Gaya Hidup

Teh atau Kopi, Mana yang Lebih Baik Diminum saat Lembur?

Sabtu, 24 Juli 2021 - 03:22 | 45.85k
ILUSTRASI - Lembur bekerja. (FOTO: iStockphoto)
ILUSTRASI - Lembur bekerja. (FOTO: iStockphoto)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Pekerjaan yang menumpuk atau memang jam kerja kita di malam hari, membuat seseorang harus kerja di malam hari atau lembur. Demi mengatasi rasa kantuk atau menambah semangat untuk bekerja, kita bisa mengkonsumsi minuman hangat seperti teh atau kopi. Kedua minuman ini dikenal memiliki kandungan kafein yang bisa memberikan manfaat tersebut.

Namun sebenarnya, mana yang lebih baik dikonsumsi saat sedang lembur, teh atau kopi? Berikut ulasannya yang dilansir dari Dokter Sehat.

Kandungan kafein pada kopi bisa meningkatkan energi dengan cepat. Sayangnya, efek ini hanya akan berlangsung sementara dan berangsur-angsur tubuh akan kembali lemah dan mengantuk.

Yang menjadi masalah adalah jika kita mengonsumsi kopi berlebihan demi mengatasi kantuk, kita bisa mendapatkan efek samping seperti tremor pada tubuh, meningkatkan stress, menyebabkan sakit kepala, hingga membuat jantung berdebar-debar.

Sementara itu, teh khususnya teh hijau yang memiliki kandungan kafein yang tidak terlalu tinggi ini tidak akan mengejutkan sistem saraf pusat sehingga kita bisa mendapatkan manfaat seperti hilangnya rasa kantuk atau bertambahnya semangat dalam waktu yang lebih panjang.

Di dalam teh juga ada kandungan seperti teobromin, teofilin, dan l-teanin yang bisa membantu kita tetap fokus dan bersemangat sepanjang malam. Teh juga menenangkan pikiran dan tidak akan meningkatkan produksi asam lambung dengan signifikan.

Melihat adanya fakta ini, ada baiknya memang kita lebih memilih teh dibandingkan dengan kopi jika tidak ingin mengantuk atau bisa menyelesaikan pekerjaan lebih baik saat harus lembur. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES