Peristiwa Nasional

Sejarah Hari Ini: 25 Juli, Mengenang KH Hasyim Asyari Sosok di Balik Resolusi Jihad

Minggu, 25 Juli 2021 - 16:47 | 260.06k
KH Hasyim Asyari, pendiri Nahdlatul Ulama dan pendiri Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang meninggal dnia pada 25 Juli 1947. (foto: wikipedia)
KH Hasyim Asyari, pendiri Nahdlatul Ulama dan pendiri Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang meninggal dnia pada 25 Juli 1947. (foto: wikipedia)

TIMESINDONESIA, JAKARTASejarah hari ini akan menceritakan sosok KH Hasyim Asyari, tokoh perjuangan Indonesia dan pendiri Nahdlatul Ulama yang pada 25 Juli 1947 meninggal dunia. Ulama kharismatik asal Jombang, Jawa Timur ini adalah salah satu sosok dibalik keluarnya Fatwa Resolusi Jihad pada 22 Oktober 1945. Resolusi Jihad yang mempunyai esensi bahwa berjuang mempertahankan kemerdekaan merupakan kewajiban agama.

25 Juli juga mencatat sejarah lain, yakni kelahiran bayi tabung pertama di dunia dan tragedi jatuhnya pesawat Concorde yang menewaskan ratusan orang.

1947: KH Hasyim Asyari Meninggal Dunia

KH-Hasyim-Asyari353ec53ee5a2fdcd.jpgKH Hasyim Asyari. (foto: Kemendikbud)

Dikutip dari laman Pesantren Tebuireng, Jombang, Kiai Hasyim Asyari dilahirkan dari pasangan Kiai Asy’ari dan Halimah pada hari Selasa kliwon tanggal 14 Februari tahun 1871 M atau bertepatan dengan 12 Dzulqa’dah tahun 1287 H. Tempat kelahiran beliau berada disekitar 2 kilometer ke arah utara dari kota Jombang, tepatnya di Pesantren Gedang. Gedang merupakan salah satu dusun yang terletak di Desa Tambakrejo, Jombang.

Usai menimba ilmu di wilayah Arab, Kiai Hasyim Asyari pulang ke Jombang untuk kemudian mendirikan Pesantren Tebuireng. Saat mengasuh pesantren, Kiai Hasyim Asyari melalui pendidikan dan dakwah selalu menanamkan nasionalisme dan patriotisme kepada para santri yang kelak meletupkan semangat melawan kolonialisme.

Kiai Hasyim Asyari punya andil besar selama perang kemerdekaan melawan Belanda (1945-1947), terutama yang berkaitan dengan 3 fatwanya yang sangat penting, yakni:
1.    Perang melawan Belanda adalah jihad yang wajib dilaksanakan oleh semua umat Islam  Indonesia.
2.    Kaum Muslimin diharamkan melakukan perjalanan haji dengan kapal Belanda.
3.    Kaum Muslimin diharamkan memakai dasi dan atribut-atribut lain yang menjadi ciri khas penjajah Belanda.

Maka Presiden Soekarno lewat Keputusan Presiden (Kepres) No. 249/1964 menetapkan bahwa KH. Muhammad Hasyim Asy’ari sebagai pahlawan nasional.

Dalam buku ‘Profil Pesantren Tebuireng’ tertulis bahwa tanggal 3 Ramadhan 1366 H (21 Juli 1947 M) jam 9 malam Hadhratus Syaikh KH. M. Hasyim Asy’ari kedatangan tamu utusan Jenderal Soedirman dan Bung Tomo. Mbah Hasyim menemui utusan tersebut dengan didampingi Kiai Ghufron yang juga pimpinan Laskar Sabilillah Surabaya.

Saat itu, para tamu meminta Kiai Hasyim Asyari untuk mengunggsi. Namun permintaan ini ditolak dan tetap bertahan di Jombang.

Kiai Hasyim Asyari meninggal pada 25 Juli, saat mengajar sebuah kitab di hadapan para santrinya usai shalat Shubuh.
Salah satu saksi mata, Kyai Sanusi Lebaksiu Tegal menyatakan, Kiai Hasyim Asyari sedang membacakan kitab tiba-tiba terdiam menundukkan kepalanya. Para santri mengira beliau hanya sedang mengantuk. Tapi setelah salah seorang santrinya mendekat dan memastikan keadaan Kiai Hasyim Asyari telah meninggal dunia.

1978: Louise Brown, Bayi Tabung Pertama yang Lahir

Louise-Brown.jpgLouise Brown, manusia pertama yang lahir dari program bayi tabung difoto pada tahun 2003 dengan memegang foto saat dirinya baru saja lahir. (foto: amazon.ca)

Louis Joy Brown atau Louise Brown merupakan wanita pertama yang terlahir melalui proses bayi tabung. Bayi dengan berat badan 2.61 kg ini lahir di Manchester United, Inggris,  25 Juli 1978.

"Seluruh hasil pemeriksaan memastikan, kondisi bayi normal," kata
Patrick Steptoe, gynaecologist yang memeriksa kondisi bayi kepada media saat itu.

Dikutip dari BBC, Lesley Brown, dan suaminya, John Brown mengikuti program bayi tabung pada tahun 1977 ini. Saat itu diketahui, Lesley, mempunyai masalah ketidaksuburan karena ada saluran tuba yang tersumbat. Pada November 1977, dia dan suami menjalani prosedur IVF eksperimental. Dalam prosedur itu, telur yang matang dikeluarkan dari salah satu indung telur Lesley, kemudian digabungkan dengan sperma suaminya dalam cawan laboratorium.

Program bayi tabung tersebut mendapat pujian sebagai terobosan medis yang luar biasa pada abad ke 20.

Tercatat lebih dari 5,000 pasangan langsung mendaftar untuk ikut program bayi tabung begitu mengetaui keberhasilan teknik ini.

Louise Brown menikah dengan Wesley Mullinder pada 2004. Dari pernikahan ini, dirinya dikaruniai dua putra yang dikandung dengan normal bernama Aiden Patrick Robert Mullinder dan Cameron John Mullinder.

2000: Pesawat Concorde Jatuh

Pesawat-Concorde-Jatuh.jpgPesawat Concorde penerbangan 4590 yang terbakar sesaat setelah lepas landas. Pesawat ini kemudian jatuh dan menewaskan semua orang yang ada di pesawat (109 orang) dan empat orang di darat. (foto: wikipedia)

25 Juli 2000 dunia mencatat tragedi penerbangan. Pesawat supersonic Concorde terbakar ketika tinggal landas dari bandara Paris Charles de Gaulle dan jatuh mengenai sebuah hotel beberapa menit kemudian. Kecelakaan ini menewaskan 113 orang (109 orang di dalam pesawat).

Laporan resmi mengatakan pesawat itu mengenai kepingan logam dari pesawat Continental yang lepas beberapa saat sebelumnya. Namun para pengacara Continental mengatakan mereka bisa membuktikan bahwa jet supersonik itu terbakar sebelum mengenai kepingan titanium tersebut. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES