Peristiwa Daerah

Viral Massa di Bondowoso Bawa Pulang Paksa Jenazah Pasien Covid-19 Gunakan Pikap

Minggu, 25 Juli 2021 - 20:15 | 50.58k
Tampak massa berhasil menaikkan jenazah pasien Covid-19 ke atas pikap dengan bak terbuka (Foto: tangkapan layar video)
Tampak massa berhasil menaikkan jenazah pasien Covid-19 ke atas pikap dengan bak terbuka (Foto: tangkapan layar video)

TIMESINDONESIA, BONDOWOSO – Viral video sekelompok warga di Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur menggeruduk sebuah puskesmas dan membawa pulang paksa jenazah pasien Covid-19 menggunakan pikap. 

Diketahui, lokasi insiden tersebut terjadi di Puskesmas Pujer, Kabupaten Bondowoso, Minggu (25/7/2021) siang. Total ada sekitar empat video yang beredar di media chatting WhatsApp dengan durasi 27 detik dan 30 detik. 

Dalam video tersebut memperlihatkan sekelompok warga menggotong jenazah dari dalam puskesmas. Jenazah tersebut hanya dibungkus dengan selimut berwarna biru. Kemudian dinaikkan ke sebuah mobil pikap dengan bak terbuka yang diparkir di depan puskesmas. 

Jenazah kemudian dibawa pulang menggunakan pikap yang digunakan mengangkut massa. Tanpa protokol kesehatan. 

Kepala Puskesmas Pujer, Widjajanto membenarkan insiden pengambilan paksa jenazah pasien Covid-19 di puskesmas tersebut. Menurutnya, pasien merupakan warga Desa Mangli Kecamatan Pujer. "Sekitar usia 50 tahun, dia perempuan," katanya.

Kondisi pasien Covid-19 tersebut kategori parah karena ada penyakit penyerta, yakni penyakit jantung. Pihaknya pun sempat berinisiatif untuk merujuk pasien ke RS tetapi keluarga menolak. "Mau dirujuk ke RSUD tidak mau," jelasnya.

Kemudian akhirnya kata dia, pasien tersebut meninggal di Puskesmas Pujer. Tetapi saat petugas hendak membawa jenazahnya ke RSUD dr Koesnadi Bondowoso untuk pemulasaraan, lagi-lagi keluarga menolak.

"Tau-tau dia (keluarga) bawa massa. Bawa pikap," terangnya saat dikonfirmasi melalui sambungan telepon.

Pihaknya bersama aparat sempat memberikan pemahaman dan mencegah. Tetapi petugas kalah jumlah.

"Kami sama Polsek dan Koramil tidak mampu menahan massa itu. 10 orang polisinya, koramil juga tidak mampu menahan," paparnya.

Informasi dihimpun, kejadian pengambilan paksa jenazah pasien Covid-19 di Puskesmas Pujer, Kabupaten Bondowoso itu sekitar pukul 11.00 WIB. Tampak dalam video massa bersorak saat berhasil membawa pulang jenazah menggunakan pikap. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES