Kesehatan

Bermain Ponsel saat Menyusui, Hindari yuk Moms!

Sabtu, 24 Juli 2021 - 04:06 | 98.43k
Ilustrasi - Bermain Ponsel saat menyusui (Foto: iStockphoto)
Ilustrasi - Bermain Ponsel saat menyusui (Foto: iStockphoto)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Anda biasa menyusui sambil bermain ponsel? Mungkin cara ini biasa dilakukan ibu menyusui agar tidak bosan. Namun, tahukah Anda bermain ponsel saat menyusui bisa berdampak buruk untuk perkembangan bayi?

Dilansir dari berbagai sumber, berikut dampak negatif kebiasaan menyusui sambil bermain ponsel.

1. Kontak mata antara ibu dan bayi terganggu

Ibu dan bayi butuh kontak mata yang intens untuk menjalin ikatan emosional yang lebih baik. Saat bayi baru lahir, jarak pandangnya hanya dari dada hingga ke wajah ibu. Karenanya, dengan melihat wajah ibu bayi bisa mengenali orangtuanya.

Akan tetapi, jika jarak pandang bayi terhalang oleh ponsel yang Anda pegang, tentunya momen bonding dan pengenalan bayi terhadap wajah ibunya akan terhambat.

2. Perhatian bayi teralihkan

Menyusui seharusnya menjadi momen bonding ibu dan bayi, sehingga ikatan emosional keduanya menjadi lebih kuat. Namun, bila ibu yang menyusui sibuk dengan ponsel, perhatian bayi juga akan teralihkan. Bayi pasti penasaran pada ponsel.

3. Sentuhan fisik berkurang

Bermain-Ponsel-Saat-menyusui-a.jpgFoto: mooimom

Karena mata dan tangan berfokus pada ponsel, ibu jadi kehilangan sentuhan fisik yang berharga dengan bayi karena sibuk main ponsek saat menyusui. Bahkan ibu juga tidak akan sadar jika bayi tertidur dan tidak lagi menyusu.

4. Menghambat aliran oksitosin

Dampak negatif lain yang ditimbukan bermain ponsel saat sedang menyusui adalah dapat menghambat hormon oksitosin. Hormon ini mampu membuat saluran ASI lebih lebar dan membuat ASI mengalir lebih mudah.

Tak hanya berfungsi saat menyusui, hormon oksitosin juga berperan dalam kontraksi rahim pasca melahirkan. Hormon ini sangat berguna untuk mengurangi perdarahan dan membantu mengembalikan kondisi rahim pasca melahirkan.

5. Masalah perilaku pada anak

Bayi sangat haus akan perhatian, jika dia merasa diacuhkan karena ibu terlalu sibuk main ponsel saat menyusui, ia bisa mengamuk dan rewel. Bayi mau dipegang tangannya, disenandungkan nyanyian yang membuat ia tenang mendengarkan suara sang ibu.

Letakkan ponsel Anda, dan nikmati momen istimewa bersama si kecil. Hal ini juga akan membuat bayi merasa dicintai dan lebih bahagia.

6. Bahaya radiasi pada bayi jika main ponsel saat menyusui

Tubuh bayi yang masih kecil membuatnya rawan menyerap radiasi buruk yang keluar dari gadget. Hal ini sangat berbahaya karena bisa mempengaruhi konstruksi genetik mereka, dan parahnya bisa membuat sel kanker bertumbuh.

Radiasi dari gadget juga bisa menghambat proses tumbuh kembang otak bayi. Sebaiknya Anda tidak bermain ponsel saat menyusui agar tak berakibat buruk pada perkembangan bayi Anda. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES