Peristiwa Daerah

Ojol dari Banser Gratiskan Layanan Antar Kebutuhan Isoman

Kamis, 22 Juli 2021 - 19:00 | 20.17k
Ojol dari Banser Gratiskan Layanan Antar Kebutuhan Isoman
Ubai Banser.

TIMESINDONESIA, PONTIANAK – Ubay (anggota Banser), seorang driver ojek online (ojol) gratiskan biaya antar kebutuhan warga yang tengah menjalani isolasi mandiri (isoman).

Ia sukarela membantu warga yang sedang isoman di Kota Pontianak, Kalimantan Barat.

Pria itu memantapkan dirinya menjadi relawan isoman. Antar jemput kebutuhan warga Pontianak yang sedang menjalani isoman karena terpapar Covid-19, menjadi tugasnya saat ini. Ubay tak pernah meminta bayaran untuk hal ini.

"Selagi sehat dan tak lagi tidur, saya siap melayani," kata Ubay kepada media.

Ubay Banser adalah nama ngetopnya sejak bergabung menjadi pasukan Barisan Ansor Serbaguna Satkorcab Kota Pontianak. Nama lelaki  ini sebenarnya adalah Jubeironi. Tapi sabat-sabatnya panggil Ubai Banser.

"Ketika sudah memantapkan diri menjadi relawan, jangan pernah mengharapkan imbalan. Jalani dan syukuri atas nikmat sehat yang Allah berikan. Itu yang saya terapkan pada diri saya," kata Ubay.

Inilah yang menjadi alasan Ubay tidak mau menerima bayaran setiap isoman yang ditolongnya. Bahkan, ia berani dan mau menalangi dulu keperluan isoman yang dibeli. 

Pemuda yang tinggal di Siantan, Pontianak Utara ini dulunya adalah seorang jurnalis media cetak ternama di Pontianak. Saat peralihan menuju era digital, perusahaan media tempatnya bekerja berangsur tumbang.

Ubay pun pindah haluan membuka usaha warung kopi sambil melayani percetakan kecil-kecilan. Ubay merasa usaha itu belum cukup untuk memenuhi kebutuhan anak dan istri. Akhirnya dia melamar dan diterima menjadi driver ojek online (ojol).

Pandemi ini benar-benar membuat mati usahanya. Jam operasional warung kopinya dibatasi. Resepsi pernikahan dan hajatan lainnya dibatasi, percetakannya pun sepi.

Karena inilah, Ubay jadi lebih fokus di lapangan melayani konsumen ojol. Saat tidak mendapat orderan pelanggan secara online, Ubay melayani pesanan manual dari orang yang menghubungi kontaknya.

"Bismillah, kembali stay di lapangan. Untuk kawan-kawan yang lagi Isoman area Pontianak, bila membutuhkan keperluan obat/makanan, silahkan call/chat ke saya. Siap bantu belikan. WA: 081345728072," begitu postingan Ubay di media sosialnya.

Niat baik Ubay ini karena melihat banyak keluhan pelanggan akan susahnya mendapat driver ojol yang terjebak penyekatan jalan saat pembatasan aktivitas berlevel, sejak minggu kedua Juli ini.

Postingan Ubay disambut warganet. Banyak yang membagikan postingannya. Alhasil, telepon seluler Ubay jarang tak berdering. 

"Awalnya, ada dermawan yang berbagi segelas minuman untuk para tenaga kesehatan di rumah sakit wilayah Pontianak dan Kubu Raya. Dia membaca postingan saya di media sosial tentang layanan membelikan keperluan untuk pasien isoman," cerita Ubay.

Bahkan, kata Ubay, dermawan tersebut meminta jadwal pengantaran minuman selama seminggu ke rumah sakit yang terdata.

Ubay Banser, driver ojol gratiskan layanan antar untuk warga isoman di Pontianak. 
"Mulai Jumat itu, saya sudah mulai mendistribusikan. Per hari ada 40 sampai 50 cup minuman diantar ke rumah sakit terkhusus ruang layanan Covid-19. Si dermawan sudah mengontak salah satu resto. Pas jam antar, saya hanya tinggal menunggu minuman disiapkan," kisahnya.

Banser.jpg

Dalam satu minggu ada 16 rumah sakit dan puskesmas yang menjadi tujuan pengantaran minuman tersebut. Termasuk Upelkes Kalbar di Pontianak Utara yang dijadikan rumah sakit lapangan atau darurat.

"Saya siap menjadi relawan isoman. Yang awalnya kebiasaan bangun jam satu atau dua siang, sekarang alarm agak geser lebih awal. Jam sebelas sudah harus bangun meski jam tujuh pagi baru tidur. Sebab malamnya antisipasi kebutuhan darurat masyarakat yang minta belikan atau antarjemput obat dari apotek ke rumah," kata Ubay.

Ia mengaku senang masih ada dermawan yang mau membantu sesama. Juga bangga kepada tenaga kesehatan yang menjadi garda terdepan penanganan Covid-19.

"Saya hanya mantan pekerja lapangan dan driver ojol, kurang mampu membantu dalam hal materi. Hanya bisa meluangkan waktu kepada yang membutuhkan untuk beli atau antar keperluan," ujarnya.

Menurut Ubay, bila ada sepuluh keburukan, semoga satu kebaikan yang tetap terbaca. Bila tak dapat membantu, kata Ubay, setidaknya diam lebih baik dari pada terus banyak komentar.

"Saya selalu mengajak teman yang sehat bantu yang sakit. Makanya gerakan ini saya buat tagline #SehatBantuSakit dan #SahabatDelivery. Yang membutuhkan, bisa menghubungi," ujar Ubay.

Sejak itulah, Ubay ketiban pesanan manual. Mulai dari minta dibelikan obat, oksigen, makanan dan kebutuhan isoman lainnya. Antar sini dan sini, digarap Ubay.

Manusia ada lelahnya juga. Karena itu, Ubay membuka ruang kepada teman-temannya untuk bergabung menjadi relawan. Ubay membuat grup komunikasi di WhatsApp. Namaya Sahabat Delivery.

"Alhamdulillah, banyak kawan-kawan sesama driver dan Banser yang membantu gerakan ini. Sebelum mereka bergabung, saya bilang ini gerakan sosial, jadi jangan berharap imbalan," kata Ubay.

Kehadiran #SahabatDelivery ini dianggap sangat membantu masyarakat. Kini jangkauan pelayanan Ubay dan kawan-kawan dari ujung Kota Pontianak sampai ke Kabupaten Kubu Raya.

Tak ada prioritas kalangan yang dilayani. Semua yang membutuhkan bantuan penanganan Covid-19 tetap diutamakannya. Termasuk teman-teman jurnalis juga menjadi target yang dibantu Ubay.

"Semua kita bantu. Termasuk teman jurnalis. Bagaimana pun juga, saya pernah menjadi jurnalis. Saya terpanggil untuk membantu jurnalis-jurnalis yang tumbang karena Covid-19," kata Ubay.

Apalagi kata Ubay, ini sudah menjadi kebiasaan. Sebelum pandemi Covid-19 menyerang, dia hampir jarang menolak pesanan untuk pembelian atau pengantaran hal yang berkaitan dengan kesehatan.

"Walau jauh, panas bedengkang, atau hujan berpetir tetap saya layani. Karena dalam situasi urgent, orang pasti panik dan membutuhkan pertolongan. Kebetulan istri lulusan kesehatan, jadi jiwa soal kesehatan saya tumbuh," ujarnya.

Ramses Tobing, seorang jurnalis media cetak di Pontianak merupakan salah satu pelanggan tetap Ubay. Ia menggunakan jasa Ubay secara manual.

"Kita memaklumi, kondisi sekarang banyak yang membutuhkan driver, makanya susah didapat. Bersyukurlah ada sahabat kita Ubay yang siap membantu," ucap Ramses.

Lelaki yang tinggal di Sungai Kakap, Kubu Raya ini juga bagian dari Satgas Covid-19 Jurnalis Pontianak. Selain liputan, dia juga mengurusi keperluan jurnalis-jurnalis yang isoman.

"Kami merasa terbantu, waktu itu jam dua subuh ada teman kita yang butuh oksigen, Ubay hadir membawakan tabung oksigen miliknya," kata Ramses.

Selama masa isoman, para jurnalis disuplai vitamin, madu dan oksigen bagi yang memerlukan. Ubay, kata Ramses, semacam sudah dikontrak. Ia selalu siap mengantar kebutuhan para isoman.

"Herannya, dia (Ubay) tak mau dibayar, padahal kami order, walau secara manual. Terima kasih atas gerakan ini, semoga kita selalu diberi kesehatan. Karena, kita yang sehat berkewajiban membantu yang sakit," ucapnya.

Itulah Ubay Banser, driver ojol yang nyambi jadi relawan isoman. (*)



Publisher : Rizal Dani

EKORAN

TERBARU

  • Check This Fancy Mooncake Hampers of JW Marriot Surabaya
    Check This Fancy Mooncake Hampers of JW Marriot Surabaya
    06/08/2021 - 03:28
  • Komunitas Drone Majalengka Gencar Promosikan Pariwisata dari Udara
    Komunitas Drone Majalengka Gencar Promosikan Pariwisata dari Udara
    06/08/2021 - 01:13
  • Brian Ferreira Resmi Pamit, Pelatih Persela Ungkap Dampaknya Bagi Tim
    Brian Ferreira Resmi Pamit, Pelatih Persela Ungkap Dampaknya Bagi Tim
    05/08/2021 - 23:39
  • Pekan Depan, Nakes di Kota Batu Terima Vaksin Dosis Ketiga
    Pekan Depan, Nakes di Kota Batu Terima Vaksin Dosis Ketiga
    05/08/2021 - 23:30
  • Hujan Deras di Pangandaran Sebabkan TPT Ambrol
    Hujan Deras di Pangandaran Sebabkan TPT Ambrol
    05/08/2021 - 23:22

TIMES TV

Rektor UIN Maliki: Genjot Kualitas SDM menuju Smart Islamic University

Rektor UIN Maliki: Genjot Kualitas SDM menuju Smart Islamic University

01/04/2021 - 15:58

Rektor UNU: Merdeka Belajar di Tengah Pandemi

Rektor UNU: Merdeka Belajar di Tengah Pandemi
Tangis Haru Warnai Penganugerahan Doktor Kehormatan Doni Monardo

Tangis Haru Warnai Penganugerahan Doktor Kehormatan Doni Monardo
Peresmian SPAM Umbulan di Kabupaten Pasuruan

Peresmian SPAM Umbulan di Kabupaten Pasuruan
The Voice of Peace Official Video by Maria Stefanie

The Voice of Peace Official Video by Maria Stefanie

iGuides

  • De Potrek Bromo, Cafe Viral Terekomendasi 5 Star iGuides
    19/07/2020 - 16:35
  • Hadir Bernuansa Modern, Bendega Restaurant Bali Terekomendasi 5 Star iGuides
    Hadir Bernuansa Modern, Bendega Restaurant Bali Terekomendasi 5 Star iGuides
    12/10/2019 - 11:05
  • Ambience Unik, The Junction House Seminyak Terekomendasi 5 Star dari iGuides
    Ambience Unik, The Junction House Seminyak Terekomendasi 5 Star dari iGuides
    02/09/2019 - 18:24
  • Pelayanan Prima Platinum Adisucipto Hotel & Conference, iGuides Berikan Recommended 5 Star
    Pelayanan Prima Platinum Adisucipto Hotel & Conference, iGuides Berikan Recommended 5 Star
    26/07/2019 - 20:00
  • Hotel Savana Malang Got Five Stars from iGuides
    Hotel Savana Malang Got Five Stars from iGuides
    25/05/2019 - 23:20

KOPI TIMES

  • Medali Olimpiade dan Nasionalisme kita di Ruang Virtual
    Medali Olimpiade dan Nasionalisme kita di Ruang Virtual
    05/08/2021 - 16:16
  • Resistensi Media Mainstream dalam Semarak Media Sosial
    Resistensi Media Mainstream dalam Semarak Media Sosial
    05/08/2021 - 15:33
  • Educational Data Mining dan Evaluasi Kinerja Institusi Pendidikan
    Educational Data Mining dan Evaluasi Kinerja Institusi Pendidikan
    05/08/2021 - 14:24
  • Peran Pendidikan Agama Islam dalam Menyempurnakan Akhlak
    Peran Pendidikan Agama Islam dalam Menyempurnakan Akhlak
    05/08/2021 - 13:14
  • Pandemi, Isu Korupsi dan Aktivisme Digital
    Pandemi, Isu Korupsi dan Aktivisme Digital
    05/08/2021 - 12:31
  • Akses Hiburan: TV Digital vs TV Berlangganan?
    Akses Hiburan: TV Digital vs TV Berlangganan?
    05/08/2021 - 11:37
  • Pembentukan Karakter Melalui Pendidikan Islam
    Pembentukan Karakter Melalui Pendidikan Islam
    05/08/2021 - 11:08
  • Menyalakan Literasi Kala BDR
    Menyalakan Literasi Kala BDR
    05/08/2021 - 10:40

KULINER

  • 5 Makanan Berikut Kenyataannya tak Sesehat Iklannya
    5 Makanan Berikut Kenyataannya tak Sesehat Iklannya
    04/08/2021 - 04:30
  • Bolu Kijing Bang Opan Padaherang Bikin Susi Pudjiastuti Ketagihan
    Bolu Kijing Bang Opan Padaherang Bikin Susi Pudjiastuti Ketagihan
    03/08/2021 - 13:33
  • Baru Tahu, Ternyata Makanan Ini Bisa Bantu Redakan Gejala Anemia
    Baru Tahu, Ternyata Makanan Ini Bisa Bantu Redakan Gejala Anemia
    01/08/2021 - 13:26
  • Bumbu Wijen Tabur Saus Pedas Ayam Jeletot Bikin Mata Melotot
    Bumbu Wijen Tabur Saus Pedas Ayam Jeletot Bikin Mata Melotot
    01/08/2021 - 01:34
  • Hotel di Gresik Sajikan Kudapan Peningkat Imun, Sup Daun Kelor
    Hotel di Gresik Sajikan Kudapan Peningkat Imun, Sup Daun Kelor
    31/07/2021 - 00:22