Peristiwa Nasional

Data Kemenkes RI, 94 Persen Kematian Pasien Covid-19 Karena Belum Vaksin Covid-19

Minggu, 25 Juli 2021 - 15:40 | 34.65k
Wamenkes RI Dante Saksono di Jakarta. (FOTO: Dok. Liputan6)
Wamenkes RI Dante Saksono di Jakarta. (FOTO: Dok. Liputan6)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes RI) Dante Saksono mengatakan 94 persen kematian pasien Covid-19 disebabkan karena belum divaksinasi. Kata orang nomor 2 di Kemenkes RI itu, vaksin Covid-19 sejatinya memberikan respons imun yang baik bagi tubuh manusia.

"Saya ucapkan terima kasih kepada Kadin Indonesia yang sudah melakukan kegiatan ini baik kegiatan vaksinasi maupun deklarasi kesehatan. Ini sangat penting sekali karena kegiatan vaksinasi dan upaya untuk memerangi terjadinya pandemi ini bukan eksklusif Kementerian Kesehatan, kegiatan ini tidak berhasil tanpa peran serta masyarakat," ucapnya.

Demikian disampaikan Dante dalam sambutan di acara Vaksinasi Kadin Indonesia Bersama TNI Polri yang disiarkan langsung di kanal YouTube Kadin Indonesia, Minggu (25/7/2021).

Mulanya, Dante memaparkan kegiatan vaksin yang diselenggarakan Kadin ini sangat penting untuk memerangi pandemi Covid-19.

Dante menjelaskan saat ini, Kementerian Kesehatan mengubah diksi program vaksinasi menjadi gerakan vaksinasi.

Dia berharap dengan perubahan diksi ini, masyarakat dapat turun langsung terlibat dalam pelaksanaan vaksinasi.

"Karena itu beberapa diksi-diksi kami buat menjadi berubah, kalau tadinya diksi program vaksinasi, sekarang menjadi diksi gerakan vaksinasi. Dengan gerakan maka yang terlibat di dalamnya adalah masyarakat secara langsung," ucapnya

"Baik itu asosiasi, baik itu kegiatan TNI-Polri, lintas departemen, lintas kelembagaan dan seluruh masyarakat berperan serta dengan adanya beberapa kegiatan yang melakukan kegiatan seperti ini baik di sini maupun di tempat-tempat lain maka kami berusaha mengatasi pandemi ini secara baik dan secara terintegrasi," imbuh Dante.

Dante menuturkan kegiatan vaksinasi sangat penting untuk memproteksi diri.

Dari data yang dihimpun Kemenkes, vaksinasi ini dapat turut serta menurunkan angka kematian akibat virus Corona.

"Bisa saya laporkan, saya berikan informasi bahwa kegiatan vaksinasi ini sangat penting, selain melalukan proteksi, maka beberapa laporan yang masuk pada kami bahwa setelah divaksinasi apabila kemudian terkena vaksinasi, maka angka kematiannya akan menurun," jelas dia.

Kementerian Kesehatan (Kemenkes RI), kata Dante, menerima laporan bahwa 94% kematian pasien Covid-19 disebabkan karena mereka yang belum divaksinasi. Padahal, kata Dante, vaksin Covid-19 ini sangat penting bagi masyarakat karena mampu memberikan respons imun yang baik bagi tubuh. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dody Bayu Prasetyo
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES