Kesehatan

Tips Sederhana Menjaga Kesehatan

Sabtu, 24 Juli 2021 - 06:29 | 67.35k
ILUSTRASI - Mencuci tangan. (FOTO: Freepik)
ILUSTRASI - Mencuci tangan. (FOTO: Freepik)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Kesibukan kadang membuat kita lupa dengan pentingnya kesehatan. Tentu hal ini membuat Anda rentan terkena penyakit. Sebenarnya melakukan kebiasaan hidup sehat itu tidak sulit. Ada tips sederhana menjaga kesehatan dengan beberapa kebiasaan kecil yang bisa Anda lakukan, bahkan hanya butuh 60 detik, namun bermanfaat untuk kesehatan. Apa saja?

Dilansir dari Hello Sehat berikut kebiasaan kecil yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kesehatan.

1. Berdiri dari duduk yang panjang

Bekerja di depan komputer seharian tak hanya melelahkan mata, akan tetapi dapat meningkatkan risiko kemunculan penyakit lainnya. Penelitian menunjukkan bahwa orang-orang yang duduk lebih lama di tempat kerjanya cenderung mengalami tekanan psikologis.

Tak hanya itu, American Cancer Society menemukan fakta bahwa wanita yang duduk enam jam sehari memiliki tingkat kematian 34 persen lebih tinggi daripada mereka yang duduk selama tiga jam. Sedangkan pria yang duduk selama enam jam memiliki tingkat kematian sebanyak 17 persen lebih tinggi dibandingkan dengan pria yang hanya duduk selama tiga jam.

Oleh karena itu, luangkan waktu satu menit saja untuk bangun dan berjalan jalan di sekitar meja Anda dan lakukan peregangan ringan untuk kesehatan tubuh yang lebih baik.

2. Menarik napas dalam-dalam

Sheenie Ambardar, MD, seorang psikiatri di Beverly Hills mengatakan bahwa kebiasaan hidup sehat yang paling mudah dan murah ialah dengan menarik napas dalam-dalam secara perlahan. Kegiatan ini bisa mengurangi kecepatan detak jantung, menurunkan tekanan darah, dan mengirimkan sinyal ke tubuh untuk bisa lebih rileks.

Cara melakukannya cukup mudah yakni dengan cara ambil napas dari hidung, tahan dan hitung sampai tiga, kemudian hembuskan melalui mulut. Ulangi aktivitas ini sebanyak lima kali dan Anda akan merasa jauh lebih rileks dan tenang dibanding sebelumnya.

3. Melakukan plank

plank.jpgFOTO: Istockphoto

Plank adalah gerakan olahraga sederhana yang bisa Anda lakukan bahkan dalam waktu kurang dari satu menit. Jenis olahraga ini membantu menguatkan otot perut dan punggung sehingga membantu Anda untuk terhindar dari cedera.

Plank dilakukan dengan posisi seperti push up dengan meletakkan beban tubuh di kedua lengan, siku, dan kaki. Lengan diletakkan di bawah bahu dengan seluruh tubuh berada dalam satu garis lurus, tidak melengkung. Cobalah untuk memulai hari dengan melakukan plank selama 20 detik di awal latihan dan menambah waktunya di hari berikutnya.

4. Cuci tangan dengan sabun

Mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir merupakan kebiasaan sehat yang perlu diterapkan setiap harinya sebelum Anda makan. Meluangkan waktu kurang dari 60 detik (20 detik) untuk mencuci tangan tidak akan membuat waktu makanmu terbuang.

Dikutip dari Centers for Disease Control and Prevention, mencuci tangan dapat menurunkan risiko seseorang untuk terkena diare hingga 31 persen serta menurunkan risiko flu dan penyakit pernapasan lainnya sebesar 21 persen.

5. Biasakan pakai tabir surya

Malas menggunakan tabir surya mungkin dialami oleh banyak orang, termasuk Anda. Namun, sadarkah Anda bahwa meninggalkan kebiasaan ini bisa bikin kulit jadi rusak? Bahkan tak membiasakan diri untuk menggunakan tabir surya bisa bikin Anda berisiko kanker kulit.

Oleh karena itu, mulai sekarang luangkan satu menit dari waktu berharga Anda untuk memberikan perlindungan lebih pada kulit Anda yang akan terpapar sinar matahari langsung.

Itulah tips sederhana menjaga kesehatan yang bisa Anda lakukan setiap hari. Jangan abaikan kesehatan hanya karena pekerjaan. Kesehatan sangat penting untuk dijaga. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES