Cek Fakta Fakta atau Hoaks

[CEK FAKTA] Video Ricuh Akibat PPKM di Pasar Kota Cirebon

Sabtu, 24 Juli 2021 - 17:18 | 84.06k
Video ricuh akibat kebijakan PPKM yang disebut terjadi di Pasar Jagasatru, Kota Cirebon.
Video ricuh akibat kebijakan PPKM yang disebut terjadi di Pasar Jagasatru, Kota Cirebon.

TIMESINDONESIA, JAKARTAVideo kericuhan beredar di media sosial. Video berdurasi 26 detik itu menampilkan suasana ricuh yang disebutkan oleh pengunggah terjadi di Pasar Jagasatru, Kota Cirebon, akibat kebijakan PPKM.

Video tersebut diunggah akun Facebook: Pepen Evendi pada 18 Juli 2021. 

Pengunggah video menyertakan narasi sebagai berikut:

“Indonesia ini udah ancur.liat semalam pasar jagasatru cirebon keributan pasar2 di tutup.mau makan apa sedangkan kami gak pernah dapat bantuan dari pemerintah.PPKM di perpanjang kasian lah ama pedagang ampe tgl 6 agustus.kita mau makan apa suruh di rumah trus.sedangkan kaliyan yg pegawe masi dapet gaji.sedangkan kita pedagang Kecil suru di tutup semua suruh di rumah emang pemerintah jamin rakyat.tolong di pertimbangang kan pemerintah kasihan rakyat kesil.entar dampak demo gede2an kaya taun lalu.akibatnya mahasiswa unjuk rasa demo sok aja liat kaya taun2 yg lalu.”

cek fakta Video Ricuh PPKM 2Sumber: Tangkapan layar Facebook

CEK FAKTA

Berdasarkan penelusuran tim Cek Fakta TIMES Indonesia, video yang diklaim kericuhan di Pasar Jagasatru Cirebon, tidak benar. 

Hasil penelusuran tim cek fakta, ditemukan pernyataan dari Direktur Utama (Dirut) Perumda Pasar Berintan, Kota Cirebon, Drs. Sekhurohman terkait video tersebut. Melansir dari cirebonkota.go.id, Sekhurohman menegaskan bahwa  video bentrok pedagang pasar dengan Satpol PP tidak terjadi di Kota Cirebon.

“Pasar tradisional di Kota Cirebon dalam kondisi aman. Itu video hoax,” ujarnya, Minggu (18/7/2021)

cek fakta Video Ricuh PPKM 3Sumber: [HOAKS] Unggahan Video Pasar Jagasatru yang Beredar di Medsos | Pemkot Cirebon

Terkait beredarnya video tersebut, mengutip kumparan.com, Kassubag Humas Polres Cirebon Kota Iptu Ngatidja memastikan, kejadian kericuhan yang viral itu hoaks. Ia mengatakan kejadian tersebut tak terjadi di Pasar Jagasatru Kota Cirebon.

"Itu hoaks, bukan di Pasar Jagasatru," kata Ngatidja kepada Ciremaitoday melalui pesan singkatnya, Senin (19/7/2021).

cek fakta Video Ricuh PPKM 4Sumber: Viral Video Ricuh Pedagang Pasar Jagasatru, Cirebon, Polisi Pastikan Hoaks | Kumparan

Mengenai lokasi kejadian sebenarnya, Tim Cek Fakta TIMES Indonesia pernah melakukan penelusuran video serupa. Lokasi kejadian di Pasar Kartini Peunayong Banda Aceh. Peristiwa terjadi pada 24 Mei 2021.

Ricuh berawal saat petugas hendak memindahkan para pedagang di Pasar Kartini ke lokasi Pasar Almahira Lamdingin, Kecamatan Kuta Alam, Banda Aceh. 

cek fakta Video Ricuh PPKM 5Sumber: Pemindahan Pedagang Pasar Kartini Peunayong Ricuh, Satpol PP Dilempari Sayuran dan Kayu | Serambinews

Video yang sama juga diklaim terjadi di lokasi berbeda, seperti Pasar Gondanglegi Malang, Pasar Benowo Surabaya, Pasar Kandangan Kediri, dan Pasar Tanjung Jember.

cek fakta Video Ricuh PPKM 6Sumber: [CEK FAKTA] Viral Video Kerusuhan di Pasar Gondanglegi Malang | TIMES Indonesia

Pemeriksaan atas video yang diklaim terjadi di Pasar Jagasatru Cirebon juga dilakukan oleh Mafindo melalui turnbackhoax.id.

cek fakta Video Ricuh PPKM 7Sumber: [SALAH] Video Pasar Jagasatru Cirebon Ricuh | Turnbackhoax

KESIMPULAN

Menurut Tim Cek Fakta TIMES Indonesia, video yang diklaim kericuhan akibat kebijakan PKKM terjadi di Pasar Jagasatru, Kota Cirebon adalah hoaks. Video yang diunggah akun Pepen Evendi pada 18 Juli 2021 itu terjadi di Pasar Kartini Peunayong Banda Aceh.

Menurut misinformasi dan disinformasi yang dikategorikan First Draft, informasi tersebut masuk dalam kategori False context (konteks keliru). False context adalah sebuah konten yang disajikan dengan narasi dan konteks yang salah. Biasanya, false context memuat pernyataan, foto, atau video peristiwa yang pernah terjadi pada suatu tempat, namun secara konteks yang ditulis tidak sesuai dengan fakta yang ada.

----

Cek Fakta TIMES Indonesia

TIMES Indonesia adalah media online yang sudah terverifikasi faktual di Dewan Pers. Dalam kerja melakukan cek fakta, TIMES Indonesia juga bekerja sama dengan 23 media nasional dan lokal, untuk memverifikasi berbagai informasi hoaks yang tersebar di masyarakat.

Jika anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silakan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA TIMES Indonesia di email: [email protected] atau [email protected] (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

Fakta atau hoaks?
Jika Anda mengetahui ada berita viral yang hoaks atau fakta, silakan klik tombol laporkan hoaks di bawah ini.

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES