Pemerintahan

Mendagri RI Imbau Setiap Kepala Daerah Turun Langsung Salurkan Bansos  

Minggu, 25 Juli 2021 - 13:18 | 19.15k
Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia (Mendagri RI), Muhammad Tito Karnavian saat memberikan keterangan pers di Jakarta (foto: Dokumen/Tito Karnavian)
Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia (Mendagri RI), Muhammad Tito Karnavian saat memberikan keterangan pers di Jakarta (foto: Dokumen/Tito Karnavian)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia (Mendagri RI), Muhammad Tito Karnavian mengimbau kepada kepala daerah, agar turun langsung dalam memberikan bantuan sosial (bansos) kepada warga.

Menurutnya, dengan hadirnya kepala daerah langsung di lapangan atau di tengah masyarakat, akan membawa pengaruh positif dan nilai tersendiri terhadap masyarakat, bila dibandingkan dengan hanya mengutus para kepala dinas ataupun staf.

Dia berharap, kepala daerah memberikan contoh positif kepada bawahannya. Jika mereka turun langsung ke lapangan maka, rasa bahagia masyarakat atas kehadiran pemerintah dalam situasi sulit semakin dekat.

"Jadi teman-teman kepala daerah, kita minta memberikan contoh dulu memberikan bantuan kepada masyarakat secara langsung. Silakan beri perhatian lebih kepada warga kita di masing-masing daerah," kata Tito Karnavian di Jakarta, Minggu (25/7/2021).

Selanjutnya, dia menyarankan Pemda tidak ragu-ragu dalam mengalokasikan anggaran daerah untuk misi kemanusiaan. Salah satunya, memberikan bantuan langsung tunai kepada warga.

Dia mengakui, setiap pemda memiliki tabungan aset yang sangat luar biasa kaya raya. Oleh karena itu, perlu kesadaran bersama untuk menyelematkan masyarakat secara menyeluruh.

"Pemda memiliki mata anggaran dan tahu persis situasi masyarakat di sekitarnya, siapa saja yang terdampak. Kita ingin agar anggaran bantuan sosial ini, maupun belanja tidak terduga, betul-betul diturunkan di tengah situasi pembatasan ini agar masyarakat yang terdampak dibantu,” tambah Mendagri RI.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES