Indonesia Positif

Ketua IKA PMII Jombang Perkuat Pendistribusian Kader dalam Segala Profesi

Minggu, 25 Juli 2021 - 11:18 | 88.83k
Doa bersama keluarga besar PMII Jombang dalam ikhtiar pencegahan Penularan Covid-19 di Indonesia. (Foto: Tangkap layar)
Doa bersama keluarga besar PMII Jombang dalam ikhtiar pencegahan Penularan Covid-19 di Indonesia. (Foto: Tangkap layar)

TIMESINDONESIA, JOMBANG – Ketua Ikatan Alumni Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia Jombang (IKA PMII Jombang) , Dr. Amir Maliki Abi Tholhah sebut distrubusi kader PMII harus merata di segala sektor profesi.

Hal tersebut diungkapkan oleh Dr. Amir Maliki saat sambutan dalam acara 'Doa dan Dzikir Bersama Mengetuk Pintu Langit, dan Ramah Tamah Bersama Kader dan Alumni PMII Jombang se Nusantara' secara virtual melalui aplikasi Zoom Metting, Sabtu (24/7/2021) malam.

Dr. Amir Maliki mengatakan, berproses di PMII ini tidak ada selesainya meskipun sudah menjadi alumni tetap berproses menjadi alumni sesuai dengan profesinya.

Artinya jangan pernah meninggalkan ideologi PMII, teruslah berpegang teguh pada ajaran Islam ahlusunnah wal jamaah ala nahdliyah dan bernegara dengan baik sesuai amanat Pancasila dan UUD 1945.

"Apapun profesi sahabat-sahabat sekarang teruslah berproses dan berpegang teguh dengan ajaran di PMII," kata lelaki yang sekarang menjadi Rektor di Universitas Darul Ulum (Undar) Jombang ini, Sabtu (24/7/2021).

Rektor Undar Jombang ini, mengakui jika distribusi kader dan alumni PMII saat ini masih berada di beberapa sektor saja. Ia berharap dengan segala kemampuan yang dimiliki setiap kader bisa masuk dalam segala sektor profesi kelak.

Saat ini PMII sudah menjadi organisasi besar bahkan salah satu organisasi kemahasiswaan terbesar di Indonesia yang mempunyai jutaan kader dan alumni yang tersebar di seluruh dunia. Namun, harus kita akui kebersaran PMII belum diimbangi dengan pendistribusian kader yang matang sehingga masih banyak alumni PMII yang belum jelas arah gerak dan tujuannya.

PMII bukan organisasi pencetak kader politisi saja. Namun, masih banyak sektor yang harus bisa dimasuki oleh kader PMII seperti sebagai pengusaha, akademik, petani milenial, pedagang, arsitek, jurnalis, wisata dan lain sebagainya.

"Minimal yang sudah terjun di partai politik jangan hanya di satu atau dua partai saja. Namun kader yang lain harus berani berbeda dan masuk partai yang berbeda biar kader PMII tersebar disemua partai tidak masalah. Dan yang tidak masuk politik cari sesuai kemampuan dan keahlian yang dimiliki masih banyak sektor," jelas mantan asesor perguruan tinggi ini.

Sementara itu, Amin Said Husni, Ketua IKA PMII Jawa Timur yang juga alumni PMII Jombang menambahkan kader PMII sekarang jangan terlena dengan fasilitas yang memudahkan berproses saat ini.

Jadikan semua fasilitas kemudahan ini sebagai penunjang keberlangsungan dalam berproses, jangan sampai terlena dan santai-santai. Bisa diakui dengan adanya segala kemudahan kader biasanya akan cenderung bermalas-malasan.

"Kita dulu jalan kaki dari Cabang ke Komisariat itu sudah biasa, artinya, proses kita lebih keras. Namun, itu yang menjadikan sebuah romantisme pergerakan," jelas mantan Bupati Bondowoso 2 periode ini.

Lelaki yang juga sebagai penggagas Nilai Dasar Pergerakan (NDP) PMII ini berharap, para kader PMII bisa berproses dengan baik tanpa mengeluh. Bahwa tidak ada proses yang instan, tidak ada proses yang enak. Kesuksesan sahabat-sahabat ada pada diri sahabat-sahabat sendiri. Agar kelak telah selesai berproses di PMII secara struktural tidak bingung mau kemana.

"Saya sangat merasakan itu semua di dunia nyata. Dan saya berhasil menjadi kepala daerah juga berkat kerja keras dan saya menerapkan prinsip saat masih berproses di PMII," tegasnya.

Terakhir ia berharap dengan ikhtiar doa dan zikir bersama ini, semoga kita semua dijauhkan dari wabah covid-19 dan segera penyakit ini dianggakat oleh Allah SWT.

"Semoga pandemi ini segera berakhir, dan kita bisa bertamu secara langsung dan bisa membahas arah PMII Jombang dan pendistribusian kader secara matang," harapnya memungkasi.

Hadir dalam kegiatan ini, Ketua IKA PMII Jawa Timur, Amin Said Husni, Ketua IKA PMII Jombang Amir Maliki, Mantan Ketua Umum PB PMII Agus M Herlambang, Ketua umum PB PMII, M. Abdullah Syukri dan beberapa tokoh Nasional seperti Idham Cholid ketua umum Jaya Nusa, Moh. Harus Amri waketum PP GP Ansor dan juga politisi muda partai Nasdem. Dan masih banyak yang lain seperti Drs. M. Subaidi Mukhtar dan Amroni Politis muda PKB serta seluruh kader dan alumni PMII Jombang yang tersebar di seluruh Indonesia. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES