Wisata

Campervan Tren Liburan Masa Pandemi di Tasikmalaya

Senin, 26 Juli 2021 - 07:55 | 256.94k
Sebuah Mobil Daihatsu Grandmax yang dimodifikasi menjadi Campervan sedang berlibur di kawasan perkebunan sausin, Kp. Cirando, Kadipaten, Tasikmalaya, Minggu (25/7/21) (FOTO : Harniwan Obech/TIMES Indonesia)
Sebuah Mobil Daihatsu Grandmax yang dimodifikasi menjadi Campervan sedang berlibur di kawasan perkebunan sausin, Kp. Cirando, Kadipaten, Tasikmalaya, Minggu (25/7/21) (FOTO : Harniwan Obech/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, TASIKMALAYA – Jam menunjukkan pukul 05.15 WIB, beberapa Camper menyelinap keluar dari tenda dome yang berada pada sebuah lerengan bukit perkebunan Sausin di Kampung Cirando, Kadipaten, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat.

Berselang satu jam terdengar suara seorang anak berteriak "Selamat pagi kaka... Ayo bangun...., Selamat pagi kaka... Ayo bangun....," Anak itu berlari ke setiap tenda dome dan beberapa mobil Campervan yang ada di sekitar lerengan perkebunan Sausin.

Di Tasikmalaya sebuah tren otomotif baru muncul di tengah pandemi Covid-19 yang saat ini masih mengganas di seluruh dunia, tren baru tersebut sebuah adalah aktivitas berkegiatan di alam bebas untuk berkemah di dalam sebuah mobil yang telah dimodifikasi yang lebih dikenal dengan campervan.

Daihatsu Grandmax bSeorang Camper sedang memasak nasi liwet saat berlibur di kawasan perkebunan sausin, Kp. Cirando, Kadipaten, Tasikmalaya, Minggu (25/7/21) , (FOTO : Harniwan Obech/TIMES Indonesia)

Seorang Camper asal Kota Tasikmalaya Dede Rock Lee mengungkapkan, aktivitas campervan di Tasikmalaya justru meningkat saat masyarakat sedang melakukan PPKM Darurat. Menurutnya meningkatnya aktivitas campervan seiring dengan kebutuhan liburan terutama untuk anak-anak.

"Pandemi kan sudah hampir setahun lebih, anak-anak sekolah dengan daring, tempat wisata saat ini semua ditutup, sedangkan anak-anak butuh liburan untuk menghilangkan kejenuhan selama mereka melaksanakan pembelajaran," ungkapnya kepada TIMES Indonesia, Minggu (25/7/2021) 

Menurutnya liburan itu sangat penting untuk tak sekadar untuk bersenang-senang, ada banyak manfaat liburan untuk kesehatan yang bisa kita dapatkan, mulai dari menyegarkan pikiran juga dapat meningkatkan imunitas tubuh.

Dede mengungkapkan dirinya memodifikasi mobil grandmax miliknya beberapa bulan yang lalu, bahkan mobil kesayangan miliknya telah mengantar liburan keluarganya sampai ke Jawa Timur. Namun tak diduga melalui media sosial ternyata di Kota Tasikmalaya banyak sekali peminatnya.

"Saya tak menyangka saat ini saja ada delapan mobil Campervan yang bersama-sama mengisi liburan bersama keluarga belum lagi di group WA semakin-hari semakin bertambah, malah ada wacana akan mengadakan kemping bareng dengan Campervan Indonesia seJawa Barat di Kawasan Gunung Galunggung," tuturnya

Seorang Karyawati Dinas Pertanian Kabupaten Tasikmalaya bernama Lia (38) yang mengikuti kemping bersama para Campervan mengungkapkan mengisi liburan dengan menggunakan Campervan selain biaya yang lebih irit juga menghindari ketergantungan anak-anak terhadap bermain game di gawai.

"Kan kalau liburan model Campervan seperti ini lebih irit, karena di gunung nga ada warung, mau makan kita masak dulu sekalian memberikan pendidikan kemandirian buat anak-anak, dan yang paling penting kalau liburan di sini anak menyimpan HPnya karena tidak ada signal," pungkasnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES