Ekonomi

Bupati Klaten Sri Mulyani Minta Maksimalkan Fasilitas Isolasi Terpusat

Jumat, 23 Juli 2021 - 19:50 | 24.22k
Bupati Klaten Sri Mulyani dan Kapolres Klaten AKPB Edy Suranta Sitepu saat memantau tempat isolasi terpusat bagi warga yang terkonfirmasi positif Covid-19. (FOTO: Pemkab Klaten for TIMES Indonesia)
Bupati Klaten Sri Mulyani dan Kapolres Klaten AKPB Edy Suranta Sitepu saat memantau tempat isolasi terpusat bagi warga yang terkonfirmasi positif Covid-19. (FOTO: Pemkab Klaten for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, KLATENBupati Klaten Sri Mulyani mengatakan Pemkab Klaten akan mengoptimalkan fungsi isolasi terpusat. Karena itu, satgas akan mulai mengevakuasi dan menjemput warga yang terkonfirmasi positif tanpa gejala atau bergejala ringan.

“Ini dilakukan dengan harapan dapat memutus mata rantai penyebaran virus di Kabupaten Klaten yang utamanya berasal dari klaster keluarga,” kata Sri Mulyani, Jumat (23/7/2021).

Bupati Klaten Sri Mulyani 2

Dengan penerapan fasilitas isolasi terpusat, Pemkab Klaten dapat lebih mudah memantau kondisi kesehatan warga yang terpapar sekaligus memastikan asupan nutrisi. Sebab, di setiap tempat isolasi pihaknya telah menugaskan tenaga medis untuk memantau.

“Bagi masyarakat yang melakukan isolasi mandiri di fasilitas isolasi terpusat akan mendapatkan bantuan logistik. Seperti, vitamin, obat-obatan hingga makanan serta pengawasan dari tenaga kesehatan selama 24 jam penuh,” terang politikus PDI Perjuangan ini.

Setelah menjalani isolasi selama tujuh hari, maka warga tersebut akan dilakukan tes PCR. Ia meminta warga tidak takut dan bisa bekerjasama melakukan isoman di fasilitas isolasi terpusat yang telah disediakan.

Sri Mulyani juga menambahkan tiap kecamatan sudah diminta untuk mengirimkan pasien dari wilayah masing-masing. Kegiatan tersebut akan terus dilakukan secara bertahap hingga fasilitas isolasi terpusat di Kabupaten Klaten terisi penuh.

Bupati Klaten Sri Mulyani 3

“Kami akan terus melakukan sosialisasi terkait PPKM Level 4 dan protokol kesehatan kepada masyarakat,” terang Sri Mulyani.

Kapolres Klaten AKPB Edy Suranta Sitepu mengatakan pihaknya telah menyiapkan 500 lebih personel untuk menyukseskan PPKM level 4 ini. Personel terdiri dari 2 SSK dari Brimob dan Polda Jateng. Selain melakukan penjagaan, pihak Polres juga menyiapkan unit untuk evakuasi, penertiban keliling dan penyemprotan di daerah berzona merah.

Mengingat jumlah kumulatif kasus positif di Kabupaten Klaten berada di angka 4.000, Kapolres Klaten berharap isolasi terpusat bisa menjadi salah satu solusi yang efektif untuk diterapkan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES