Peristiwa Daerah

Pemasangan CCTV di 40 Titik Lalu Lintas Ciamis Habiskan Dana Rp39 Miliar

Sabtu, 24 Juli 2021 - 16:46 | 29.79k
Ilustrasi arus lalu lintas (foto: instagram/@yusufcahyap)
Ilustrasi arus lalu lintas (foto: instagram/@yusufcahyap)

TIMESINDONESIA, CIAMIS – Pemasangan CCTV (Closed Circuit Television) di 40 titik arus lalu lintas di Ciamis, Jawa Barat diperkirakan menghabiskan Rp39 Miliar.

Tepatnya, sebanyak 31 buah CCTV di ruas-ruas lampu lalu lintas (traffic light). Adapula, sembilan buah CCTV di simpang traffic light.

cctv lalu lintasilustrasi CCTV (foto: instagram/@imenonline)

"Anggaran untuk 40 CCTV tersebut berasal dari APBD Bantuan Provinsi (Banprov) tahun 2021. Memang cukup besar, lantaran puluhan CCTV tersebut mendukung lima pilar keselamatan," terang Sekretaris Dinas Perhubungan (Dishub Ciamis), Achmad Yani, Sabtu (24/7/2021).

Lima unsur tersebut terdiri dari Bappeda (unsur perencanaan), polisi (unsur keamanan dan ketertiban), Dishub (unsur lalu lintas), PU (unsur jalan dan kesehatan).

"Kemudian, ada juga unsur rumah sakit (unsur kesehatan). Itu kalau terjadi kecelakaan di jalan," ujarnya.

cctv lalu lintas 2Ilustrasi CCTV yang memantau arus lalu lintas di jalan (foto: instagram/@smarthome.teknologi)

Yani juga menutukan, pemasangan CCTV tersebut tentunya sangat berguna. Sehingga, bisa memantau semua simpang dan arus lalu lintas di Ciamis.

"Kami juga berharap ada pemasangan CCTV lagi di ruas jalan lainnya. Itu seperti di area yang arus lalu lintas yang cukup padat," tuturnya.

CCTV diharapkan mempermudah memantau keadaan arus lalu lintas di Ciamis. Bahkan, bisa membantu kepolisian juga. Misalnya, kalau ada suatu kejadian di jalan, maka rekaman CCTV-nya bisa ditampilkan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES