Peristiwa Nasional

Tekan Laju Covid-19, Menag RI Gandeng Tokoh Agama Kampanyekan 5M

Jumat, 23 Juli 2021 - 21:01 | 19.38k
Menag RI Yaqut Cholil Qoumas di Kantornya, Jakarta Pusat. (FOTO: Kemenag RI).
Menag RI Yaqut Cholil Qoumas di Kantornya, Jakarta Pusat. (FOTO: Kemenag RI).

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Menteri Agama (Menag RI) Yaqut Cholil Qoumas diminta untuk memobilisasi tokoh-tokoh agama guna mengampanyekan 5M guna menekan penularan Covid-19.

Permintaan itu disampaikan langsung Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) sekaligus Koordinator PPKM Jawa-Bali Luhut Binsar Pandjaitan, Jumat (23/7/2021). 

"Dan untuk 5M ini, sesuai arahan Pak Presiden, maka mohon Kepala BNPB jadi ketuanya, dengan kampanye diprioritaskan di daerah padat penduduk di 7 wilayah aglomerasi Pulau Jawa dan Bali, nanti kita semua juga bantu backup," ucap Luhut.

Protokol kesehatan 5M yaitu mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, menjauhi kerumunan dan mengurangi mobilitas. Luhut menekankan perlunya edukasi kepada masyarakat bahwa mematuhi protokol kesehatan itu penting.

"Dengan salah satunya menggunakan masker. Penggunaan masker ini terbukti menahan laju penyebaran kasus (Covid-19)," katanya.

Terkait hal ini, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menyampaikan bahwa pihaknya akan melaksanakan semua kebijakan untuk mengurangi atau menahan laju penuluran Covid-19.

Ia menuturkan terdapat 40-50 ribu penyuluh agama di bawah Kementerian Agama hingga level desa yang dapat difungsikan sebagai duta kampanye penerapan protokol kesehatan dan vaksinasi kepada tokoh agama dan masyarakat.

"Untuk tokoh agama Ini kami lakukan secara berjenjang dengan penyuluh agama untuk ini agar Senin (26/7/2021) mereka bisa on fire," demikian ucap Menag RI Yaqut Cholil Qoumas soal kampanye 5M guna menekan laju penyebaran Covid-19. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES