Kesehatan

Perut Kembung setelah Makan Daging, Ini Sebabnya

Sabtu, 24 Juli 2021 - 05:23 | 144.02k
ILUSTRASI - Perut Kembung. (FOTO: Pinterest)
ILUSTRASI - Perut Kembung. (FOTO: Pinterest)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Siapa yang tak suka makan daging. Meski dihindari oleh sebagian orang, daging tetap memberikan sensasi kenikmatan yang berbeda. Namun ingat, jangan terlalu berlebihan konsumsi daging. Ada beberapa orang mengalami gangguan kesehatan setelah makan daging seperti tiba-tiba merasa pusing, bahkan perut kembung.

Dilansir dari Dokter Sehat, cukup banyak orang yang mengaku mengalami sensasi perut kembung setelah mengonsumsi daging. Menurut Rachna Govani dari Foodstand, ada kemungkinan hal ini disebabkan oleh tiga hal, yakni kemampuan tubuh dalam mencerna daging, seberapa banyak daging yang kita konsumsi, dan kebiasaan kita dalam mengunyah makanan.

Menurut Govani, terdapat sebagian orang yang cenderung mengalami kesulitan untuk mencerna daging. Padahal, daging yang kaya akan protein ini membutuhkan waktu yang lebih lama untuk dicerna. Jika kita mengonsumsi daging dengan jumlah yang banyak, maka pencernaan akan bekerja keras untuk mencernanya dan membuat perut akan terasa kembung.

Menurut pakar kesehatan, ada baiknya kita membatasi asupannya hanya seukuran telapak tangan saja. Jika kita sampai mengonsumsi lebih banyak dari jumlah tersebut, ada kemungkinan perut akan mengalami kesulitan saat mencernanya dan akhirnya mengalami masalah perut kembung.

Hal lain yang bisa membuat kita mengalami perut kembung setelah makan daging adalah karena kita tidak mengunyah daging tersebut hingga benar-benar lembut. Jika kita langsung menelannya begitu saja meski baru dikunyah, maka perut akan semakin kesulitan dalam mencernanya dan akhirnya membuat kita mengalami gangguan pencernaan seperti perut kembung.

Melihat adanya fakta ini, ada baiknya memang kita tidak sembarangan dalam makan daging. Meski rasanya enak, pastikan untuk tidak mengonsumsinya dengan berlebihan dan mengunyahnya hingga lebih lembut sehingga perut pun akan lebih mudah untuk mencernanya. Jika tidak, Anda bisa pusing bahkan mengalami perut kembung. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES