Peristiwa Daerah

Bentuk Relawan, Desa di Gresik Sediakan Oksigen untuk Pasien Isoman

Kamis, 22 Juli 2021 - 17:37 | 24.01k
Kades Gredek Kecamatan Duduksampeyan Muhammad Bahrul Ghofar saat memantau ketersediaan oksigen di posko (Foto: Akmal/TIMES Indonesia).
Kades Gredek Kecamatan Duduksampeyan Muhammad Bahrul Ghofar saat memantau ketersediaan oksigen di posko (Foto: Akmal/TIMES Indonesia).

TIMESINDONESIA, GRESIK – Bentuk gotong-royong menangani pandemi terlihat di Desa Gredek Kecamatan Duduksampeyan Kabupaten Gresik. Di desa tersebut, ada tim relawan khusus yang bertugas memantau pasien isoman. Tim itu bahkan menyediakan tabung oksigen.

Kepala Desa Gredek, Muhammad Bahrul Ghofar mengatakan ada belasan warganya yang melaksanakan isolasi mandiri di rumah. Kondisi warga terus dipantau melalui WA maupun telepon. 

"Di desa kami ada tim satgas dan relawan pemakaman. Satgas tiap pagi mengontrol warga isoman via WA atau telepon menanyakan kondisi dan perkembangan kesehatan," katanya, Kamis (22/7/2021).

Tak hanya memantau, satgas desa kata Ghofar juga bertugas untuk membantu asupan makanan dan ketersediaan vitamin bagi pasien isoman. 

Selain itu, dia berkata pihak desa juga menyediakan tabung oksigen lengkap. Fasilitas ini bisa dipakai warga secara gratis. Tim juga dibekali Oximeter, alat untuk memgukur kadar oksigen dalam tubuh seseorang 

"Jangan sampai pasien isoman di rumah tak tertangani. Ini salah satu upaya kami dalam menangani pandemi ini. Tentu tetap berkoordinasi dengan pemerintah kabupaten," tambahnya.

Tak hanya bertugas memantau isoman, pihak desa juga menggandeng pemuda untuk ikut serta menjadi relawan pemakaman pasien Covid. Sebelumnya, relawan tersebut dibekali pemahaman khusus.

"Pemulasaraan ada laki-laki dan perempuan yang sudah dibekali Pak Mudin yang sudah dilatih pemulasaraan warga meninggal gejala maupun positif covid," terang Kades Gredek Kabupaten Gresik yang telah membentuk relawan untuk memantau pasien isoman, termasuk menyediakan oksigen. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES