Peristiwa Daerah Vaksin Covid-19

Ubaya, Polrestabes Surabaya dan Halodoc Adakan Vaksinasiasi Drive Thru

Kamis, 22 Juli 2021 - 19:35 | 52.73k
Pelaksanaan program vaksinasi drive thru di Ubaya, Kamis (22/7/2021). (Foto: dok. Ubaya).
Pelaksanaan program vaksinasi drive thru di Ubaya, Kamis (22/7/2021). (Foto: dok. Ubaya).
FOKUS

Vaksin Covid-19

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Pemerintah telah mencanangkan program percepatan vaksinasi untuk mencapai herd immunity. Dari adanya hal tersebut, Universitas Surabaya (Ubaya), Polrestabes Surabaya dan Halodoc bersinergi menggelar Pos Pelayanan Vaksinasi Covid-19 Drive Thru bagi warga Kota Surabaya berusia 12-17 tahun dan 18 tahun keatas yang dilaksanakan di Lapangan Parkir S1 Ubaya, Kamis (22/7/2021).

Ketua Satgas Cegah Covid-19 Ubaya sekaligus Wakil Rektor III Universitas Surabaya (Ubaya), Christina Avanti mengatakan bahwa layanan vaksinasi kali ini menargetkan warga Kota Surabaya yang berusia 12-17 tahun dan 18 tahun keatas. Bagi mahasiswa dan alumni UBAYA yang berusia 18 tahun ke atas dan memiliki KTP Surabaya juga bisa mendaftarkan diri melalui aplikasi Halodoc.

“Ubaya sebagai sentra Pos Pelayanan Vaksinasi COVID-19 Drive Thru, sangat terbuka akan niat baik berbagai pihak yang ingin bekerja sama untuk mempercepat program vaksinasi ini. Kami dengan senang hati menerima sebagai bentuk tanggung jawab perguruan tinggi pada masyarakat dan membantu pemerintah dalam pencapaian herd immunity,” ucap Christina Avanti.

Chirstina menambahkan sementara untuk mahasiswa Ubaya Non KTP Surabaya masih dalam tahap koordinasi dan menunggu kesediaan produk vaksin. Namun, Christina tetap menghimbau agar mahasiswa dan alumni Non KTP Surabaya turut aktif dalam mencari informasi program vaksinasi dan dipersilakan jika mendapat kesempatan pelayanan vaksinasi yang disediakan ditempat lain.

Vaksinasi di Ubaya itu ditinjau langsung Kapolrestabes Surabaya Kombes Pol Johnny Eddizon Isir  dan  Wakapolrestabes Surabaya, AKBP Hartoyo dan Kapolsek Tenggilis Mejoyo, AKP Riki Donaire.  Wakapolrestabes Surabaya, Hartoyo mengungkapkan kegiatan vaksinasi melalui drive thru ini bertujuan untuk mempermudah warga Kota Surabaya dalam memperoleh vaksin.

vaksinasi-drive-thru-2.jpg

Ia berharap dengan diselenggarakannya gerai-gerai vaksin massal maka seluruh warga Kota Surabaya yang sudah bisa mendatangi gerai vaksinasi tersebut. Hal ini untuk mencapai herd immunity yang ada di Kota Surabaya, sehingga kehidupan atau perekonomian warga juga bisa berangsur membaik menuju normal baru.

“Target di bulan Agustus, itu semuanya minimal dosis pertama mencapai 70 persen untuk herd immunity. Sekarang capaian untuk dosis pertama itu sudah hampir 60 persen karena kita lihat kemarin juga datanya yang khusus KTP Surabaya itu baru 935 ribu orang. Artinya apa, masih banyak yang harus menuju gerai-gerai vaksin yang ada," ungkapnya.

Pos Pelayanan Vaksinasi Covid-19 melalui drive thru ini mampu mengakomodir hingga 1.000 vaksinasi per hari melalui pembukaan empat meja vaksinasi untuk dapat memfasilitasi penerima vaksin dalam jumlah besar tanpa harus mengantre lama. Layanan ini dibuka selama tiga hari yang dimulai hari ini, Kamis (22/7/2021) hingga Sabtu (24/7/2021) dari pukul 09.00 – 15.00 WIB.

Pelayanan vaksinasi didukung dengan tenaga kesehatan dari Dokter sekaligus Dosen Fakultas Kedokteran Ubaya dan Dokter serta Suster dari Ubaya Medical Center (UMC) yang telah memiliki sertifikasi dan pelatihan sebagai vaksinator. Ditambah lagi dengan bantuan mahasiswa-mahasiswa Fakultas Kedokteran Ubaya yang ambil bagian dalam membantu proses screening kesehatan peserta vaksinasi. Seluruh proses hanya membutuhkan waktu kurang lebih 60 menit per orang.

Salah satu orang tua peserta vaksinasi, Anita (40) mengatakan dirinya memang berinisiatif untuk mendaftarkan Sheren (12) anaknya sejak mengetahui himbauan pemerintah jika anak berusia 12 tahun sudah mendapat ijin untuk vaksinasi. Anita mencari informasi terkait program vaksinasi untuk bisa segera divaksin. Menurutnya, program vaksinasi melalui drive thru dinilai lebih aman dan efektif sehingga diharapkan program vaksinasi seperti ini dapat diperpanjang dan semakin banyak.

“Tentunya vaksinasi ini untuk kemanan karena melihat varian virus sekarang menyebar begitu cepat. Jadi pasti sebagai orang tua ada rasa khawatir dan takut dengan kondisi saat ini. Jujur saya lebih suka dengan vaksinasi melalui drive thru karena tidak perlu turun dari kendaraan, tidak perlu bertemu dengan orang-orang lebih banyak dan pastinya lebih aman,” tutup alumnus Fakultas Farmasi Ubaya ini. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES