 terus bermutasi yang membentuk varian-varian baru. Mulai dari varian B.1617.2 atau Delta dari India, varian B.117 dari Inggris, dan varian B.1315 atau Beta dari Afrika Selatan.

Beberapa varian baru virus Corona ini lebih cepat menular. Tidak heran, jika kini laju penularan Covid-19 di Indonesia semakin hari kian meningkat.

Terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan daya tahan tubuh dengan baik selama pandemi. Mulai dari konsumsi makanan bernutrisi, berolahraga secara rutin, mengelola stres dengan baik, serta mencukupi hidrasi dan kebutuhan istirahat dengan maksimal. 

Selain itu, Anda juga perlu mengonsumsi suplemen vitamin untuk membantu kekebalan tubuh semakin kuat.

Gluera-GSHH.jpg

8 nutrisi penting untuk menjaga imun tubuh 

Vitamin bisa bersumber dari berbagai makanan yang dikonsumsi atau suplemen khusus. 

Nah, peningkatan daya tahan tubuh bisa didapatkan melalui beberapa vitamin berikut ini: 

1. Glutathione

Sangat ampuh dalam membersihkan racun dan meningkatkan imun didalam tubuh, terutama bagi mereka yang berusia diatas 20 tahun.  Terkenal sebagai antioksidan kuat dalam menangkal radikal bebas.

2. Vitamin C

Merupakan salah satu nutrisi terbaik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kekurangan vitamin C bisa membuat tubuh rentan terserang penyakit.

Vitamin C memperkuat sistem imun tubuh dan melindungi tubuh dari berbagai infeksi. Antioksidan yang terkandung dalam vitamin C yang mampu melindungi tubuh dari radikal bebas.

3. Vitamin D

Vitamin ini baik untuk menjaga imunitas tubuh. Ia mampu memperkuat tubuh dalam melawan zat patogen.

Konsumsi vitamin D mampu mengurangi risiko terjadinya infeksi pernapasan. Hal ini tentunya penting untuk menjaga kesehatan tubuh di masa-masa pandemi seperti ini.

Glutera-Noxx.jpg

4. Vitamin E

Vitamin E memiliki sifat antioksidan yang baik untuk melawan serangan radikal bebas. Anda bisa menemukan vitamin E yang terkandung dalam makanan seperti kacang-kacangan, biji-bijian, bayam, hingga biji bunga matahari. 

5. Vitamin B Kompleks

Yaitu termasuk B6 dan B12, keduanya berperan penting untuk menjaga sistem imun tubuh. Kebanyakan orang dewasa mengalami kekurangan vitamin ini. Anda bisa menemukannya dalam kandungan sereal, loh.

6. Zinc

Zinc bermanfaat untuk memperkuat daya tahan tubuh. Vitamin ini diperlukan dalam proses perkembangan sel kekebalan tubuh yang berfungsi untuk memerangi inflamasi. 

Orang yang kekurangan nutrisi ini biasanya berisiko lebih tinggi mengalami berbagai infeksi dan penyakit, termasuk pneumonia. 

Kandungan zinc bisa kamu temukan dalam tiram, kepiting, daging tanpa lemak, kacang buncis, dan yoghurt. 

7. Probiotik

Menurut penelitian sekitar 80 persen dari sistem imun manusia itu terletak pada saluran cerna. Sehingga para ahli medis sepakat bahwa saluran cerna yang sehat merupakan cermin dari kesehatan tubuh secara umum.

Tak hanya untuk kesehatan pencernaan, probiotik memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Keberadaan probiotik dalam tubuh manusia sendiri bertugas untuk menyeimbangkan jumlah bakteri baik dan jahat sehingga tidak memberikan efek negatif bagi kesehatan. 

8. Serat

Serat merupakan kandungan penting yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan pencernaan. Paling banyak terdapat di dalam buah dan sayuran, tapi ada juga di dalam beberapa olahan makanan dan minuman seperti oat dan kopi.

Sebenarnya serat ini merupakan jenis karbohidrat yang sulit dicerna sehingga ketika masuk ke dalam tubuh langsung menuju usus besar dan selanjutnya diolah atau diproses lalu dikeluarkan melalui feses.

Selain itu, di dalam usus juga terdapat bakteri baik, sehingga asupan serat ini sangat baik untuk meningkatkan jumlah bakteri baik yang dapat melawan bakteri jahat di dalam usus. 

Selain itu, kandungan serat juga bermanfaat untuk membersihkan sisa makanan yang menumpuk di dalam usus.

Vitamin adalah unsur penting dari makanan yang telah lama diketahui mempengaruhi sistem imun.

Vitamin A dan D telah mendapatkan perhatian khusus dalam beberapa tahun terakhir karena terbukti memiliki efek yang tidak terduga dan penting pada respon imun atau kekebalan tubuh. (*)

Be Everlasting with Glutera 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES