Indonesia Positif

Bupati Bandung Targetkan Jalan Mantap Capai 92 Persen

Kamis, 22 Juli 2021 - 21:47 | 31.47k
Bupati Bandung Dadang Supriatna mengunjugi Kantor Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR), Soreang, Kamis (22/7/21). (FOTO: Humas Pemkab for TIMES Indonesia)
Bupati Bandung Dadang Supriatna mengunjugi Kantor Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR), Soreang, Kamis (22/7/21). (FOTO: Humas Pemkab for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BANDUNGBupati Bandung Dadang Supriatna menargetkan Jalan Mantap di Kabupaten Bandung mencapai 92 persen. Bupati Bandung menuturkan, hingga saat ini jalan yang sudah diperbaiki sekitar 85 persen.

“Untuk saat ini luas dan panjang jalan di Kabupaten Bandung adalah 1.160 KM. Yang sudah diperbaiki dan sudah bagus sekitar 85 persen, sehingga target kita dalam renstra (Rencana Strategis) sekitar 92 persen,” ungkap Bupati Bandung, saat mengunjungi Kantor Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR), Soreang, Kamis (22/7/21).

Dadang Supriatna 4

Dalam proses pemeliharaannya, Dadang Supriatna mengaku menemui sejumlah kendala. Antara lain perubahan status dari jalan desa ke kabupaten dan kabupaten ke jalan provinsi.

“Tentu kami akan terus berkomunikasi, sehingga pemeliharaan jalan di Kabupaten Bandung tidak terjadi hambatan atau kendala. Salah satu contoh kendala terkait status jalan ini, yakni jalan yang menghubungkan Desa Tarumajaya Kecamatan Kertasari dengan Desa Kertamanah Kecamatan Pangalengan. Padahal jika jalan tersebut cepat diperbaiki, maka akan menjadi jalan alternatif yang mudah diakses warga” jelas Kang DS, sapaan akrabnya.

Tidak hanya memperbaiki kondisi jalan, pihaknya juga melakukan normalisasi serta revitalisasi sejumlah sungai di lima kecamatan. Kang DS menilai, hal tersebut sangat penting, mengingat masih belum jelasnya kebijakan dari Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS).

“Yang keduanya masalah irigasi, karena belum ada penegasan dan pemeliharaan secara konsisten dari BBWS Citarum. Memang ada sebagian tanggung jawab BBWS yang kita paksakan untuk bisa diperbaiki. Ini menjadi kebutuhan yang sangat penting di lapangan. Kami juga coba melakukan musyawarah dengan para pengusaha sekitar untuk gotong royong menyelesaikan masalah ini,” jelasnya.

Dadang Supriatna 5

Sementara Kepala Dinas PUTR Kabupaten Bandung, Agus Nuria menuturkan, dari 5.900 km infrastruktur jalan di Kabupaten Bandung, yang menjadi kewenangan pemerintah daerah sekitar 1.160 km.

“Kemudian ada juga kewenangan provinsi sekitar 800 km, kewenangan jalan desa 800 km, kemudian juga jalan lingkungan sekitar 3.000 km. Jadi, jalan yang kami kelola hanya jalan kabupaten dengan panjang sekitar 1.160 km,” paparnya.

Agus juga mengakui, keberadaan pandemi Covid-19 sangat berpengaruh terhadap pekerjaan infrastruktur dan tata ruang.

“Saat ini anggaran Dinas PUTR berkurang sampai 12,5 persen. Ada sejumlah kegiatan besar yang harus kami sesuaikan, karena anggarannya sangat terbatas. Kami berharap pandemi ini bisa segera berakhir. Jadi anggaran bisa kembali normal. Sehingga nanti pelayanan infrastruktur terhadap masyarakat juga akan maksimal,” pungkas Agus saat mendamping Bupati Bandung(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES